Wisata Hutan Mangrove Mengkapan, Menjelajah Destinasi Ekowisata Terindah di Kabupaten Siak

RiauOnline.id, Wisata Riau -- Bicara tentang wisata itu tak melulu tentang air terjun atau pantai dengan pasir putihnya. Nah, kali ini kita akan bicara tentang ekowisata Hutan Mangrove Mengkapan di Kabupaten Siak. Tempat ini sangat menawan, pesona nya selalu memukau setia pengunjung yang datang.

Menariknya,

Ekowisata Mangrove ini memberikan nilai positif bagi masyarakat sekaligus bagi kelangsungan pohon mangrove yang mulai habis terkena dampak penebangan illegal. Nah, setelah menjadi salah tujuan atau target destinasi wisata maka para penebang Mangrove akan lebih berfikir ingin menebang kawasan ekowosata.

Selai itu, keberadaan hutan Mangrove juga bagian dari RTH atau Ruang Terbuka Hijau pada suatu kota yang harus memenuhi minimal 30% dari seluruh luas lahan. Formasinyanya, 20% ruang terbuka hijau publik dan 10% ruang terbuka hijau privat (Undang-Undang No. 26 Tahun 2007).

Dan apa yang dilakukan oleh Kabupaten Siak ini adalah bagian dari  program Siak Green City,

Untuk Informasi wisata lainnya di Siak silahkan Baca: Tempat Wisata Siak Paling Populer

1. Informasi Ekowisata Mangrove Mengkapan 


Wisata Hutan Mangrove Mengkapan
Indahnya Hutan Mangrove Mengkapan Siak 

...Mungkin,

Jika saya menyebut kata 'Siak' maka tempat wisata yang paling kalian kenal adalah Istana Siak, pedahal ada banyak tempat wisata di siak yang bisa menjadi refernsi travelling kamu. Memang yang paling populer di Kabupaten Siak adalah tentang sejarah.

Jadi, kalian lebih berwisata sejara di tempat ini. Mengenal bagaimana Kerajaan Melayu yang pernah bersinar masa dulu. Namun, dibalik itu semu ternyata saat ini Siak mulai mengembangkan ekowisata dengan memanfaatkan hutan mangrove.

...Dulunya, mangrove di biarin gitu-gitu aja! Sekaran sudah ada beberapa tempat dikembangkan Wisata Hutan Mangrove.

Kamu bisa meluncur di Desa Mengkapan, Kecamatan Sungai Apit. Di tempat ini telah dikembangkan Ekowisata Mangrove. Sekarang, tempat ini mulai populer di kalangan masyarakat Siak bahkan hingga ke luar Siak. Keindahan yang ditawarkan oleh wilayah ini sangat spektakuler.

Selain menjadi keseimbangan alam, juga dapat menjadi destinasi saat orang-orang membutuhkan wahana untuk liburan. Nah, untuk pengelolaannya diserahkan pada Kelompok Mangrove Lestari dan PT EMP Malacca Strait S A.

2. Peta dan Lokasi Ekowisata Mangrove Mengkapan



Kawasan Ekowisata Hutan Mangrove Mengkapan ini terletak di Kampung Mengkapan, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak. Untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat peta di bawah ini agar kamu benar-benar tahu di mana lokasi Ekowisata Mangrove ini.

3. Rute dan Cara Menuju Ekowisata Mangrove Mengkapan


Hutan Mangrove Mengkapan
Jembatan Terindah di Ekowisata Mangrove Mengkapan | Photo Credit @travellingyuk

Jadi,

Jika kamu ingin mengunjungi kawasan ekowisata mangrove ini kamu dapat mengikuti beberapa jalur yang ada, silahkan di pilih aja ntar!

Jika kamu melewati Jalan Baru Siak maka kamu akan melintasi daerah perkotaan Siak, siapa tau kamu mau mampir dulu.

Nanti, kamu akan melewati Jembatan Megah yaitu jembatan Tengku Agung Sultanah Latifa, kamu bisa memacu kenderaan kamu menuju arah Kecamatan Bunga Raya, nanti kamu akan belok menuju Jembatan Panjang di Teluk Masjid Sungai Apit. Orang sering menyebut jembatan ini dengan sebutan Jembatan Teluk Masjid.

Namun sebenarnya, nama jembatan ini adalah Jembatan Sultan Abdul Jalil Rahmad Syah

Setelah sampai di pusat kecamatan Sungai Apit ini, maka kamu bisa melanjutkan perjalanan yang mengarah ke pelabuhan Buton, nanti kamu akan menemukan sebuah papan petunjuk yang bertuliskan Jembatan Hitam Ekowisata Mangrove di simpang empat sebelum sampai di pelabuhan Buton.

Nah, jika tadi kamu tidak berbelok memasuki area perkotaan Siak maka kamu juga bisa langsung menuju ke arah Pelabuhan Tanjung Buton. Jalur ini merupakan jalan lama, sebelum jalan baru di perbaiki maka jalur ini adalah yang paling sering digunakan untuk menuju Buton.

Nanti, akan ketemu simpang empat sebelum sampai di pelabuhan Buton, ada papan bertulisakan Jembatan Hitam Ekowisata Mangrove dan ikuti arah itu.

Nah, itulah jalan yang bisa kamu tempuh untuk sampai ke Jembatan Hitam Ekowisata Mangrove yang ada di Kampung Mengkapan ini.

4. Fasilitas dan Wahana di Ekowisata Mangrove Mengkapan


Spot Hunting Menarik di Ekowisata Mangrove Mengkapan

Jika kita bicara tentang Huntan Mangrove maka hal pertama yang terlintas adalah pemandangan indahnya, suasana sejuknya dan hijau pepohonan mangrove yang siap memanjakan mata.

Salah satu spot yang paling populer adalah  jembatan kayu berwarna hitam, kalau masyarakat sini menyebutnya Jembatan Hitam. Yang buat ini jadi keren adalah ketika kamu berjalan di jembatan ini dan menikmati indahnya pesisir dan lautan didepannya.

...Keren nich buat swafoto kamu!

Tapi,

Ada yang lebih penting dari itu, di kawasan Ekowisata Mangrove ini akan kamu temukan sebuah edukasi yang berkaitan dengan Mangrove. Mulai dari jenisnya, cara pembibitannya, penanamannya dan hal lainya. Jadi, kamu akan mendapatkan edukasi itu semua.

...Ada Gembok Cinta lho!

Selain itu, juga ada tempat kamu memancing. Bagi kamu yang hobi memancing maka wilayah ini akan menjadi bagian dari kegiatan kamu di sini.

5.  Harga Tiket Masuk Ekowisata Mangrove Mengkapan


...Kalo yang ini saya belum update informasi terkini. Terakhir saya masuk itu masih free alias gratis. Jadi saya hanya dikenakan tarif parkir.

Nanti, saya akan up date lagi jika sudah mendapatkan informasi terkini dari sumber yang akurat.

...Tunggu ya guys!

6. Manfaat Hutan Magrove Bagi Manusia


Wisata Hutan Mangrove Mengkapan
Manfaat Hutan Mangrove bagi Ekosistem

Oh ya, pada poin terakhir ini hanya sebagai edukasi kita aja. Untuk kita mengetahui seberapa penting akan keberadaan hutan Mangrove ini. berikut detainya:

Secara umum hutan bakau atau mangrove mempunyai definisi sebagai hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau yang terletak di garis pantai dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut tepatnya di daerah pantai dan sekitar muara sungai, sehingga tumbuhan yang hidup di hutan mangrove bersifat unik karena merupakan gabungan dari ciri-ciri tumbuhan yang hidup di darat dan di laut. Berikut merupakan beberapa manfaat dan peranan Hutan Mangrove :

  • Adanya Mangrove dapat Mencegah Intrusi Air Laut


Jadi, Intrusi itu maksudnya perembesan air laut ke tanah daratan. Nah, kalau terjadi intrusi maka biasanya air di darat akan menjadi payau karena sudah bercampur dengan air laut yang naik tadi.

...Jika udah payau, payah dong mau di konsumsi!

Ketika di pesisir banyak bakau atau mangrove maka akan mampu mengendapkan lumpur di akarnya sehingga dapat mencega intrusi air laut ke darat.

  • Dapat Mencegah Erosi dan Abrasi Pantai


Lho bayangin aja kalau pantai nggak ada pohon mangrove nya. Akan ada erosi dan abrasi!

Oh ya,

Erosi itu peristiwa pengikisan permukaan tanah oleh air dan Abrasi itu peristiwa pengikisan tanah yang disebabkan oleh hempasan ombak laut. Jadi, ketika pohon mangrove ini tumbuh dengan baik di pesisir maka akarnya akan mempu mencegah kedua hal ini.

  • Sebagai pencegah dan penyaring alami


Coba sesekali kamu melihat akar mangrove! Perhatikan baik-baik, bagaimana kondisinya, pasti berlumpur kan? Ternyata akar-akar tersebut dapat dengan cepat menguraikan limbah organik yang datang dan ikut bersama air laut.

...Ada fungsi pencegahan dan penyaringan yang dilakukan oleh akar mangrove ini.

Juga terjadi proses penguraian bahan kimia yang bercampur dengan air laut. Misalnya, diterjen ataupun minyak. Kala angin laut bertiup kencang, ombak berderu mengikuti kencangnya angin maka hutan mangrove lah yang menjadi penghalang terbaik untuk itu.

  • Sebagai tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa jenis biota laut dan makhluk hidup lainnya


Perhatikan lagi, jika sebuah hutan mangrove tumbuh dengan lebat. Pasti akan banyak hewan seperti monyet, burung, ular dan lain sebagainya. Nah, mereka ini akan selalu mencari keberadaan mangrove yang baik. Karena di situ sudah tentu terdapat sumber makanan.

...Ternyata,

Akar mangrove memberikan zat makanan bagi ikan dan invertebrata lainnya yang ada di laut. Ada banyak biota yang berkembang jika hutan mangrove tetap di pelihara dengan baik.

  • Berperan dalam pembentukan pulau dan menstabilkan daerah pesisir


Kamu bayangkan aja jika tak ada hutan Mangrove, bagaimana daratan kita yang terus terkikis dan mengalami abrasi. Pertanyaannya adalah seberapa lama akan mampu bertahan daratan yang teru menerus di hempas ombak tanpa ada perlindungan dari pepohonan mangrove di pesisir.

So, apa yang dilakukan oleh pemerinta Kabupaten Siak dalam bentuk mengembangkan Ekowisata Hutan Mangrove ini perlu di contoh. Selain memberi wahana berlibur bagi masyarakat, hal tersebut juga melindungi daratan serta memberi ruang bagi banyak makhluk lain untk hidup. Ekosistem akan kembali normal!

...Keren kan! I Love it!

0 Response to "Wisata Hutan Mangrove Mengkapan, Menjelajah Destinasi Ekowisata Terindah di Kabupaten Siak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel