Paling Populer! Ini 15 Tempat Wisata di Dumai yang Wajib Kamu Kunjungi: Nyaman, Aman dan Mempesona Banget!

RiauOnline.id | Wisata Riau -- Selain Kota Pekanbaru, Kota Dumai juga merupakan salah satu Kota Madya yang ada di Provinsi Riau. Selain dikenal sebagai kota industri Dumai juga memiliki tempat-tempat menarik untuk di kunjungi. Ada banyak tempat wisata di Dumai yang bisa kamu jelajahi saat berada di daerah ini.

Sedangkan untuk referensi tempat wisata di Riau lainnya kamu bisa baca artikel 30 Tempat wisata Epic di Riau

...Baiklah

Sebelumnya, saya akan menjelaskan dulu sekilas tentang Kota Dumai ini.

Jika kamu selama ini hanya mengenal Kota Pekanbaru, maka perlu kamu ketahui bahwa di Provinsi Riau juga terdapat satu Kota Madya lainnya yaitu Kota Madya Dumai atau Kota Dumai. Kawasan ini berjarak sekitar 88 km dari Kota Pekanbaru.

Dalam perjalanan menjadi Kota Dumai,

Sebelumnya, Kota Dumai merupakan bagian dari Kabupaten Bengkalis yang kemudian di mekarkan menjadi Kota Madya pada 20 April 1999, dengan UU No. 16 tahun 1999 tanggal 20 April 1999.

Namun, sebelum mencapai titik pemekaran ini, ternyata Kota Dumai pernah menjadi kota administratif (kotif) di dalam Kabupaten Bengkalis.

Selanjutnya, pada masa awal pembentukan Kota Madya ini, Kota Dumai hanya terdiri atas 3 kecamatan, 13 kelurahan dan 9 desa dengan jumlah penduduk hanya 15.699 jiwa dengan tingkat kepadatan 83,85 jiwa/km2.

Dengan kondisi daerah dengan ketinggian 3 meter di atas muka laut dan memiliki iklim tropis dengan curah hujan antara 100-300 cm dan suhu udara 24-30 °C dengan kondisi tanah rawa bergambut.

Meskipun dengan kondisi mayoritas berupa tanah rawa yang bergambut dengan kedalaman antara 0 - 0,5 m, dengan struktur tanah podsolik merah kuning dari batuan endapan, alluvial dan tanah organosol dan gley humus dalam bentuk rawa-rawa atau tanah basah. Kawasan Dumai ternyata juga menyimpan pesona wisata yang tak kalah dari tempat lainnya.

Dengan memiliki 15 sungai yang berada di wilayah dumai menjadikan Kota Dumai memiliki potensi wisata yang tak bisa di pandang sebelah mata, hal tersebut di tambah dengan geliat pemerintah setempat yang sedang menggalakkan kawasan pariwisata mereka.

...Nah,

Kali ini, saya akan mengupas 15 tempat wisata di Dumai yang layak untuk kamu kunjungi. Berikut ini ulasan dan gambar tempat wisata di Dumai:

1. Objek Ekowisata Bandar Bakau Dumai 


Tempat Wisata di Dumai
Objek Wisata Bandar Bakau Dumai | Photo Credit Via @IDNtimes


...Memanfaatkan Mangrove menjadi tempat wisata?

Hutan mangrove aatau bakau memang di kenal menawan ketika berubah wujud menjadi destinasi wisata, hampir semua orang selalu mengagumi keberadaan hutan mangrove yang beralih fungsi menjadi destinasi atau objek wisata.

Salah satunya yang ada di Kota Dumai ini,

Berlokasi di Dumai Selatan, lokasi wisata hutan mangrove ini bernama Objek Ekowisata Bandar Bakau.

Tempat ini menjadi salah satu tempat paling favorite bagi masyarakat Kota Dumai. Dengan panorama yang menawan dan sangat spektakuler, kawasan Objek Ekowisata Bandar Bakau selalu ramai pengunjung yang sekedar ingin menikmati indahnya kawasan mangrove.

...Eksotis banget lho!

Ketika kamu mulai masuk kawasan ini maka kamu akan merasakan sensasi yang sangat luar biasa dari Objek Ekowisata Bandar Bakau ini.

Selain itu,

Kamu juga bisa berkeliling hutan bakau ini dengan menggunakan perahu yang telah disediakan pengelola kawasan wisata ini.

...Kamu bisa mancing juga lho!

Oh ya, kamu juga bisa menyaksikan keberadaan Macan Dahan di kawasan ini.

2. Objek Wisata Danau Bunga Tujuh Dumai 


Wisata Danau Bunga Tujuh Dumai
Destinasi Wisata Danau Bunga Tujuh Dumai | Photo Credit Via @menyapariau

...Nah,

Selain kawasan Objek Ekowisata Bandar Bakau, juga ada destinasi wisata dumai yang lainnya. Salah satunya adalah Objek Wisata Danau Bunga Tujuh.

Objek wisata Dumai yang satu ini juga memiliki keindahan yang tak kalah dengan kawasan lainnya. Destinasi ini juga selalu ramai akan pengunjung. Mereka selalu ingin menikmati keindahan yang dimiliki Objek Wisata Danau Bunga Tujuh ini.

...Nggak jauh kok dari Kota Dumai!

Jadi, jarak antara Objek Wisata Danau Bunga Tujuh dan Perkotaan Dumai hanya berkisar 8 kilometer. Kamu bisa menggunakan transportasi pribadi kamu untuk menuju kawasan wisata yang satu ini.

Oh ya,

Di kawasan ini juga tersedia beberapa fasilitas pendukung yang bisa kamu gunakan sambil menikmati indahnya pemandangan sekitar.

Misalnya,

Ketika kamu ingin bermain air, maka kamu bisa menggunakan kereta air atau perahu untuk berkeliling di tengah danau.

...Asyik banget kan!

Selain itu,

Kamu juga bisa menikmati berbagai kuliner yang tersedia di area Objek Wisata Danau Bunga Tujuh. Yang menjadi lebih unik, cafe yang tersedia berupak cafe apung di atas danau.

Nah, kamu bisa bersantai di cafe apung ini lho guys!


3. Destinasi Wisata Goa Pelintung Dumai 


Wisata Goa Pelintung Dumai
Wisata Goa Pelintung Dumai | Photo Credit Via @wisatabaru

...Sedikit mengandung sejarah!

Ceritanya, Goa Pelintung Dumai ini merupakan sebuah tempat penyimpanan harta hasil jarahan para perompak dari negeri Siam.

Konon ceritanya,

Tumpukan bukit ini merupakan hasil timbunan dari harta karun hasil jarahan tersebut, banyak banget kan!

...Saking banyaknya hingga membentuk bukit guys!

Orang-orang di Dumai menyebut bukit ini dengan nama Bukit Kerudung. Kawasan ini berlokasi di Kecamatan Medang Kampai, Kelurahan Pelitung.

...Bagaimana, penasaran nggak?

4. Kawasan Wisata Religi Makam Pawang Leon dan Batu Tapak Harimau


Tempat Wisata di Dumai
Tempat Wisata dan Ziarah Makam Bersejarah di Dumai | Photo Credit Via @wisatasia

...Makam Pawang Leon dan Batu Tapak Harimau?

Ngeri bnaget ya nama nya,

Menurut kisah, makam ini merupakan makam seorang yang memiliki kesaktian yang luarbiasa. Kesaktian tersebut juga dimiliki oleh harimau asuhan beliau.

Caritanya,

Beliau ini lah yang membangun Kampung Pelintung dan saat itu di bantu oleh harimau nya. Saat ini, orang-orang dapat melihat sebuah tapak harimau di sebuah batu.

Alkisah, di tuturkan bahwa sang harimau menghentakkan kakinya ke arah batu ini untuk mengusir para musuh yang berkeliaran di kampung Pelindung ini sebelumnya. Kisah ini diceritakan secara turun temurun oleh tetua yang ada di kawasan tersebut.

...Tepatnya,

Kawasan Makam Pawang Leon dan Batu Tapak Harimau ini terletak di Kecamatan Medang Kampai, Kelurahan Pelintung.

5. Kawasan Hutan Wisata Sungai Dumai


objek Wisata di Dumai
Hutan Wisata Dumai | Photo Credit Via IG @doni_ss366

...Nah,

Bagi kamu pecinta alam hutan maka ini tempat buat kalian. Adem, teduh dan tentu sangat nyaman sekali buat kamu menikmati suasana dan keindahan alam bebas.

Perlu kamu ketahui bahwa cuaca Kota Dumai agak sedikit panas, keberadaan Hutan Wisata ini bisa menjadi alternatif kamu yang ingin mencari suasana nyaman untuk bersantai. Hotan ini merupakan kawasan konservasi.

Tapi ingat ya! Jangan merusak alam!

...Gua kutuk lho jadi kodok, mau!

Kawasan ini terletak di Bukit Jin, Kecamatan Dumai Barat dan Dumai Timur memiliki cukup banyak flora dan fauna di dalamnya.

Selain teduh dan nyaman, kawasan ini juga bisa kamu jadikan sebagai wisata edukatif untuk anak-anak dan sanak famili kamu.

6. Kawasan Wisata Religi Makam Siti Laut


Tempat Wisata di Dumai
Makam Bersejarah di Dumai

...Siapa Siti Laut ini?

Ternyata Siti Laut ini merupakan seorang anak dari seorang pemangku adat yang kemudian ia rela memenuhi syarat dari seorang Raja untuk menjadi galang Lancang Kuning.

Kini,

Makam Siti Laut ini sering di kunjungi oleh para peziarah baik dari Kota Dumai maupun mereka yang berdatangan dari dari luar Kota Dumai. Mereka datang untuk melihat langsung makam Siti Laut ini.

Makam Siti Laut menambah daftar tempat wisata di Riau terutama wisata sejarah. Makam Siti Laut ini yang lokasinya berada di Kelurahan Pangkalan Sesai, Dumai.

7. Tempat Wisata Religi Makam Syekh Sayyid Azziz Ibrahim


Tempat Wisata di Dumai
Destinasi Wisata Religi di Dumai
...Lagi-lagi tentang ziarah sejarah,

Sangat menarik untuk tetap ditelusuri!

Makam ini merupakan tempat peristirahatan terakhir dari ayahanda Putri Tujuh dan juga Raja dari Kerajaan Sri Bunga Tanjung.

Beliau ini gugur ketika terjadi perang melawan Kerajaan Tamiang Aceh. Saat ini, lokasi Makam ini biasanya memang sangat ramai dikunjungi oleh para peziarah.

Kondisi ramai ini terutama pada saat memasuki bulan Ramadhan.

8. Wisata Religi Masjid Al Manan


Tempat Wisata di Dumai
Mesjid Terbesar di Kota Dumai

...Woow!

Ada Taj Mahal di Kota Dumai!

Lokasi wisata religi di Kota Dumai yang satu ini sangat megah sekali. Arsitekturnya menambilkan sebuah kemegahan yang sangat luarbiasa.

Menarik untuk di kunjungi lho!

Ternyata, nama Masjid Al Manan yang memiliki arti Maha Pemberi Anugerah, Masjid ini dibangun dengan komposisi 4 menara yang tinggi.

Dengan dominasi warna biru muda menambah pesona keindahaan tempat ibadah Umat Muslim di Kota Dumai ini.

9. Destinasi Wisata Pantai Puak Dumai


Wisata Pantai Puak Dumai
Wisata Pantai Puak Dumai | Photo Credit Via IG @sepdum

Meski belum terlalu lama beroperasi sebagai tempat wisata namun lokasi pantai Puak Kota Dumai ini tak kalah dengan lokasi-lokasi wisata lainnya.

...Pengunjungnya lumayan ramai lho!

Di kawasan ini tersedia beberapa fasilitas seperti banana boat, speed boat juga ada yang siap untuk memanjakan wisatawan.

Tempatnya bersih lho guys!

Berlokasi wisata Pantai Puak DUmai ini berada di Kecamatan Medang Kampai.

10. Tempat Wisata Religi Makam Syekh Umar


Tempat Wisata di Dumai
Lokasi Wisata Ziarah Makam di Dumai 

Menurut cerita masyrakat Kota Dumai, sosok yang satu ini pernah memprediksikan bahwa Kota Dumai akan menjadi seperti yang sekarang ini.

Beliau ini di kenal sebagai peyebar agama Islam di Dumai.

Saat ini, makam beliau cukup banyak di kunjungi para peziarah yang ingin melihat langsung keberadaannya.

Mereka yang datang juga turut mendoa kan beliau sebagai orang yang berjasa dalam penyebaran Islam di Dumai ini.  Destinasi wisata ziarah makam yang satu ini berlokasi di pusat kota tepatnya di Jalan Syekh Umar.

11. Tempat Wisata Pantai Purnama Dumai


Wisata di Dumai
Destinasi Tempat Wisata Pantai Purnama Dumai | Photo Via IG @Amellia_na

....Meskipun terkena dampak abrasi,

Pantai ini tetap terlihat menawan, ada banyak pengunjung yang datang bersantai di kawasan ini. Mereka sengaja datang hanya sekedar untuk menikmati pemandangan di sekitar pantai Purnama Dumai ini.

Kalau muda mudi sih suka berswafoto di sini! Pantai Purnaman ini berlokasi di Kecamatan Dumai Basrat, Kelurahan Purnama.

12. Lokasi Wisata Pantai Teluk Makmur Dumai


Objek Wisata di Dumai
Wisata Pantai Teluk Makmur | Photo Via @IGdumai

...Sunset senja nya keren lho!

Kala senja mulai merapat maka suasana pantai Teluk Makmur Dumai ini makin terlihat epic dan spektakuler. View sunset nya keren banget!

13. Objek Wisata Pesanggrahan Putri Tujuh


Tempat Wisata di Dumai
Objek Wisata Pesanggrahan Putri Tujuh Dumai | Photo Credit Via @wisatasia

...Disini,

Ada nilai sejarah yang sangat mendalam, tempat ini merupakan tempat persembunyian dari Tujuh Putri yang kecantikannya terkenal seantero nusantara.

Mereka ini adalan Ketujuh Putri Kerajaan Sri Bunga Tanjung, konon ceritanya mereka sedang   diburu oleh Kerajaan Tamiang Aceh.

...Kemudian,

Putri Tujuh itu disembunyikan oleh Ratu Sima, namun apa daya gempuran Kerajaan Tamiang Aceh sangat kuat dan akhirnya persembunyian bawah tanah itu runtuh dan mengubur ke tujuh Putri tersebut.

14. Destinasi Wisata Situs Batu Beranak


tempat Wisata di Dumai
Destinasi Wisata Dumai - Situs Batu Beranak | Photo Credit @tribunnews

...What do you think!

Batu Beranak?

Konon ceritanya, batu ini semakin hari semakin bertambah alias beranak. Dulu, Batu beranak ini tidak lepas dengan Syekh Umar karena beliaulah yang membawa Batu Beranak.

Keberadaan Batu Beranak ini dekat dengan Makam Syekh Umar. Cukup banyak para peziarah yang datang ke Makam dan Batu Beranak dari luar Dumai.

Mereka datang untuk berkunjung dan melihat langsung Situs Batu Beranak ini. Keberadaan tempat ini menambah tempat wisata di Riau terutama di Kota Dumai untuk wisata sejarah.

15. Objek Wisata Taman Bukit Gelanggang


Tempat Wisata di Dumai
Wisata Taman Bukit Gelanggang Dumai | Photo Credit via IG @wanto9157
...Nah,

Kalau yang satu ini merupakan ruang terbuka hijau yang ada di Kota Dumai. Dengan adanya kawasan ini dapat sedikit mengurangi panasnya Kota Dumai.

Kawasan ini memang di hajatkan untuk masyarakat Dumai yang sekadar ingin bersantai namun masih dalam kawasan perkotaan Dumai.

Taman Bukit Gelanggang Dumai ini bisa menjadi alternatif,

Tempatnya kerejn lho!

Ada tersedia beberapa fasilitas area olahraga, area bersantai, dan bahkan ada playground yang  dikhususkan untuk anak-anak.

0 Response to "Paling Populer! Ini 15 Tempat Wisata di Dumai yang Wajib Kamu Kunjungi: Nyaman, Aman dan Mempesona Banget!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel