Wisata Pantai Melur Batam, Menikmati Keindahaan Sambil Bernostalgia dengan Sejarah Manusia Perahu Vietnam


wisata-pantai-melur-batam

RiauOnline.id, Wisata Batam – Sebelum menuliskan tentang Wisata Pantai Melur ini, sedikit bertutur tentang Kota Batam ini.

...Kamu tahu Batam kan?

Kalau nggak tahu kelewatan mah!

 Saat ini Batam menjadi Kota yang paling strategis dengan kemajuan yang sangat pesat.  Letaknya yang berdekatan dengan Singapore dan Malaysia memberi dampak dan pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan yang terjadi di Batam.


…Gini dech, coba kamu sesekali jalan dan membeli beberapa peralatan elektronik seperti laptop second, lalu bandingkan dengan harga yang ada di daerah lain,

Jauh banget!

Entah itu dari kawasan BM atau apa, saya juga kurang paham. Yang jelas untuk barang-barang tertentu yang berasal dari Negara tetangga akan menjadi sangat murah sekali,

Bebas pajak kah? I don’t know!

…Memang sedari awal Kota Batam ini akan dibentuk menjadi kota Industri,

Dan hal tersebut berhasil!

Lihatlah bagamana situasi di Batam saat ini, tumbuh menjadi kota yang selalu menjadi incaran para pemburu barang second.

Namun,

Dibalik itu semua, Batam juga memiliki wisata pantai yang luar biasa. Kesibukan orang-orang yang tinggal di Batam sejalan dengan pertumbuhan tempat-tempat wisata yang indah. Salah satunya Wisata Pantai Melur ini.

1. Letak dan Lokasi Pantai Melur yang strategis


…Letak atau lokasi pantai bisa saja menjadi penentu ramai atau tidaknya pengunjung,
Seperti halnya Pantai Melur di Batam ini, selain memiliki pemandangan yang indah, lokasi dari Pantai Melur ini juga mudah untuk di akses.

Berada sekitar 45 km mengarah ke selatan Pulau Batam. Tepatnya berada di sebelah barat Pulau Galang. Lokasi pantai ini juga bersebelahan dengan salah satu jembatan yang paling popular di Batam, yaitu Jembatan Balerang.

Jadi, untuk sampai ke Pantai Melur ini kamu bisa menggunakan angkutan taxi atau kenderaan sewa. Selain itu, kamu dapat juga menggunakan public transportation.

Nah,

Untuk mengakses ke lokasi ini sangat mudah kan?

Selain akses jalan yang bagus, juga memiliki fasilitas transportasi yang memadai untuk dapt menuju ke lokasi pantai ini.

2. Awas Jatuh Cinta dengan Panorama yang cantik di Pantai Melur


…Asyik nggak!

Misalnya, kamu duduk di pinggiran pantai sambil menikmati pemandangan indah disana. Angin sepoi siap menyamankan suasan kamu selama berada di Pantai ini.

Yakin dech kamu bakal jatuh cinta!

Secangkir kopi mungkin akan tepat menemani santai kamu di atas hamparan pasir putih yang berpadu dengan birunya air laut serta ombak kecil yang sedang berkejaran, kurang asyik apa lagi?

3.  Selain Berenang, Kamu Juga Bisa Bermain Bersama Keluarga Tercinta di Pantai Melur


…Kalau kepantai mah harus berenang, rugi banget kalo nggak?

Tapi kalau nggak bisa berenang sebaiknya jangan ya! Ntar tenggelam gimana? Cari aktifitas lain aja. Disini kamu bisa bermain volley pantai bersama teman atau keluarga, sepakbola, atau naik banana boat.

Pasti menyenangkan dech!

Setidaknya masin air laut di pinggiran pantai,

Air laut itu menggandung banyak mineral lho! Jadi, kalau itu meresap ke badan kamu akan berdampak baik bagi kesehatan kamu.

…jadi nggak gampangan sakit dech kamu!

Yang jelas, apapun yang kamu lakukan disana pasti menyenangkan. Oh ya, jangan buang sampah sembarangan ya di Pantai Melur ini. Sayang banget kalau pantainya indah tapi sampahnya banyak juga. 

Jadi merusak pemandangan kan?

…Be smart traveller!

4. Makan? Nggak Perlu Bingun, Ada Banyak Tersedia Olahan seafood di Pantai Melur


…seandainya lupa bawa makanan, don’ worry!

Ada banyak kok tempat yang menyediakan makanan dari olahan seafood, enak banget! Nyantai sambil makan di pinggiran pantai Melur.

Kamu bisa pesan cumi – cumi, ikan bakar, kepiting, ikan kakap, dan lain – lain. Semuanya sudah dalam kondisi masak, tinggal makan dan bayar aja!

5. Sejarah dibalik Indahnya Pantai Melur Batam


Pernah dengan ‘Manusia Perahu’ nggak?

Ternyata lokasi pantai Melur ini sangat berdekat dengan lokasi pengungsian manusia perahu yang berasal dari Vietnam.

Jadi,

Menurut sejarahnya, ketika di Vietnam terjadi perang saudara sekitar tahun 1970an. Orang-orang dari Vietnam beramai-ramai lari dan mengungsi. Karena mereka sudah tidak merasa nyaman di tempat tinggal semula mereka.

Jadi, sejarah konflik yang pernah terjadi antara Republik Sosialis Vietnam dan Kamboja. Awal dari peperangan ini bermula dengan adanya invasi dan pendudukan kekuatan Vietnam terhadap Kamboja serta adanya penurunan Khmer Merah dari kekuasaan.

…kronologi lainnya mengatakan bahwa Konflik ini juga bagian dari perpecahan antara Tiongkok dan Soviet, keadaan ini telah merusak pergerakan komunis.

Wajtu itu, Partai Komunis Vietnam memihak kepada Uni Soviet, sementara Partai Komunis Kamboja tetap setia dengan Republik Rakyat Tiongkok.

Sebenarnya perang saudara ini ada intrik ideologis dibelakangnya, antara Komunis Soviet dan Komunis Tiongkok.

…kala saat itu,

Situasi perang dimulai dengan adanya rasa kekhawatiran Demokratik Kampuchea yang pada saat itu di bawah pimpinan Pol Pot terhadap meluasnya pengaruh Vietnam setelah kemenangan Vietnam pada Perang Vietnam.

Kala itu Vietnam punya misi ingin menyatukan kawasan Indochina dalam suatu negara di bawah kekuasaan Vietnam.

Jadi, atas dasar kekhawatiran tersebut sehingga pada akhirnya Demokratik Kampuchea melancarkan aksi untuk menetralisir dan menyurutkan tentara Vietnam di sekitar daerah  perbatasan Vietnam-Kamboja.

…namun kemudian,

Situasi ini dibalas oleh Vietnam,  mereka kemudian melawan Demokratik Kampuchea yang menyebabkan keruntuhan Demokratik Kampuchea. Keruntuhan itu berdampak pada pendirian kekuasaan boneka Vietnam.

Atas intervensi dunia, akhirnya Tentara Vietnam keluar dari kamboja sekitar tahu 1992.
Jadi, atas peristiwa ini lah para ‘manusia perahu’ tersebut melarikan diri di kawasan Melur ini.
Kemudian mereka membangun sebuah perkampungan didekat lokasi Pantai Melur ini. Berjarak sekitar 1 kilometer dari lokasi utama Pantai Melur ini.

Hingga saat ini, Kampung Vietnam menjadi saksi atas kejadian tragis itu.


0 Response to "Wisata Pantai Melur Batam, Menikmati Keindahaan Sambil Bernostalgia dengan Sejarah Manusia Perahu Vietnam"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel