16 Tempat Wisata di Indragiri Hilir Paling Mantap dan Populer, Coba Dech Trip ke sini!

RiauOnline.id, Wisata Riau -- Kabupaten Indragiri Hilir adalah salah satu Kabupaten paling ujung timur Provinsi Riau dan berbatasan langsung dengan Provinsi Jambi.

Sedikit mengupas Kabupaten Indragiri Hilir sebelum saya mengulas banyak tentang tempat wisata di indragiri hilir ini,

Dalam sejarah singkat,

Perjalanan Kabupaten Indragiri Hilir, tercatat kala perwakilan masyarakat mengajukan permohonan kepada Menteri Dalam Negeri untuk pemekaran menjadi Kabupaten Daerah Tingkat II.

..Permintaan ini disampaikan melalui Gubernur Riau,

Setelah melakukan beberapa peninjauan baik oleh Gubernur Riau maupun Menteri Dalam Negeri akhirnya di putuskan Indragiri Hilir menjadi Kabupaten.

...Jadi,

Pada tahap awal ini dikeluarkanlah Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Riau (Provinsi Riau) tertanda pada tanggal 27 April 1965 nomor 052/5/1965 sebagai Daerah Persiapan Kabupaten Indragiri Hilir.

Kalau dulu tuh masih ada istilah daerah tingkat II,

Sejalan dengan itu, sebagai langah awal pembentukannya, Indragiri Hilir menjadi Daerah Persiapan Kabupaten Indragiri Hilir, kemudian pada tanggal 14 Juni 1965, maka terbitkan lah Undang-undang nomor 6 tahun 1965 Lembaran Negara Republik Indonesia no. 49.

Dengan demikian maka Daerah Persiapan Kabupaten Indragiri Hilir secara resmi di mekarkan menjadi Kabupaten Daerah Tingkat II Indragiri Hilir  yang berdiri sendiri, yang pelaksanaannya terhitung tanggal 20 November 1965 dan hingga sekarang bernama sekarang Kabupaten Indragiri Hilir.

Sebenarnya, sebelum itu semua, ada banyak cerita panjang tentang sejarah Kab. Indragiri Hilir atau yang sering disebut dengan sebutan Inhil.

Sejarah yang cukup panjang sebelum masa kolonial Belanda. Cukup banyak peralihan kekuasaan ketika masih dalam formasi sebuah kerajaan. Mulai dari Kerajaan Keritang, Kerajaan Kemuning, Kerajaan Batin Enam Suku hingga Kerajaan Indragiri.

...Pada kesempatan lain saya akan bercerita tentang itu,

Namun kali ini saya akan mengupas Kabupaten Indragiri Hilir dalam sisi tempat wisata menarik dan populer yang bisa kamu kunjungi.

1. Menjajal Wisata Air Terjun Tembulun Rusa di Indragiri Hilir


Air Terjun Tembulun Rusa | Instagram/baim_backpacker

...Jadi,

Kalau kamu melihat dari gambar saja sudah bikin gregetan untuk pengen bermain air di sini,

...bener nggak?

Tempatnya memang benar-benar mempesona setiap pengungung yang datang ke tempat ini. Inilah salah satu tempat wisata yang paling populer di Kabupaten Inhil, Riau.

Sering disebut dengan nama Wisata Air Terjun Tembulun Rusa,

Sensasi bertualang dengan air akan kamu dapatkan di tempat ini, Gila! Keren abiz tempatnya. Wisata Air Terjun Tembulun Rusa memiliki debit yang cukup baik. Kondisi air yang turun juga cukup deras. Sangat cocok buat kamu yang hobi bertualang dengan air.

...Cari dech informasi detailnya!

Untuk lokasi, Wisata Air Terjun Tembulun Rusa ini berada Desa Kemunign, Kecamatan Ampar, Kab. Inhil Riau.

Jadi, untuk mengakses lokasi Wisata Air Terjun Tembulun Rusa ini mewajibkan kamu untuk menelusuri rute yang melewati kawasan perbukitan.

...Keren cuy!

Nanti, kamu akan melintasi perbukitan dengan berjalan kaki selama 1 hingga 2 jam. Cukup lumayan melelah kan ya?

Tapi tak perlu khawatir, karena di perjalanan akan banyak pemandangan indah. Kamu bisa mengabadikan perjalanan kamu menuju Wisata Air Terjun Tembulun Rusa ini.

Lumayan kan! Buat up date story WA atau Instagram kamu.

2. Fose indah di Wisata Air Terjun 86 di Indragiri Hilir


Air Terjun 86 Inhil | Instagram/ceris.kitchen
...Hmmm, Bukan 86 yang itu ya!

Ini salah satu lokasi yang indah tempat kamu bertualang di alam bebas. Tempat ini sering disebut Air Terjun 86, salah satu tempat wisata yang indah di Indragiri Hilir.

Selalu butuh perjuangan panjang untuk mencapai keindahan!

Begitu juga untuk mencapai lokasi air terjun 86 ini, kamu harus berjalan kaki selama kuran lebih 1 jam hingga mencapai kawasan air terjun ini.

...Lumayan!

Sama seperti halnya menuju Air Terjun Tembulun Rusa, perjalanan ini juga akan melewati panorama-panorama indah selama di perjalanan. Nikmati suasana segar di alam bebas.

...Jarang-jarang lho kamu hirup udara segar beginian, kalau di kota kamu hirup udara knalpot motor! Bener nggak?

Air Terjun 86 ini berlokasi di Desa Keritang Hulu dan masih dalam Kecamatan Kemuning. Lokasi ai terjun ini sebenarnya tidak terlalu jauh dari desa, hanya saja akses menuju kawasan ini mengharuskan kamu untuk berjalan kaki.

Ya, bagus juga sih!

Biar nuansa travelling dapet...

Dan selam perjalanan juga kita bisa bercanda gurau bersama teman-teman yang ikut atau membuat konten video dalam rangka mengabadikan momen perjalanan dan bercinta dengan alam bebas.

Oh ya,

Air terjun 86 memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 30 meter, sedang kan kondisi airnya cukup besar. Jadi, suara gemuruh air yang jatuh akan menjadi nyanyian alam yang sangat indah.

Just try it!

3. Menelusuri Bukit Berbunga di Indragiri Hilir


Bukit Berbunga Inhil | Img: Andessaputra7

Daera Indragiri Hilir memang memiliki kawasan bukit yang lumayan banyak. Kawasan-kawasan ini menjadi pesona tersendiri bagi setiap orang yang datang berkunjung ke Kabupaten Indragiri Hilir

Selain air terjun tadi, sakarang ada lokasi wisata yang bernama Bukit Berbunga.

...Flower in the hills? atau ...Flowering hills!

Ah, masa iya bukit berbunga?

Ini nama doang ya guys! Sebenarnya yang berbunga tetap aja tanaman. Kalau tak bunga berarti Cinta yang sedang berbunga, haha!

Lagian, kamu aneh-aneh aja! Manaj juga ada bukit mengeluarkan bunga, yang benar itu bunga di atas tumbuh diatas bukit lalu berbunga, piiis!!!!!

...Oke, back to topic!

Nah, perjalanan kamu menuju bukit berbunga ini akan sangat luarbiasa. Hal ini dikarenakan kamu akan bertemu dengan panorama-panorama yang indah disepanjang perjalanan menuju bukut berbunga ini.

Dengan ketinggian 150 mdpl, taman berbunga ini memiliki view yuang indah. Di tambah dengan anggunnya tumbuhan yang sedang berbunga. Nah, bunga-bunga ini memenuhi bukit ini.

So, itulah sebabnya dinamakan Bukit Berbunga!

Lokasi Bukit Berbunga ini di Desa Batu Ampar dan masuk kawasan Kecamatan Keritang, Indragiri Hilir.

So, sepertinya kamu harus mencoba moment indah ini jika suatu hari nanti berkunjung ke Inhil.

4. Jembatan Teluk Mesjid di Indragiri Hilir


Jembatan Teluk Mesjid
Jembatan Teluk Masjid Temilahan | Img: Kakawananlawas

Kalau yang satu ini sebenarnya bukan tempat wisata sich!

Ini jembatan Teluk Masjid yang memiliki daya tarik tersendiri. Karena keindahan yang dimilikinya ini sehingga banyak orang yang terpesona dengan megahnya jembatan penyebarang ini.

...Selebihnya sebagai fasilitas penyebarangan sih!

Namanya juga jembatan mas bro!

Namun, yang menjadi unik dari jembatan ini adalah arsitekturnya yang sangan menarik perhatian kita, bentuknya sangat menarik.

Jadi,

Kalau leat jembatan ini maka bawaannya pengen turun dari mobil dan ambil handphone buat selfie dulu.

Ini faktanya,

Jika sore hari tiba, maka ada banyak terlihat muda mudi sedang mengabadikan moment mereka di atas jembatan ini, sekedar selfie!

Apalagi malam hari, suasananya indah banget. Di jembatan ini ada banyak lampu penerang, jadi ketika lampu menyala dan air akan memantulkan cahaya tersebut. Ini menjadi moment yang indah di dalah hasil foto kamu.

Oke, kalau yang belum tahu lokasinya, Jembatan ini terletak di Kecamatan Tembilahan. Di jalan utama Kecamatan Tembilahan akan melintasi rute jembatan ini.

5. Wisata Danau Taga Raja di Indragiri Hilir


Suasana Danau Raja Rengat Malam | Instagram/aliyanto_citrawijaya

...Untuk yang satu ini sedikit memiliki sejarah panjang.

Jadi, saya tidak akan mengupasnya disini. Sekilas saja, dulunya danau Telaga Raja ini merupakan tempat permadian dan sekaligus menjadi sumber mata ari yang ada di Kerajaan Kateman.

Singaktnya seperti itu, pada post selanjutnya saya akan ulas sejarah ini! Oke,

..Berada di Desa Guntung,

Kawasan Danau Telaga Raja ini memiliki keindahan tersendiri. Pesonannya mampu menarik perhatian setiap pengunjung yang datang.

Kondisi air danau Telaga Raja juga unik, mirip air danau Toba lho!

Berwarna biru dengan panorama yang indah.

Nah, kalau kamu yang punya hobi Photography maka tempat ini bisa menjadi pilihan kamu untuk mangambil gambar objek kamu.

Pastinya keren banget!

6. Makam Syekh Abdurrahaman Siddiq di Indragiri Hilir


makam-syeh-abdurrahman-siddiq
Makam Syeh Abdurrahman S | Img: Sindonews

Ini merupakan wisata religi, berziara ke makam Syekh Abdurrahman Siddiq,

Ada sejarah besar pada sosok Syekh Abdurrahman Siddiq, sehingga saat beliau sudah tiadapun masih di ingat oleh masyarakat Inhil.

...Syekh Abdurrahman Siddiq?

Beliau ini merupakan seorang ulama besar di Masjidil Haram. Beliau ini merupakan cicit dari ulama besar Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari. Yang dikenal sebgai seorang pujangga dan sastrawan.

Dalam sejarahnya,

Beliau ini pernah diangkat oleh Sultan Mahmud Shah Raja Muda Kerajaan Indragiri sebagai Mufti  saat kerajaan Indragiri masih berkuasa. Hingga kini masih banyak peziarah yang mengunjungi makam beliau yang berada di Kecamatan Kuala Indragiri,

Keberadaan makam ini tepatnya di Kampung Hidayat Sapat.

Berwisata religi sambil mengenal sejarah yang pernah terjadi di Inhil kala masih kerajaan. Selain itu, juga terdapat Masjid kuno yang diperkirakan berdiri sekitar abad ke 19.

Uniknya, peziara makamSyekh Abdurrahman Siddiq tak hanya datang dari dalam Riau saja, bahkan ada penunjung yang datang dari Malaysia, Singapura, Thailand dan Brunei Darussalam.

..Oh ya,

Untuk posisi tepat nya, Makam Syekh Abdurrahman Siddiq berada di di Parit Hidayat, Dusun Teluk Dalam, Kecamatan Kuala Indragiri.

Tak jauh kok dari Kota Tembilahan.

Munkin kamu hanya menghabiskan waktu sekitar 30 Menit dari Kota Tembilahan dengan menggunakan kendaraan air speed boat.

7. Menyaksikan Pacu Sampan Leper di Indragiri Hilir


pacu-sampan-leper
Pacu Sampan Leper | Img: InhilKlik

...Ini Event wisata tahunan di Indragiri Hilir,

Ada event yang namanya Pacu Smapan Leper.

Tak seperti pacu sampan biasanya. Event ini sudah menjadi tradisi dan budaya yang ada di Kabupaten Idragiri Hilir.

Jadi,

Setiap hari Kemerdekaan Indonesia, maka akan selalu dilaksanakan event ini. Ikut memeriahkan acara 17 agustusan.

Even ini biasanya dilaksanakan di Kuala Getek Tembilahan.

Perlombaan Pacu Sampan Leper ini sudah menjadi agenda wisata budaya yang sering ditunggu-tunggu masyarakat Indragiri Hilir.

Seru banget lho!

Sesekali kamu perlu menyaksikan ini.

8. Trip ke Pantai Solop di Indragiri Hilir


Pantai-solop
Pantai Solop Inhil | Img: Pantainesia

...Kalau kesini maka ada paket yang pas untuk kamu,

Sekali jalan, 3 agenda wisata yang bisa kamu lakukan. Indahnya Pantai Kolop, Wisata Hutan Magrove dan bersepeda di Dataran Rawa.

Pantai Solop sendiri merupakan tempat yang sangat populer di kalangan masyarakat Inhil. Tempat ini selalu ramai akan pengunjung.

...Memang tempat yang indah!

Kalau nggak indah pasti sepi dong, iya kan?

Untuk Lokasi wisata Pantai Solop ini berada di Kecamatan Mandah, tepatnya di Desa Pulau Cawan.

sesekali coba dech plesiran ke kawasan Kabupaten Indragiri Hilir ini.

Keren coy!

9. Menjelajah Pulau Burung di Indragiri Hilir


wisata-di-indragiri-hilir
Agrowisata Perkebunan Kelapa Inhil | Instagram/dodeikhandoko

...Laut? Sepetinya Keren nich!

Kalau bicara dengan pulau yang di kelilingi lautan pasti langsung terbayang bagaimana indahnya wisata di tempat ini.

Orang lokal menyebutnya dengan nama Pulau Burung,

Eeeet, bukan burung hantu ya, apalagi burung yang lainnya!

Di kawasan ini memiliki satu agrowisata yang cukup luas yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir. Jadi kawasan ini memiliki perkebunan kelapa yang sangat luas.

Selain spot Agrowisata kamu juga bisa menyalurkan hobi mancing kamu di kanal Tambaksono, banyak ikan air tawarnya lho!

Coba dech!

10. Melihat Langsung Agrowisata di Indragiri Hilir

 
wisata-di-idragiri-hilir
Berburu Wisata Agrowisata di Inhil | Instagram/eeprian

...selanjutnya ada Agrowisata Inhil,

Agrowisata ini berkaitan dengan perkebunan dan pertanian penduduk yang ada di Indragiri Hilir.

Nah, di kawasan Agrowisata ini akan banyak kamu temukan hamparan luas ladang padi penduduk dan kawasan perkebunan yang luas. Jadi, kalau kawasan perkebunan ini bervariasi jenis tanamannya. Misalnya Perkebunan Kelapa Rakyat, Perkebunan Kelapa Hibrida, Perkebunan Nenas dan perkebunan tanaman keras lainnya,

...Ini perkebunan penduduk sebenarnya, bukan sengaja di tanam untuk wisata! Hanya kebetulan di programkan pemerintah sebagai bentuk pariwisata yang berbasis kerakyatan.

Pemerintah Daerah Inhil Keren nich!

Jadi program agrowisata di Kabupaten Indragiri Hilir ini dilaksanakan hampir di seluruh desa di wilayah Indragiri Hilir.

Jika kamu tertarik untuk berkunjung ke agrowisata ini maka salah satu lokasi yang bisa kamu kunjungi berada di Pulau Burung. Di kawasan ini terdapat Perkebunan Kelapa Hibrida dan Perkebunan Nenas, juga terdapat hamparan luas lahan gambut yang berada di sekitaran kawasan Pulau Burung ini.

...Dan hal yang menarik lagi,

Hasil-hasil dari perkebunan di Agrowisata ini kemudian di oleh untuk menjadi produk industri seperti santan kelapa, tepung kelapa, air kelapa, nenas kaleng dan masih banyak lagi.

Ini kan sangat luar biasa!

11. Menikmati suasana di Event Wisata Menongkah Indragiri Hilir


wisata-di-indragiri-hilir
Event Manongkah Inhil | Img: Dirjen Kebudayaan

Event ini dilaksanakan dalam format Festival Manongkah.

Sebenarnya event ini adalah sebuah tradisi unik dari Suku Duano. Jadi, tradisi Manongkah ini oleh masyarakat Suku Duano atau yang dikenal juga dengan nama Suku Laut merupakan tradisi peninggalah leluhur mereka terdahulu. Tradisi dulu memang sebagai aktifitas ruti mereka untuk mencari kerang dihamparan lumpur dengan menggunakan papan tongkah.

...Nah, kalau sekarang kegiatan ini dijadikan sebagai warisan budaya yang ada di Kabupaten Inhil ini.

Menongkah biasa juga disebut Mudflats Surfing  atau berselancar diatas pantai lumpur.

Peralatan yang mereka gunakan juga cukup sederhana. Ada sebilah papan dan kemudian meluncur di atas lumpur. Mereka akan mencari kerang didalam lumpur dengan menggunan papan tersebut.

Sebuah tradisi yang unik dan menjadi nilai jual pariwisata di Kabupaten Indragiri Hilir.

...Yakin nggak mau menyaksikan tradisi Manongkah ini?

Seru lho!

12. Lost in Hutan Mangrove Mandah Indragiri Hilir

 
wisata-di-inhil
Hutan Mangrove Inhil | Img: DetikTravel
...Memang sebenarnya kawasan yang ada di Inhil ini banyak daerah pesisir, selain itu juga terdapat banyak sungai. Itulah sebabnya di gelar sebagai Kota Seribu Jembatan.

Untuk kawasan pesisir seperti Inhil, wisata mangrove wajib hukumnya ada. Karena di pesisir kawasan yang ada di Indragiri Hilir ini banyak di tumbuhi mangrove, sangat sayang kalau tidak di kembangkan menjadi spot wisata yang menarik.

...Masyarakat dan Pemda Indragiri Hilir sangat peka dengan kondisi!

Mereka buka lagi dalam tahap perencanaan, sudah action kok! Inilah kawasan Wisata Hutan Mangrove Manda Inhil.

Sangat Indah!

Dengan kondisi mangrove yang bagus dan rindang, membuat tempat wisata yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri terhadap pengunjung yang datang. Suasana sejuk yang di tawarkannya sangat mendamaikan hati.

Kawasan Hutan mangrove Mandah ini berada di Pulau Cawan, Kecamatan Mandah, Kab Inhil. Pulau ini berlokasi di semenanjung pantai timur Sumatera. Nah, jika kamu penunjung dari Luar Riau dan transit di Pekanbaru maka perjalanan dari Kota Pekanbaru menuju Kabupaten Indragiri Hilir memakan waktu sekitar 8 jam.

...Lumayan jauh juga!

Namun, jangan khawatir! Semua lelah mu akan terbayarkan setelah melihat indahnya Wisata Mangrove Mandah ini.

Oh ya, sedikit informasi tambahan!

Dari pusat perkotaan Tembilahan (Ibukota Kab. Inhil) masih melanjutkan perjalanan menuju lokasi wisata mangrove ini. Kamu akan menggunakan Kapal Motor dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit.

Perjalan kali ini keren guys!

Layaknya kamu sedang melakukan trip sperti dalam film anaconda yang menelusuri sungai, sedangkan disini kamu akan menelusuri selat.

I believe, it will be a great trip!

13. Bersantai di Wisata Telaga Mablu Indragiri Hilir


Wisata Telaga Mablu Indragiri Hilir
Telaga Mablu Inhil | Image: Ifanobi

Selain wisata Mangrove tadi, masih ada tempat menarik lainnya.

...yang satu ini bernama Telaga Mablu,

Suasana yang dimiliki Telaga Mablu ini cukup tenang. Sepetinya kawasan ini baik untuk kamu yang sedang mencari keheningan alam. Berpadu dengan indahnya alam, berbisik dengan keheningan dan keindahan telaga Mablu.

Kondisi ini membuat banyak pengunjung ini berdiam diri lebih lama lagi di Telaga Mablu ini.

Sepertinya mereka betah dengan keheningan di Telaga Mablu. Why not!

14. Wisata Kampoeng Milenial, Tren Terkini Anak Muda di Indragiri Hilir

 
wisata-indragiri-hilir
Suasana Kamupung Milenial | Image: Transmediariau

...Untuk yang satu ini lebih cenderung mengarah pada wisata kuliner yang ada di Indragiri Hilir. Di Kampung Millenial ini akan banyak kamu temukan kuliner-kuliner lezah bikinan masyarakat Indragiri Hilir, khususnya yang ada di perkotaan Tembilahan.

Menarik nich! Kalau dengar makan saya jadi semangat nich!

Selain kulineran, kamu juga bisa datang bersama keluarga untuk menikmati suasana dan keramaian di Kampung Millenial ini.

Ada banya fasilitas pendukung lho!

...Misalnya,

Ada permainan games edukasi, spot tempat photo, rumah pohon serta yang tak kalah pentingnya ada taman bacanya.

Bagi yang suka dengan suasan camp, di sini tempat kamu! Karena di Kampung milenial ini ada sauasan camp yang lengkap dengan tenda, lazy bag, hamock serta nesting. Cocok banget dech buat kamu yang suka dengan nuansa camping.

Pas saya tanya, pembuatan area ini atas ide siapa sich?

Jawaban yang mengejutkan, Lihat aja dari suasananya? Kekinian banget!

Pasti anak mudah lah, tangkasnya!

Ternyata, wisata Kampung Milenial ini di rintis oleh sekelompok anak muda yang ikut berkontribusi ikut membantu membuka seluas-luasnya lapangan pekerjaan di Tembilahan.

...Salut dech!

Jadi, kamu harus melihat nich hasil karya anak muda!

15. Wisata Kampoeng Selfie, Objek wisata kekinian di Inhil


wisata-indragiri-hilir
Kampoeng Selfie Tembilahan | Img: Inhilklik

Jika tadi ada kelompok pemuda yang bergegas mendirikan Kampung Millenial, sekarang ada Kampoeng Selfie. Lokasinya berada di tengah kota tepat di Jalan Datuk Bandar, Kota Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir. Keberadaan spot selfie ini lumayan menarik perhatian warga.

...Terutama anak muda pastinya!

Idenya sederhana banget, namun memberikan manfaat yang luarbiasa. Ada nuansa yang berbeda di Kampoeng Selfie ini, pengunjung datang dan take a photo!

Ada nilai kreatifitas!

Nuansa kreatifitas dalam berbagai lukisan ini memberikan nilai tersendiri bagi pengunjung yang datang, bahkan mereka ada yang datang dari luar Tembilahan. ini artinya tempat ini sangat menarik.

Kampoeng Selfie ini memang sengaja di bentuk pemerintah yang merupakan bagian dari program Bantuan Dana Investasi (BDI) Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia yang direalisasikan melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman.

Artinya, spot wisata hadir dan kampung kumuh pun hilang! Konsep yang keren banget

Objek Wisata Akhir pekan, Piknik di Kebun Jeruk di Pulau Palas

...Akhir pekan atau musim liburan datang,

satu tempat yang sangat recommended buat kamu yang ingin liburan bersama keluarga.

Lokasinya di Pulau Palas. Di sana ada objek wisata berpiknik di Kebun Jeruk, kawasan ini berdekatan dengan Sungai Sirih. Jadi, ada terdapat sekitar ratusan pohon jeruk yang ditanam diatas tanah putih bercampur tanah gambut,

...Dan menariknya, pohon jeruk ini memiliki buah yang lebat banget.

Memang sebelumnya, tempat ini merupakan perkebunan biasa. Namun, peluang menjadi petonsi wisata cukup menggiurkan dan kemudia di konsep untuk menjadi kawasan wisata kebun jeruk. Mungkin sama konsepnya dengan Wisata Kebun Apel yang ada di Malang, kurang lebih seperti itu.

Lokasi objek wisata ini juga mudah untuk dijangkau. Untuk sampai ke obyek wisata kebun jeruk ini cukup dibutuhkan waktu perjalanan yang tidak lama dari pusat Jalan Lintas Rengat. Jika kamu menggunakan Roda Dua maka kamu bisa lansung masuk ketempat wisata kebun jeruk tersebut. sedangkan untuk untuk Roda Empat hanya bisa berjalan kaki menuju kekebun tersebut.

 
16. Event Bersepeda Menyusuri Rawa di Pulau Cawan Inhil

 
Event Bersepeda Menyusuri Rawa di Pulau Cawan Inhil
Wisata Sepeda di Pulau Cawan | Img: RacoonBuzz
Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau,  selanjutnya secara serius mengembangkan potensi ekowisata di Pulau Cawan dengan menggelar kegiatan wisata bersepeda Jelajah Ekowisata Solop (JES) 2019 yang lalu.

...Sepertinya ini akan menjadi hal yang menarik.

Berolahraga dan menikmati indahnya panorama di pantai Solop.

Dalam bersepeda ini, mereka ditantang untuk menaklukkan lintasan dataran rawa gambut.

Lintasan ini memiliki panjang sekitar 12 kilometer di dekat kawasan Ekowisata Pulau Cawan, Kecamatan Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir.

Jadi dalam satu lokasi ada beberapa hal yang bisa di nikmati, mulai dari Pantai Solop, Hutan Mangrove dan berepeda menyusuri dataran rawa.

Emmm, Inhil bakalan jadi tujuan wisata yang keren nich!

Nah, ada sekian banyak hal yang bisa kamu lakukan kala travelling atau sekedar berlibur di Kabupaten Indragiri Hilir ini. Pilih, tempat wisata mana yang menurut kamu sesuai dengan hobi kamu. Buat list nya dulu, daaaaan meluncur ke Inhil!

Have nice trip guys!

0 Response to "16 Tempat Wisata di Indragiri Hilir Paling Mantap dan Populer, Coba Dech Trip ke sini!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel