Wisata Sungai Bokor, Menikmati Liburan dan Keindahan Alam di Kabupaten Meranti

Wisata Sungai Bokor
Wisata Sungai Bokor | Photo Credit @desabokor

RiauOnline.id, Wisata Riau -- Wisata Sungai Bokor adalah salah satu tempat wisata di Kepulauan Meranti. Destinasi wisata alam yang ada di daerah ini memiliki pemandangan yang berbeda dengan daerah lainnya.

...Indahnya Sungai Bokor,

Berlokasi di tempat yang agak tersembunyi di sebuah pulau membuat keindahan Sungai Bokor ini tidak terlalu banyak diketahui orang banyak. Namun, berkat media sosial membuat keberadaan Sungai Bokor ini mulai menarik perhatian banyak orang.

...Jika dulu sepi, sekarang sudah mulai ramai pengunjung,

1. Informasi Wisata Sungai Bokor Kepulauan Meranti


Pesona Sungai Bokor mulai di promosikan melalui beberapa event, salah satunya adalah Festival Sungai Bokor. Pada tiap tahunnya Festival ini dilaksanakan, kegiatan ini menambah nilai positif bagi keberadaan Sungai Bokor ini sendiri.

...Jadi,

Sejak ada Festival Sungai Bokor ini, para pemburu tempat wisata Meranti mulai berdatangan. Mereka mulai penasaran dengan keindahaan yang ada di Sungai Bokor ini.

Bahkan,

Ada juga yang datang dari Negara tetangga seperti Malaysia dan Singapore. Mereka juga penasaran dengan keberadaan Sungai Bokor ini yang mereka dapat informasinya melalui promosi Festival Sungai Bokor ini.

Oh ya,

Di kawasan Sungai Bokor ini terdapat sekitar 20 anak sungai yang bercabang. Jadi, setiap pengunjung yang datang bisa menikmati setiap detiknya saat bermain perahu menyusuri Sungai Bokor. Suasana indah selalu menjadi teman setia kamu saat melakukan aktifitas ini.

Menariknya, sungai ini membelah hutan-hutan bakau yang ada di sana. Pemandangan di sebelah kanan dan kiri kamu akan terlihat sangat luar biasa.

2. Kondisi Hutan Mangrove Sungai Bokor


Wisata Sungai Bokor
Wisata di Kepualau Meranti | Photo Credit @tribbunpekanbaru

Ini mungkin menjadi hal yang paling utama di Sungai Bokor ini. Keberadaan Hutan Mangrove ini membuat suasana menjadi sangat berbeda. Pepohonan bakau yang berbaris rrapi di pinggiran Sungai Bokor ini membuat suasana menjadi sangat indah.

Hutan mangrove ini sebenarnya memiliki luas sekitar 320 hektar are.

Oh ya,

Jangan lupa membawa kamera ya!

Karena kamu wajib mengabadikan moment indah kamu selama berada di kawasan Sungai Bokor ini.

Mereka para pegiat lingkungan yang ingin melihat habitat mangrove yang masih asli dan cukup terjaga bisa mengunjungi sungai yang membelah kawasan Desa Bokor. Kawasan ini juga dikenal sebagai kawasan konservasi tanaman mangrove yang masih cukup asri.

Hutan mangrove seluas 320 hektar menjadi pemandangan hijau yang menyejukkan mata.

Perjalanan membelah sungai menggunakan sampan panjang berbekal kamera akan menjadi perjalanan mengasyikkan yang bisa didapatkan para wisatawan di tempat ini.

3. Buah-buahan di Desa Bokor dan sekitarnya


Wisata Sungai Bokor
Buah-buahan Desa BOkor Meranti | Photo Credit @desabokor

Di daerah Bokor dan sekitarnya sangat terkenal akan kualitas buah-buahannya seperti durian, manggis, rambutan dan jenis lainnya. Selain dapat berwisata di Sungai maka kamu juga dapat menikmati manisnya buah-buahan asal Bokor dan sekitarnya.

Biasanya,

Pada saat pelaksanaan Festival Sungai Bokor akan ada banyak jenis buah-buahan yang di jual oleh warga sekitar arena festival tersebut.

..Durian? Mahal mah?

Nah, di kawasan ini mungkin kamu akan mendapatkan sedikit harga yang berbeda dengan daerah lainnya.

Disini murah kok!

4. Pelaksanaan Event Festival Sungai Bokor

Wisata Sungai Bokor
Loba Lari di atas Tual Sagu | Photo Credit @riaupotenza

Adanya pelaksanaan Festival Sungai Bokor ini membuat daya tarik Sungai Bokor terhadap pengunjung. Ketika pelaksanaan Festival ini maka akan ada banyak manusia yang berkunjung ke Desa Bokor ini.

Pelaksanaan ini menjadi event rutin dan masuk dalam agenda pariwisata Kepulauan Meranti.

Kegiatan lomba yang dilaksanakan juga sangat unik, sesuai dengan tradisi dan kearifan lokal di daerah tersebut. Misalnya lomba lari diatas tual sagu, lomba ngolek tual sagu, lomba nyocuk atap rumbia, lomba gasing, dan lomba main seningkik.

Lomba-lomba seperti ini hanya akan kamu saksi kan di sini, tak akan ada di tempat lain. Itulah uniknya Festiva Sungai Bokor ini.

Mereka benar-benar melestarikan apa yang menjadi kebudayaan lokal mereka. Dengan kegiatan seperti ini, maka setiap budaya dan kearifan lokal tidak terkikis oleh perkembangan teknologi dan peradaban yang susah untuk di bendung.

Nah,

Selain menikmati perlombaan kamu juga dapat mencicipi makanan khas Melayu yang ada di Pulau Rangsang ini, seperti aneka kerupuk udang, aneka olahan sagu, aneka jenis ikan segar, aneka makanan khas melayu seperti sempolet, roti canai dan berbagai masakan seafood lainnya.

5. Rute Menuju Lokasi Wisata Sungai Bokor, Kepulauan Meranti



Desa Bokor masuk dalam wilayah administratif Kecamatan Rangsang Barat. Jadi, jika kamu ingin travelling ke Desa Bokor ini maka kamu bisa melalui Selat Panjang atau Ibukota Kabupaten Kepulauan Meranti.

Jika kamu melakukan perjalanan dari Pekanbaru maka kamu dapt mengakses Selat Panjang melalui pelabuhan Sungai Duku yang ada di Pekanbaru.

..Disana,

Kamu bisa membeli tiket dengan tujuan Selat Panjang. Ada banyak perahu cepat yang mengangkut penumpang dari Pekanbaru ke Selat Panjang, Misalnay Garuda Porti, Naga Line, Meranti Express dan lainnya.

Kamu bisa membeli tiket langsung di pelabuhan tersebut, ntar ada loket penjualan tiket di pelabuhan.

Dalam perjalanan ini, kamu akan transit di Perawang dan melanjutkan perjalanan dengan Bus yang merupakan bagian dari tiket kamu sebelumnya, jadi nggak ada biaya tambahan. Bus akan berhenti di Tanjung Buton. Disini kamu akan melanjutkan perjalanan dengan jenis perahu cepat yang sama. Tiket yang kamu beli itu sudah include semua hingga sampai di Selat Panjang.

Selanjutnya, kamu akan melanjutkan perjalanan menuju Desa Bokor melalui pelabuhan penyeberangan selat, kalau orang meranti menyebutnyanya 'Kempang'. Disini kamu akan mengeluarkan tarif Rp. 10.000 untuk sampai di seberang.

Oh ya,

Perlu kamu ketahui bahwa tak ada tersedia penginapan di Desa Bokor, kamu harus mencari penginapan di Selat Panjang.

Untuk jadwal penyebrangan ke Pulau Rangsang ada banyak kok! Mereka bolak balik mengangkut penumpang, jadi kamu tak akan kehabisan jadwal untuk menyeberang dari Selat Panjang ke Pulau Rangsang atau penyeberangan sebaliknya.

Nah, ini sekilas tentang wisata yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti. Jadi, kamu bisa menikmati setiap aktifitas dan keindahaan yang ada selama perjalanan kamu.

Keep Journey!

0 Response to "Wisata Sungai Bokor, Menikmati Liburan dan Keindahan Alam di Kabupaten Meranti"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel