10 Tempat Wisata di Kampar, Mulai Dari Destinasi Air Terjun Hingga Objek Wisata Bernuansa Sejarah

RiauOnline.id, Wisata Riau -- Kabupaten Kampar merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Provinsi Riau. Tempat Wisata di Kampar cukup beragam, mulai dari objek wisata alam hingga wisata dengan nuansa sejarah dan religi.

...Namun,

Sebelum kita mengupas tentang tempat wisata yang ada di Kabupaten Kampar, sebaiknya kamu mengenal daerah ini dulu. Maka saya akan sedikit menjelaskan tentang gambaran umum dari Kabupaten Kampar ini.

Informasi Umum Tentang Kabupaten Kampar


Kabupaten Kampar adalah salah atu dari beberapa kabupaten yang ada di Provinsi Riau. Daerah yang di kenal dengan sebutan Bumi Sarimadu juga di kenal sebagai daerah dengan tingkat fanatik terhadap agama tinggi. Jadi, wajar jika Kabupaten Kampar juga di gelari sebagai Serambi Mekkahnya Riau.

...Eith, jangan salah persepsi ya!

Maksudnya, tingkat ketaatan terhadap agama yang di yakini nya.

Darah ini memiliki luas 10.928,20 km² atau 12,26% dari luas Provinsi Riau dan berpenduduk ±688.204 jiwa (berdasarkan sensus 2010). Jika di lihat secara geografis, Kabupaten Kampar ini terletak antara 1°00’40” Lintang Utara sampai 0°27’00” Lintang Selatan dan 100°28’30” – 101°14’30” Bujur Timur.

Jadi kalau melihat daerahnya bagian timur itu berbatasan dengan Kota Pekanbaru, Kabupaten Siak dan Kabupaten Pelalawan, pada bagian barat Kabupaten Lima Puluh Kota (Provinsi Sumatra Barat), pada bagian selatan Kabupaten Kuantan Singingi dan bagian utara Kabupaten Rokan Hulu.

...Oh ya, kamu pernah dengan 'Ombak Bono' kan?

Nah, lokasi ombak bono ini merupakan muara dari sungai Kampar. Jadi, perkotaan Kampar itu dibelah oleh keberadaan Sungai kampar itu sendiri dengan panjang sekitar ± 413,5 km. Sebagaian dari sungai ini masih di fungsikan sebagai sarana transportasi, sumber air bersih dan budidaya ikan serta sebagai sumber energi listrik (PLTA Koto Panjang).

So, lets talk about tourism place!

Selain terkenal dengan keberadaan Candi Muara Takus, ternyata Kampar masih memiliki banyak sekali tempat wisata yang sangat populer. Tempat-tempat ini selalu ramai kunjungan pada musim liburan atau akhir pekan. Bahkan, pada hari-hari biasa juga terkadang ramai.

...Kondisi alam Kampar memang bagus guys!

Misalnya pada destinasi air terjun, danau, perbukitan hingga kawasan hutan yang sangat lebat sekali. So, kita akan review tempat-tempat ini satu persatu. Sekalian bisa jadi referensi kalian yang ngin berlibur atau travelling ke Kabupaten Kampar ini.

1. Wahana Wisata Air: Air Terjun Batang Kapas Kabupaten Kampar


tempat wisata di kampar
Air Terjun Batang Kapas Kampar | Photo Credit @Disbudparkampar

Lokasi Wisata


Tak terlalu sudah untuk mencari lokasi dari Air Terjun Batang Kapas ini.

Kamu cukup datang ke di Desa Lubuk Bigau, Kenegerian Pangkalan Kapas Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Nah, sesampainnya kamu di tempat itu nanti bisa langsung bertanya kepada warga setempat.

...Atau,

Kamu bisa meminta bantuan warga setempat untuk memandu perjalanan kamu menuju Ari Terjun Batang Kapas ini.

Atau sebelumnya kamu bisa membaca informasi lengkap dalam artikel: Air Terjun Batang Kapas 

...So, simple!

Rute dan Peta Menuju Tempat Wisata


Nah, lokasi Air terjun sudah saya sebutkan di atas!

Selanjutnya, jika kamu belum tau rute menuju Air terjun Batang Kapas atau Desa Lubuk Binggau ini mungkin kamu bisa mengikuti beberapa petunjuk dibawah ini. At least, kamu sampai di Desa nya dulu.

Begini, saya anggap perjalanan kamu di mulai dari Kota Pekanbaru (karena di sini tempat transit pesawat udara). Dari Pekanbaru kamu akan menuju Desa Lipat Kain. Jarak dari Pekanbaru menuju Lipat Kain sekitar 71 kilometer. Biasanya memakan waktu tempuh sekitar 2 jam.

..Dari Desa Lipat Kain ini kamu melanjutkan perjalanan lagi menuju Desa Lubuk Binggau. Namun, dalam perjalanan ini kamu akan melewati beberapa desa sebelum sampai ke Desa Lubuk Binggau ini. Misalnya, Desa Sontul, Tanjung Karang, Deras Tajak, dan Desa Batu Sasak hingga akhirnya sampai ke desa tujuan kamu.

Tibalah pada pertualangan sesungguhnya,

Dari Desa Lubuk Binggau ini kamu akan melanjutkn perjalanan menuju lokasi ari terjun, untuk lebih ekstrem kamu dapat melakukan perjalanan menuju ke lokasi dengan berjalan kaki. Mungkin agak sedikit melelahkan, kira-kira memakan waktu kurang lebih 3 jam.

...Lumayan kan!

Tapi sebenarnya, perjalanan kamu dari Desa Lipat Kain menuju Lubuk Binggau sudah sangat menguji andrenalin kamu. Karena kondisi jalannya agak sedikit terjal, dulu belum beraspal. Nggak tau up date informasi terbaru rute menuju ke sana, apakah suah bagus atau belum?

Dan akan di perparah lagi jika kondisi cuaca yang tidak mendukung.

So, keep safety first!

Kondisi Air Terjun Batang Kapas


Jika sebelumnya saya mengungkapkan bagaimana situasi dan kondisi jalan menuju lokasi. Namun kali ini saya ingin sedikit berbagi tentang Indahnya Air Terjun Batang Kapas ini.

...Guys!

Setiap lelah perjalanan kamu menuju ke tempat ini akan terbayarkan. Keindahan tempat ini sangat spektakuler. Jalan yang tadinya terjal akan berubah menjadi sebuah pemandangan yang indah dan setiap detik mata memandang akan selalu dimanjakan dengan pemandangan hijau pepohonan dan rindahnya hutan belantara yang ada di sekitar lokasi Air Terjun Batang Kapas ini.

Oh ya, air nya jernih banget lho!

...But, be carefully,

Karena kondisi bebatuan yang ada di sana terkadang agak sedikit licin. Jangan sampai terjatuh ya! Ntar malah tak bisa menikmati indahnya tempat ini.

Gimana mau menikmati kalau kaki kamu kesakitan!

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 150 meter, sedangkan di bawah terdapat kolam yang bisa kamu pakai untuk mandi dan bercengkerama dengan jernihnya air.

...namun,

Jika kamu tak hobi bermain air, maka kamu dapat memanfaatkan waktu untuk mengabadikan moment-moment saat berada di lokasi ini. Jarang-jarang lho kamu kesini! So, jangan lupa bawa kamera yang bagus, biar pas shoot photo hasilnya juga maksimal.


2. Wahana Wisata Air: Tempat Wisata Air Terjun Alahan


Tempat Wisata di Kampar
Air Terjun Alahan Kampar | Photo Credit @klikriau

Lokasi Wisata


Selain Air Terjun Batang Kapas tadi, ada juga air terjun lainnya di Kampar. Air Terjun Alahan, lokasi air terjun yang satu ini terletak di Hulu Sungai Kampar. Tepatnya berada di Kecamatan Kecamatan XIII Koto Kampar, Provinsi Riau.

Nah, Jika lokasi ini adalah hulu dari muara yang sering terjadi 'Ombak Bono' di Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan.

Kondisi Air Terjun Alahan


Air Terjun Air Terjun Alahan ini memiliki keunikan tersendiri, keindahan dan pesona nya selalu memikat hati setiap pengunjung yang datang ke tempat ini. Kondisi udara yang selalu segar dan bersih membuat setiap pengunjung selalu merasa nyaman selama berada di tempat ini.

...Beberapa kali,

Sering saya melihat wisatawan mancanegara  yang datang dan menjelajahi lokasi Air Terjun Alahan ini, mereka bilang 'its nice place!'

Memang posisinya nggak terlalu tinggi, hanya 15 meter. Namun tempat ini sangat keren dan eksotis. Flora dan Fauna yang tumbuh di sekeliling tempat wisata ini membuat pemandangan semakin indah. Suara kicauan burung berpadu dengan suara hening alam serta gemuruh suara air yang berjatuhan.

...Sunguh indah sekali!

Eksotisme Air Terjun Alahan benar-benar mampu memukau para wisatawan yang datang. Keragaman hayati yang ada di lokasi air terjun membuat mata wisatawan semakin berbinar.

Air Terjun Alahan yang berada di hulu Sungai Kampar wajib dikunjungi, selain airnya yang segar air terjun ini bisa di panjat dengan bantuan tali.

Tetapi ketika airnya tidak terlalu deras, dan kamu bisa mencobanya. Lokasi tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Kecamatan XIII Koto Kampar.

3. Wahana Wisata Alam: Camping di Bumi Perkemahan Desa Gema


Tempat Wisata di Kampar
Camping di Desa Gema Kampar | Photo Credit @kelanariau

Untuk destinasi yang satu ini khusus untuk kamu yang hobi dengan suasana camping. Berlokasi di Desa Gema, desa ini merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, provinsi Riau.

...Lokasi perkemahan,

Jadi, tempat ini memang sering digunakan oleh beberapa pengunjung untuk berkemah. Lokasinya sangat cocok untuk itu, jauh dari kota dan suasananya masih sepi banget.

Dengan kondisi geografis yang didominasi oleh sungai, tanah yang berkrikil, tanah rerumputan, semak, pepohonan, hutan, bukit dan keadaan suhu yang relatif dingin. Inilah yang menjadi hal utama mengap desa Gema ini menjadi kawasan yang cocok untuk perkemahan.

Di awal masuk aja, kamu langsung berhadapan dengan kondisi perbukitan yang indah serta aliran air sungan yang menawan. Suasana perkemahan di tempat ini pasti akan lebih mengesankan.

Nah, Kalau waktu itu kamu harus membayar uang masuk sebesar Rp. 10.000 perorang nya. Namun saya tidak tahu informasi terakhir, apakah ada kenaikan tarif atau masih tetap dengan tarif yang sama. Silahkan cari informasinya.

...Tapi, jika pun naik pasti masih dalam batas yang terjangkau banget!

4. Destinasi Wisata Air: Air Terjun Batu Dinding


Tempat Wisata di Kampar
Air Terjun Batu Dinding Kampar | Photo Credit @KacamataGober

Lokasi Wisata Air Terjun Batu Dinding


Provinsi Riau memang agak sedikit unik, beberapa daerahnya merupakan dataran dan sebagiannya lagi merupakan daerah perbukitan atau dataran tinggi.

Salah satunya lokasi air terjung Batu Dinding ini. Berlokasi di kawasan Hutan Larangan Adat Kenegerian Tanjung Belit yang terhampar di area seluas 300 hektar.

Lokasi tepatnya di Desa Tanjung Belit Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau.

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Batu Dinding


Walaupun memiliki medan tempur yang agak susah untuk di akses, Wisata Air Terjun Batu Dinding ini tetap ramai di kunjungi. Keindahannya menjadi daya tarik tersendiri bagi para traveller untuk ikut menikmati posena indahnya.

Menjadi destinasi unggulan, pemerintah daerah mulai mengenakan tarif masuk ke kawasan Wisata Air Terjun Batu Dinding. Untuk sementara ini, tarif yang di kenakan cukup murah dan terjangkau Rp. 5.000 per orang.

Jika musim liburan biasanya kawasan ini di penuhi oleh pengunjung yang datang ingin menikmati keindahan Wisata Air Terjun Batu Dinding ini. Mereka segaja datang jauh-jauh hanya untuk mencoba menelusuri keindahan Wisata Air Terjun Batu Dinding.

...Pedahal medannya sulit lho!

Peta dan Rute Menuju Air Terjun Batu Dinding


Secara administrasi kawasan ini masih masuk dalam Kabupaten Kampar. Nah, jika kamu memulai perjalanan ini dari pekanbaru maka akan memakan jarak tempuh sekitar 72 kilometer, dengan durasi tempuh sekitar 3 jam.

...Asyik lho!

Sedari perjalanan kamu sudah disuguhi oleh pemandangan yang sangat indah sekali. Kamu akan melihat indahnya bentangan alam serta perbukitan yang hijau, area persawahan masyarakat setempat serta aliran sungai Subayang yang lebarnya sekitar 25 meter.

Rute pertama yang kalian lakukan adalah menuju Desa Lipat Kain dan dari Desa Lipat Kain ini kamu akan melanjutkan perjalanan menuju Desa Gema.

Nah, jarak dari Desa Lipat Kain ke Desa Gema ini sekitar 27 kilometer. Setelah sampai ke Desa Gema maka kamu akan meanjutkan lagi perjalanan menuju Desa Tanjung Belit dengan jarak ssekitar 5 kilometer.

Pada rute selanjutnya menuju ke lokasi,

Kamu punya dua pilihan, Jika kamu ingin berjalan kaki maka kamu bisa menitip kederaan kamu di rumah-rumah warga deengan ongkos parkir sekitar Rp. 3.000 hingga Rp. 5.000 sedangkan untuk mobil dikenakan sebesar Rp. 10.000.

...Lebih safety kan?

Namun, jika kamu memilih untuk melintasi sungai maka kamu akan diharuskan menyewa perahu masyarakat sekitar, dengan tarif sekitar Rp. 10.000 hingga Rp. 15.000 perorangnya.

Ayo, mau pilih yang mana?

5. Destinasi Wisata Air: Air Terjun Panisan


Tempat Wisata di Kampar
Air Terjun Panisan Kampar | Photo Credit @Mbulusuk

...Ternyata tak hanya  candi muara takus lho!

Memang yang paling terkenal itu Candi Muara Takus, karena nama ini hampir seluruh Indonesia mengenalnya karena di dalam buku pelajaran sejarah ada di sebutkan Candi Muara Takus. Jadi promosi nya secara gratsi di dalam buku teks siswa di sekolah.

Jadi wajar jika wisata candi ini  menjadi sangat terkenal.

Selain itu, masih ada destinasi air terjun yang tak kalah fenomenalnya. Air Terjun ini dikenal dengan nama Air Terjun Panisan, sebuah destinasi wisata yang berlokasi di Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu.

Belakangan ini Air Terjun Panisan makin populer di kalangan masyarakat Kampar dan sekitarnya, mereka mulai beramai-ramai mengunjungi tempat ini.

...Memang lokasinya keren cuy!

Dari Desa Tanjung ini kamu masih harus berjalan kaki menuju lokasi Air Terjun Panisan, lumayan lah! Kamu haru berjalan kaki sekitar satu jam dari desa terdekat tadi. Selama perjalanan kamu nggak perlu khawatir karena kamu akan di temani oleh pemandangan alam yang sangat indah. So, nikmati setiap detik perjalanan kamu.

Kondisi air di wisata Air Terjun Panisan sangat sejuk lho kawan! Sebenarnya kamu bisa naik sepeda motor dari desa ke lokasi, hanya saja kondisi jalanan yang tidak memungkinkan sehingga kamu lebih safety jika berjalan kaki.

Capek...??

Iya, pasti!

Tapi semua akan terbayarkan setelah kamu sampai di lokasi Air Terjun Panisan ini, jamin dech!

6. Destinasi WisataAir: Air Terjun Sungai Osang


Tempat Wisata di Kampar
Air Terjun Sungai Osang | Photo Credit @hondabikerspekanbaru

Destinasi wisata selanjutnya di Kabupaten Kampar adalah Air Terjun Sungai Osang,

Lokasi ini juga tak kalah indahnya, hanya saja warna airnya terkadang tak jernih. Entah disebabkan apa? Menurut informasi ada jika keruh itu karena aktifitas warga di hutan yang ada di sungai yang mengalirkan airnya ke Air Terjun Sungai Osang ini.

Namun, kawasan ini tetap indah kok!

Jika kamu ingin datang mengunjungi lokasi ini maka kamu akan menempuh jalur dari Pekanbaru Menuju Simpang Rantau dan kemudian mengarah ke Simpang Candi Muara Takus. Kamu akan melanjutkan lagi perjalanan menuju Desa Koto.

Perjalanan dari Simpang Candi Muara Takus ke Desa Koto ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Awal perjalalan kamu akan mengakses jalan yang bagus, jadi tak terlalu melelahkan badan kamu. Namun kondisi berbeda setelah kamu tiba melanjutkan perjalan menuju lokasi. But, everything gonna be ok! nggak ada masalah!

Jaraknya nggak jauh, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menitan saja.


7. Objek Wisata Alam: Bukit Naang Kampar


Tempat Wisata di Kampar
Bukit Naang Kampar | Photo Credit @lancangkuning

...Destinasi selanjutnya ada Bukit Naang Kampar.

Berlokasi di Kelurahan Pasir Sialang, kini Bukit Naang menjadi destinasi wisata kampar paling populer.

Tempatnya keren lho!

Saat ini, Bukit Naang Kampar sudah di siapkan berbagai wahana yang bisa membuat liburan kamu menjadi semakin mengesankan.

Kamu bisa menikmati asyiknya bermain air di water boom, uji andrenaline dengan mencoba bermain flying fox, ada jembatan gantung serta berbagai wahana lainnya.

Selain itu, tempat wisata ini juga tidak bikin kantong kamu bocor lho!

Untuk tarif masuk, kamu hanya di kenakan Rp. 10.000 untuk orang dewasa dan Rp. 5.000 untuk anak-anak. Sedangkan di parkiran kamu juga di kenakan tarif sebesar Rp. 2.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil. Kalau datang rombongan menggunakan Bus, maka tarif parkir untuk Bus Rp. 15.000.

Terjangkau banget kan?

Untuk informasi lengkap tentang tempat wisata kampar yang satu ini maka kamu bisa baca review nya di: Menjelajahi Pesona Bukit Naang dan Naang Treetop Adventure Park Bangkinang 


8. Objek Wisata Sejarah: Cagar Budaya Candi Muara Takus di Kampar


Tempat Wisata di Kampar
Candi Muara Takus Kampar | Provinsi Riau

Informasi Umum Candi Muara Takus Kampar

Satu situs sejarah yang paling di kenal di Sumatera adalah Candi Muara Takus yang terletak di Provinsi Riau. Hal ini ikut menjadi bukti sejarah bahwa keyakinan Budha pernah berkembang di Sumatera, karena memang candi Muara Takus ini bersifat Buddhis.

Setelah di teliti lebih jauh lagi,

Ternyata keberadaan Candi Muara Takus ini berbeda dengan Candi yang ada di Pulau Jawa dari segi bahan dasar materialnya.

Jadi, pada candi muara takus dibuat dengan batu pasir, batu sungai dab datu bata. Sedangkan candi yang ada di Pulau jawa terbuat dari bantu andesit yang berasal dari pegunungan.

Menurut informasi dari beberapa sumber terpercaya,

Kalau tanah liat itu berasal dari sebuah desa bernama Desa Pongkai, yang berlokasi di sebelah hilir Candi Muara Takus. Berjarak sekitar 6 kilometer.

Kajian berlanjut terhadap nama Desa Pongkai, besar kemungkinan nama ini berasal dari Bahasa Tionghoa. Jika di artikan 'Pong' berarti lubang dan 'Kai' berarti tanah, yang berarti 'Lubang tanah'.

Selain itu, ada juga yang merujuk kepada Bahasa Siam dengan mengambil sebuah kemiripan 'Pongkai' dengan 'Pangkali' yang berarti sungai dan memang keberadaan situs candi ini di kawasan tepian sungai.

Untuk lebih detail mengenai candi ini kamu bisa membaca artikel: Situs Candi Muara Takus Kampar

Sedangkan keberadaan candi ini di perkirakan pada aband ke 7 hingga aband ke 11, kala itu merupakan masa kejayaan Kerajaan Sriwijaya Palembang.

Di kawasan ini kamu akan melihat ada banya pengunjung yang datang untuk melihat langsung kondisi candi ini. Mereka sengaja datang dari jauh hanya sekedar melihat dan mengabadikan moment di kawasan ini.

Oh ya,

Lokasi ini berada di Desa Muara Takus, Kecamatan XII Koto Kampar, Desa Muara Takus cukup mudah untuk mendatanginya.

9. Menjelajah Danau Bokuok dan Tradisi Mauwoo di Desa Aur Sakti, Kampar


Festival Mauwoo di Sungai Bokuok Kampar | Photo Credit via @infopublik

Destinasi wisata dengan nuansa pemandangan yang indah lainnya di Kabupaten Kampar adalah Danau Bokuok di Desa Aur Sakti. Kawasan yang satu ini juga menjadi salah satu destinasi favorite di kalangan masyarakat Kampar dan sekitarnya.

...Kawasan ini sangat indah!

Tak salah jika ada banyak pengunjung yang ingin menikmati indahnya Danau Bakuok ini. Dengan pesona yang luar biasa, menjadikan Danau ini sebagai salah satu wisata andalan yang ada di Kabupaten Kampar.

Ada sebuah tradisi yang terkenal di kawasan ini menjelang tibanya bula ramadhan dan perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI, yaitu tradisi menangkap ikan.

Jadi,

Kamu hanya boleh menangkap ikan di danau ini pada acara tradisi ini saja atau tradisi yang sering mereka sebut Mauwoo. Selain itu, kamu tidak di perbolehkan menangkap ikan di Danau Bokuok ini.

Kawasan ini dilindungi oleh hukum adat. Hukum adat setempat tidak memperbolahkan setiap orang untuk menangkap ikan di Danau Bokuok ini secara sembarangan.

Mereka hanya di perbolehkan untuk menikmati pemandangan yang ada di sekitar Danau Bokuok tersebut.

...So, ingat ya! Ini dah menjadi aturan adat setempat.

Jangan di langar ya guys!


10. Menjelajahi Danau PLTA Koto Panjang, Kabupaten Kampar


Tempat Wisata di Kampar
Danau PLTA Koto Panjang Kampar | Photo Credit @liputan6

Memang,

Provinsi Riau bukanlah menjadi destinasi wisata paling populer di tanah Air ini. Namun, keberadaan beberapa lokasi pariwisata tak bisa di pandang sebelah mata akan keindahannya. Salah satunya adalah Danau PLTA Koto Panjang yang berlokasi Kabupaten Kampar ini.

...Kawasan ini sangat menarik lho!

Sejarahnya,

Kawasan ini merupakan sebuah pembangunan kerjasama antara Indonesia dan Jepang sekitar tahun 1993. Dalam sejarah catatan pembangunannya, ada sekitar 9 desa yang di tenggelamkan dan warga dari desa tersebut di relokasi ke tempat lain.

...Kalau dulunya, mau ke Sumatera Barat itu melalui kawasan ini lho!

Nah, selain bisa menikmati pemandangan alam yang indah, para wisatawan juga bisa menajajal flying fox yang ada di perbukitan.

Tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Kecamatan XIII Koto Kampar, dan di Desa Tanjung Alai.

0 Response to "10 Tempat Wisata di Kampar, Mulai Dari Destinasi Air Terjun Hingga Objek Wisata Bernuansa Sejarah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel