Wisata Air Terjun Batang Kapas, Bukti Riau Punya Surga yang Indah dan Mempesona

wisata-air-terjun-batang-kapas-riau
Wisata Alam Air Terjun Batang Kapas | Img: Travelingyuk

RiauOnline.id, Wisata Riau -- Kawasan Wisata Air Terjun Batang Kapas ini merupakan kawasan yang direncanakan untuk menjadi Wisata Utama di Riau dengan status menjadi air terjun yang tertinggi di Sumatera bagian tengah, Kawasan ini memiliki ketinggian sekitar 150 meter.

Air Terjun lainnya di Riau: Senandung Indah Air Terjun Guruh Gemurai, Wisata Epic di Kabupaten Kuantan Sengingi Riau

Wisata Air Terjun Batang Kapas merupakan salah satu air terjun yang terletak di Desa Lubuk Bigau, Kenagarian Pangkalan Kapas, Kampar kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Keindahaan lokasi Air Terjun Batang Kapas sangan spektakuler dengan kondisi air yang bergemuruh jatuh dari ketinggian yang sangat indah.

…Oh ya, 

Sebenarnya nama air terjun ini memiliki sebutan lain selain Air Terjun Batang Kapas, sebagian orang juga menyebutnya dengan nama Air Terjun Lubuk Bigau. Jadi, kedua nama itu mengacu pada satu tempat yang sama hanya sebutannya saja yang berbeda yaitu sebuah tempat yang indah dengan pemandangan alam lepasnya.

Guys,

Kawasan, selain pemandangan air terjun yang indah dan mempesona, ternyata lokasi disekeliling air terjun batang kapas ini juga memiliki hutan yang masih alami dan rimbun. Sesampainya kamu di lokasi ini maka mata kamu akan dimanjakan oleh pemandangan hijau di sekeliling Air Terjun Batang Kapas ini,

So, jangan bawa tangan usil kamu ya!

Lokasi dan Cara Menuju Lokasi Air Terjun Batang Kapas


Nah, sesuai dengan namanya Air Terjung Batang Kapas ini di ambil dari nama desa lokasi semula air terjun ini. Sebelu di mekarkan menjadi dua desa, Air Terjun ini terletak di Desa Batang Kapa yang kemudian daerah ini terjadi pemekaran menjadi Kenegerian Pangkalan Kapas.

Secara mendetail lagi, lokasi Air Terjun Batang Kapas ini berada di wilayah Desa Lubuk Bigau, Kenegerian Pangkalan Kapas, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Lokasinya masih berada di tengah hutan, diperlukan sedikit usaha keras untuk mencapai lokasi Air Terjun Batang Kapas ini.

Dengan kondisi hutan yang masih rimbun, kamu tidak dapt memakai kenderaah kamu hingga ke tepi lokasi Air Terjun batang Kapas ini. Dibutuhkan sedikit usaha dengan melewati jalan setapak yang berada di tengah hutan untuk mencapai lokasi inti air terjun tersebut.

Nah, jika diKoordinatkan maka letak dan posisi Air Terjun Batang Kapas berada pada 0°02’8,96° Selatan, 100°46’16,57° Timur, dengan Latitude : -0.035556, Longitude : 100.771111. Hanya berjarak sekitar 1,3 km dari garis batas Provinsi Riau dengan Provinsi Sumatera Barat

…So, bagaimana rute menuju ke lokasi Air Terjun Batang Kapas ini?

Jadi, Jika kamu yang dari luar daerah maka kamu bisa mengakses jalur dari Kota Pekanbaru Pekanbaru – Desa Lipat Kain – Lubuk Bigau dan jalur Pekanbaru – Sumatera Barat (Simpang Taram) – Bulu Kasok – Lubuk Bigau.

Perhatikan beberapa jalur yang bisa kamu tempuh untuk sampai ke lokasi Air Terjun Batang Kapas ini,

Pada Jalur pertama atau jalur Sumatera Barat 

Pada jalur pertama ini maka kamu akan menlewati Pekanbaru – Bangkinang menuju arah Sumatera Barat – Kabupaten Lima Puluh Kota – Tanjung Pati - Simpang Taram belok ke kiri – Desa Buluh Kasok – Desa Kebun Tinggi - Desa Tanjung Permai - Desa Lubuk Bigau.

Nahmu, jika kamu sedang menggunakan kendaraan roda 4 harap mencari informasi terlebih dahulu sebelum memacu kenderaan kamu. Karena daerah ini juga termasuk daerah yang rawan dengan longsor

Selain jalur pertama tadi, kamu dapat juga menggunakan jalur alternatif Sumatera Barat (tidak disarankan untuk pemula off-roader), pada jalur kali ini kamu akan melintasi Pekanbaru – Bangkinang menuju arah Sumatera Barat – Kabupaten Lima Puluh Kota – Pangkalan Koto Baru belok ke kiri – Desa IV/IX Koto Setingkai belok kanan – Desa Deras Tajak – Desa Batu Sasak - Desa Lubuk Bigau.

Jadi pada jalur kedua kamu harus sedikit berhati-hati. Hal ini di karenakan kondisi jalan sangat berat, sehingga kamu diharapkan untuk membawa driver dengan medan yang ektrem.

Pada Jalur kedua atau jalur Riau

Jika kamu memakai jalur kedua ini maka kamu akan melintasi beberapa kawasan mulai dari Pekanbaru – Desa Lipat Kain – Simpang Rakit Gadang - Belok ke kanan ke arah Desa Gema – Belok ke kanan arah Pangkalan Kapas (jika ke kiri akan menuju Desa Gema) – Desa IV/IX Koto Setingkai belok ke kiri – Desa Deras Tajak – Desa Batu Sasak – Desa Lubuk Bigau.

Untuk jarak tempuh itu sendiri, dari Pekanbaru menuju Lipat Kain memiliki jarak sekitar 71 km dengan kondisi jalan beraspal. Dari Lipat Kain menuju Batu Sasak berjarak sekitar  51 km dengan kondisi jalan sebagian beraspal dan sebagiannya berkondisi beton.

Selanjutnya, dari Batu Sasak menuju Lubuk Bigau berjarak sekitar 13 km dengan kondisi jalan tanah. Dan yang terakhir, dari Lubuk Bigau menuju Air Terjun Batang Kapas berjarak 4-5 km, ini merupak perjalanan yang akan menghipnotis mata kamu.

Melintasi  jalan semenisasi  dan jalan setapak di hutan, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan hutan yang masih indah.

Tips dan Saran untuk Pengunjung Air Terjun Batang Kapas


Jadi, agar perjalanan kamu tidak terhambat oleh hal-hal sepele maka kamu haru mempersiapkan segala sesuatu yang kamu perlukan. Selain itu kamu juga harus memperhatikan beberapa hal agar perjalanan kamu selalu lancar dan mengesankan.

Pertama, jika kamu menggunakan kerandaan jenis sepeda motor maka kamu harus pastikan kondisi sepeda motor kamu baik. Perhatikan segala sesuatu dari sepeda motor kamu mulai dair oli, kondisi ban, rantai, hingga hal-hal lainnya. Jangan lupa untuk membawa ban serap/cadangan dan dalam kondisi bagus, hal ini untuk menjaga ditengah perjalan kamu terjadi sesuatu terhadap ban sepeda motor kamu.

Kedua, Sama halnya dengan sepeda motor tadi, jika kamu menggunakan mobil maka peralatan mobil wajib dibawa seperti dongkrak dan peralatan lainnya, jangan sampai di tengah jalan ban bocor tapi kamu lupa memasukkan ban cadangan, bisa apes  dech kamu di jalan.

Ketiga, Jangan lupa untuk mempersiapkan konsumsi kamu selam di perjalanan. Jangan lupa untuk mempersiapkan perbekalan ringan seperti air minum dan makanan kecil selam di kendaraan. Hal ini akan lebih mempermudah kamu saat haus ditengah jalan dan posisi tempat belanja masih jauh.

Keempat, jangan lupa untuk menyiapkan peralatan P3K, hal ini terlihat sepele namu sangat bermanfaat dalam sebuah perjalanan, seperti obat merah, kasa, minya angina, dll.

Kelima, Ini pernting! Jangan buang sampah sembarangan, biasakanlah diri kamu untuyk membuang sampah pada tempatnya. Kamu ingin menikmati keindahaan namun setelah kamu nikmati malah kamu buang sampah sembarangan.

Kelima, Kondisikan diri kamu agar jangan tidur atau mabuk selama perjalanan menuju ke lokasi, karena kamu akan rugi jika melewatkan pemandangan-pemandangan indah, banyak pemandangan yang bisa kamu nikmati saat sebelum kamu mencapai Desa Lubuk Bigau dan Lokasi Air Terjun Batang Kapas yang terindah dan tertinggi di Riau ini.

So, nikmati perjalan kamu selama menuju ke Air Terjun Batang. Ini akan menjadi perjalan yang indah selama menuju ke Air Terjun Batang Kapas. Abadikan setiap momen indah selama perjalanan kamu!

…Have fun with your journey!

0 Response to "Wisata Air Terjun Batang Kapas, Bukti Riau Punya Surga yang Indah dan Mempesona"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel