Situs Candi Muara Takus: Menelusuri Sejarah dan Belajar Peradaban Budha di Provinsi Riau

Candi Muara Takus
Situs Budaya Candi Muara Takus | Kabupaten Kampar

RiauOnline.id, Wisata Riau -- Nah, kali ini kita akan sedikit mengupas tentang wisata sejarah yang ada di Provinsi Riau yaitu Situs Candi Muara Takus. Situs sejarah Candi Muara Takus merupakan peninggalan sejarah zaman kerajaan yang pernah berkuasa di Pulau Sumatera.

...Ingat,

Situs Candi Muara Takus pernah kamu dengar kan saat masih sekolah?

Kalau dulu kamu sering mendengarkan guru sejarah menjelaskan tentang peradaban Kerajaan Sriwijaya yang ada di Pulau Sumatra pasti beliau juga pernah menjelaskan tentang peninggal bersejarah ini.

Bener nggak?

Jadi, ini bisa masuk ke dalam list travelling kamu untuk menelusuri secara langsung bagaimana dan dimana keberadaan Candi Muara Takus ini. Untuk melihat sekaligus membuktikan apa yang pernah Guru Sejarah di sekolah sampaikan.

Bukan berarti lho nggak percaya sama guru sejarah!

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak beberapa informasi berikut ini sebagai bahan referensi kamu sebelum nge-Trip ke Situs Candi Muara Takus ini.

...Yuk kita mulai dari yang pertama:

1. Sekilas Info Situs Sejarah Candi Muara Takus


Candi Muara Takus

...Situs Candi Muara Takus,

Pada bagian ini, saya nggak terlalu menjelaskan secara mendetail ya! Jadi, informasi umum yang perlu kamu ketahui seputar Candi Muara Takus ini.

Lanjut,

Jadi, Candi yang satu ini merupakan sebuah peninggalan sejarah berupa candi Buddha yang terletak di desa Muara Takus,

...Lho, ternyata nama candi ini sama dengan nama desa yang ada di sana!

Nah, secara administratif masuk Kecamatan XIII Koto, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Jadi, sebenarnya keberadaan situs ini masih dalam penelitian lebih lanjut oleh para pakar sejarah terkait siapa yang pertama kali membangun candi yang indah ini.

...Bukan Kerajaan Sriwijaya?

Ada yang berpendapat demikian, namun ada juga yang mengatak bahwa pada masa kejayaan Kerajaan Sriwijaya candi ini udah ada.

Hal itu lah yang menyebabkan para pakar mencari kejelasan tentang siapa sebenarnya yang membangun candi Muara Takus ini.

...Yahh!!! para pakar lebih tau sih,

Terlepas dari siapa pertama membangun situs bersejarah ini, Candi Muara takus tetap memberikan nuansa sejarah yang sangat unik dan bisa kita bilang sebagai Mahakarya yang sangat luar biasa, setiap yang mengunjunginya akan dibuat terkagum oleh karya leluhur kita dimasa kerajaan tempo dulu.

...Pasti akan terkagum!

Banyangkan,

Kala zaman belum secanggih sekarang ini sudah ada bangunan seunik itu. Kalau sekarang mah gampang, mau bangun tinggal beli semen, beli pasir, beli krikir dan cari tukang bila perlu sewa jasa arsitektur ternama, jadi dech!

Benar nggak?

Namun, kala itu tak sama dengan zaman sekarang ini. Dengan bahan bangunan sesuai dengan zaman itu dan hanya berlandaskan pasa imajinasi sang Raja yang ingin membangun sesuatu, kemudian memerintah para ahli bangunan yang ada di kerajaan, maka jadilah banguna tersebut.

...coba saksikan,

Bagaimana Kondisi Situs Sejarah Candi Muara Takus ini dikelilingi oleh bangunan tembok yang berukuran sekitar 74 x 74 meter, dengan ketinggian tembok mencapai ± 80 cm, sedangkan pada bagian luar juga candi terdapa tembok yang terbuat dari tanah dengan ukuran sekitar 1,5 x 1,5 kilometer.

Sangat luarbiasa, sebuah karya yang Indah!

Hal lainnya yang dapat kamu temukan di Candi Muara Takus adalah  beberapa bangunan candi yang disebut dengan Candi sulung /tua, Candi Bungsu, Mahligai Stupa dan Palangka. Candi-candi ini merupakan satu kesatuan yang ada di Situs sejarah yang satu ini.

...Cocok banget bagi kamu pecinta sejarah Nusantara,

Candi Muara Takus

Tak hanya itu, kondisi candi yang terawat bisa memberikan sebuah keyakinan terhadap siapa saja yang berkunjung akan eksistensi kerajaan-kerajaan zaman dulu. Mungkin kita hanya mendengar cerita dari guru-guru sejarah kita.

Nah, dengan travelling ke sini maka bisa melihat langsung dalam bentuk bangunan yang masih sama persis dengan bentuk semula.

Masih dengan pertanyaan yang  sama, Sejak kapan candi Muara Takus di bangun?

Nah, hal ini masih menjadi sebuah pertanyaan besar dalam kalangan peneliti sejarah. Mereka hanya bisa berasumsi namun tidak dapat mengatakan kepastian sejak kapan candi muara takus itu berdiri.

Jadi, biar pakar sejarah aja yang memikirkan ini, kalau kita nggak akan menjangkau histori dari candi ini.

...Selanjutnya,

Ada yang mengatakan bahwa Candi Muara Takus dibangun pada abad ke 4, ada yang mengatakan pada abad ke 7, abad ke 9 bahkan ada juga yang berpendapat dibangun pada abad ke 11. Namun yang menjadi pasti bahwa Candi Muara Takus ini sudah ada sejak zaman kejayaan dari Kerajaan Sriwijaya yang pernah menguasai hapir seluruh kawasan Pulau Sumatera.

Ntahlah, sejak abad keberapa pastinya!

Yang jelas kita bisa menikmati indahnya Mahakarya dari sebuah peradaban sejara Nusantara ini. So, tugas kita menjaga dan merawatnya dengan baik.

Itu aja kok!

Pada pembahasan selanjutnya kita akan membahas tentang:

2. Lokasi Situs Sejarah Candi Muara Takus


Candi Muara Takus

Menjadikan Situs Candi Muara Takus sebagai tempat kunjungan dan travelling sejarah kamu merupakan hal yang wajib, mestinya kamu sudah masukkan nama Candi Muara Takus dalam list daerah yang akan kamu kunjungi.

...jadi,

Sebelum masuk ke lis travelling kamu, harus tau dulu dong lokasi candi muara takus ada di mana?

Jangan main tulis-tulis aja, iya kan!

Sebagai referensi dan informasi tentang Candi Muara Takus ini berlokasi di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau - Indonesia. Letaknya sekitar 135 km dari pusat ibukota Provinsi Riau, Pekanbaru.

...Ternyata jauh juga dari Pekanbaru!

Untuk mencapai atau menuju ke daerah Candi Muara Takus sangat mudah. Kamu bisa menggunakan Public Transportation atau menyewa mobil di area Pekanbaru (jika kamu datang dari luar daerah dan menggunakan pesawan tujuan Pekanbaru).

Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak beberapa informasi penting berikut ini:

3. Rute dan Cara Menuju Lokasi Situs Sejarah Candi Muara Takus


rute-menuju-candi-muara-takus

Berlokasi tepatnya di Desa Muara Takus, Kabupaten Kampar, Riau. Memang agak jauh dari pusa kota Pekanbaru. Kamu membutuhkan waktu sekitar 3 atau 4 jam perjalanan menuju kawasan Candi Muara Takus ini.

Nah, nama Candi dan nama desanya Sama!

...Desa Muara Takus.

Jadi, Desa Muara Takus ini berada di Kecamatan  XIII Koto Kampar. Kecamayan ini masuk dalam wilayah Kabupaten Kampar, Riau.

...sekitar 135 kilometer dari Pekanbaru,

Lumayan jauh juga yah,

Karena lokasi candi Muara Takus ini jadu dari Pekanbaru maka kamu harus pandai-pandai menyisihkan banyak waktu bila ingin berkunjung. Kamu juga butuh waktu kurang lebih tiga hingga empat jam dari Pekanbaru untuk sampai ke Candi Muara Takus.

..Capek, pasti!

Ussh, kalau taku capek nggak usah travelling! Mending diam di rumah sambil pegang remote TV.

Berikut ini Rute menuju Candi Muara Takus, bisa dari Pekanbaru dan bisa juga dari Sumatera Barat atau Padang,


  • Rute Menuju Candi Muara Takus Dari Pekanbaru,


Jadi rute perjalanannya akan seperti ini dari Kota Pekanbaru kamu akan menuju Kota Bangkinang (Pusat kota Kab. Kampar) dengan jarak sekitar 60 km, kemudian dari Kota Bangkinang kamu akan menuju daerah bernama Kota Kuok dengan jarak sekitar 12 km,

...dari Kota Kuok melanjutkan perjalanan menuju Simpang Tiga Batu Bersurat yang berjarak sekitar 28 km lalu kemudian dari Simpang Tiga Batu Bersurat kamu akan meneruskan perjalanan menuju desa terakhir yaitu Desa Muara Takus 15 km. Dan pada akhirnya dari Desa Muara Takus kamu bisa langsung menuju lokasi situs bersejarah Candi Muara Takus yang berjarak 3 km

...wow!

sepertinya akan keren perjalanan kamu untuk kali ini,

Bayangin aja tuh, ada berapa kawasan yang akan kamu lewati.

Namu kamu perlu membuat perkiraan dan estimasi waktu perjalanan kamu. Mengingat ini merupakan perjalan yang tergolong jauh maka kamu harus mengatur timing yang tepat. Usahakan dalam planning kamu agar sampai ke Candi Muara Takus ini pada pagi hari.

...jangan nggak pakai planning ya!

Kamu bisa memulai perjalanan subuh atau mencari penginapan di areal terdekat dengan Desa Muara Takus ini. Karena jika kamu sampai pagi hari, kamu akan mendapatkan pemandangan yang sangat indah, sedang kan pada siang akan sangat panas dengan kondisi trik matahari musim kemarau dan jika sampai sore maka waktu kamu sangat terbatas untuk berada di Candi Muara Takus ini.

Trus, untuk rute yang kedua berikut ini,


  • Rute Menuju Candi Muara Takus Dari Sumatera Barat,


Jadi sebenarnya kamu juga dapat mengunjungi Candi Muara Takus ini dengan memakai rute perjalanan dari Provinsi Sumatera Barat. Karena persimpangan menuju Desa Muara Takus itu berada di Lintas Pekanbaru - Padang. Namun jarak tempuhnya agak sedikit jauh bila dibandingkan dengan rute dari pekan baru. Jarak tempuhnya mencapai 230 km, 

...Duh!!! Jauh banget kan,

Jadi jika dari Kota Padang maka rute kamu akan menuju Kota Padang Panjang yang berjarak sekitar 68 km, selanjutnya, dari Kota Padang Panjang kamu akan menuju ke daerah Kota Bukittinggi dengan jarak tempuh sekitar 22 km,

perjalanan dari Kota Bukittinggi akan dilanjutkan menuju Kota Payakumbuh dengan jarak sekitar 33 km, selanjutnya dari Kota Payakumbuh akan menuju Simpang Tiga Batu Bersurat dengan jarak sekitar 90 km, dari Simpang Tiga Batu Bersurat barulah kamu akan menuju Desa Muara Takus yang berjarak sekitar 15 km dan Desa Muara Takus kamu dapat menuju lokasi tempat Candi Muara Takus berada dengan jarak sekitar 3 km.

...Sepertinya tak kalah kerennya pada rute yang kedua ini,

4. Peta Lokasi Situs Sejarah Candi Muara Takus

Berikut ini adalah peta lokasi dari Wisata Sejarah Situs Candi Muara Takus yang terletak di Desa Muara Takus di Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

...Begini,

Buka smartphone kamu,

Trus kamu bisa searching di google map dan lihat lokasi Candi Muara Takus di Kampar, kelihatan kok!

Jangan jadul dech lho, era udah modern kok masih nyari peta yang ditempel didinding sekolah. Nah, hasil pencarian di google map akan kelihat lebih kurang seperti yang dibawah ini.

...Atau bisa langsung klik di halaman peta yang dibawa ini,

 



5. Angkutan Umum Ke Situs Sejarah Candi Muara Takus


Candi Muara Takus

..Nah,

Untuk urusan yang satu ini hanya perkiraan ya...

Takutnya ada perubahaan, kadang juga informasi yang kurang akurat. Namun ini dibuat dan bersumber dari sumber yang akurat.

Kalau masih nggak yakin, bisa buka site pemerintah daerah Kabupaten Kampar.

Pasti ketemu kok, atau kamu langsung masuk ke website Dinas Perhubungannya. Kalau ada kontak atau nomor WA bisa kamu hubungi secara langsung.

...Itu aja kok ribet!

Cuman, saat ini sebenarnya telah sedia Bis Damri dari Bandara Sultan Syarif Kasim menuju ke Bangkinang, Kampar. Tersedia dua unit bus medium berAC dengan kapasitas 18 tempat duduk/seat, Untuk tarif yang menggunakan moda transportasi ini Rp. 35.000,- untuk umum.

Nah, sedangkan untuk angkutan Superben dengan rute dari Bangkinang menuju Kota Pekanbaru atau sebaliknya dikenakan tarif sebesar .... (sesuaikan dengan tarif yang terkini)

Begini deh,

setelah ketemu sama angkutannya, sebaiknya kamu tanya dulu mengenai tarifnya.

Kalau nggak malu dan bisa di tawar, coba aja di tawar? Sapa tau bisa.

6. Harga Tiket Situs Sejarah Candi Muara Takus


Nah, untuk informasi tiket yang saya dapatkan untuk dapat masuk ke area Candi Muara Takus adalah kisaran Rp. 15.000,-, Namun ada baiknya kamu memastika terlebih dahulu apakah harga berubah atau tetap seperti itu.

Pada beberapa tempat wisata biasanya menggunakan sistem weekdaay dan weekend. Dan harganya bisa berbeda. Weekday berarti dari hari senin-Jum'at sedangkan Weekend hanya hari sabtu dan minggu.

7. Tips Berkunjung Situs Sejarah Candi Muara Takus


Candi Muara Takus

Berkunjung ke daerah situs sejarah harus memperhatikan hal-hal yang dapat merusak cagar budaya yang tak ternilai harganya itu. Jangan sampai kunjunga wisata kamu menjadi tidak ramah terhadap lingkungan.

...Be Smart Traveler...


Ada beberapa catatan yang harus kamu persiapkan sebelum melakukan perjalanan menuju Candi Muara Takus:

Pertama, seperti yang saya sampaikan sebelumnya! Posisikan diri kamu agar sampai ke Candi Muara Takus saaat masih pagi. Hal ini juga akan berpengaruh pada kenyamanan kamu saat berada di Candi Muara Takus. Jika Sian hari, dikhawatirkan cuaca akan panas. Sedangkan jika kamu ddatang pada sore hari maka kamu sepertinya akan terburu oleh waktu.

...Sampai pagi,

Kan bisa puas kamu disana! Mau lihat ini, mau lihat itu dan bisa eksplor lebih dalam lagi.

Trus kalau datangnya udah kesorean, belum apa-apa juga hari udah gelap. Kebanyang aja kan kamu harus buru-buru buat persiapan pulang, pedahal baru nyampai.

Emang mau nginap di Candi, nggak kan?

Kedua, Jaga tangan kamu! Jangan bawa kebiasaan jahil kamu dengan mencoret-coret area wisata Candi Muara Takus ini.

Ini adalah situs sejarah yang sangat tak ternilai harganya, kamu tak boleh mengotori tembok-tembok sekitaran Candi Muara Takus ini.

Ingat nggak tragedi di Gunung Rinjani?

Tuh, ada yang mencoba buat suasana jadi romantis! Tapi yang mereka petik itu bunga edelweis, Waduh! jangan sampai seperti ini dech, apalagi sampai coret-coret dinding candi.

Kan sayang banget! situs sejarah dan udah jadi barang langka malah kamu coret-coret.

Ketiga, sebelum berangkat maka kamu harus gali terlebih dahulu informasi-informasi seputar candi muara takus agar saat berada di lokasi candi kamu memiliki pandangan tentang sejarah Candi Muara Takus ini.

Ada yang bilang,

The Best Plan is No Plan

"Rencana terbaik adalah tidak ada rencana". Ini logika apa ya! Rencana terbaik itu tidak ada rencana.

Saya tidak sarankan moto hidup ini kamu pakai saat akan pergi ke candi Muara Takus ini. The Best Plan is buat rencana matang-matang.

Ntar kalau nyasar gimana?

kamu juga kan yang ribet.

Dan yang terakhir, perhatikan segala persiapan perjalan kamu. Ingat, ini bukan perjalanan yang singkat, apalagi kamu yang dari luar daerah. Kamu harus tetap mengkondisikan tiket penerbangan kamu murah, transportasi-transportasi yang kamu gunakan juga sudah kamu pahami.

Bila perlu lakukan komunikasi sebelum hari keberangkatan kamu. Pastikan hari apa mereka harus siap untuk menjemput kamu.

Lah, tak terasa hingga di ujung tulisan saya. Satu kalimat buat kalian yang akan travelling ke sini
.....Enjoy Your Trip,

0 Response to "Situs Candi Muara Takus: Menelusuri Sejarah dan Belajar Peradaban Budha di Provinsi Riau"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel