20 Tempat Wisata Pekanbaru Paling Populer yang Harus Kamu Kunjungi Saat Weekend

RiauOnline.id, Wisata Riau -- Pernah berlibur di Pekanbaru? Ternyata, ada banyak tempat wisata Pekanbaru, mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah. Tempat-temppat ini sangat menarik untuk di telusuri lho!

Oh iya,

Pekanbaru adalah ibukota dari Provinsi Riau. Menjadi Pusat Pemerintahan dan sekaligus menjadi pusat bisnis dan perdagangan menjadikan Kota Pekanbaru salah satu kota maju di Sumatera. Jadi, jika kamu berkunjung ke Pekanbaru akan melihat mayarakat dari berbagai suku yang hidup secara harmonis di Pekabaru.

...Udah pernah ke Pekanbaru?

Baiklah, sepertinya saya perlu menjelaskan terlebih dahulu tentang Kota Pekanbaru ini,

Letak dan Wilayah Geografis Kota Pekanbaru

Perlu kamu ketahui bahwa Kota Pekanbaru itu terletak di antara 101°14' - 101°34' Bujur Timur dan 0°25' - 0°45' Lintang Utara. Daerah ini memiliki ketinggian dari permukaan laut berkisar 5 - 50 meter. Untuk kondisi di kawasan utara Pekanbaru landai dan bergelombang dengan ketinggian berkisar antara 5 - 11 meter.

Kawasan yang memiliki luas sekitar ± 446,50 Km² memiliki 12 Kecamatan dan 58 Kelurahan/Desa. Sedngkan hasil dari pengukuran oleh BPN Provinsi Riau maka ditetapkan luas wilayah Kota Pekanbaru menjadi 632,26 Km².

Kawasan Kota Pekanbaru ini berbatasan dengan daerah Kabupaten/Kota lainnya:
Sebelah Utara berbatas Kabupaten Siak dan Kabupaten Kampar, Sebelah Selatan berbatas Kabupaten Kampar dan Kabupaten Pelalawan, Sebelah Timur berbatas Kabupaten Siak dan Kabupaten Pelalawan, Sebelah Barat berbatas Kabupaten Kampar.

Kawasana daerah Pekanbaru juga terdapat banyak sungai yang membelah daerah ini, seperti Sungai Umban Sari, Air Hitam, Siban, Setukul, Pengambang, Ukui, Sago, Senapelan, Limau, Tampan dan Sungai Sail. Sedangkan Sungai Siak merupakan jalur lalu lintas masyarakat Pekanbaru dan sekitarnya dalam membangun perekonomian rakyat pedalaman ke kota serta dari daerah lainnya.

Memiliki kawasan seperti ini membuat Kota Pekanbaru menjadi kawasan yang cukup maju. Kawasan ini juga memiliki banyak potensi wisata yang terus di kembangkan.

...Nah, inilah yang akan saya jelaskan pada tulisan kali ini,

Tempat Wisata di Pekanbaru yang sangat populer dan selalu ramai pengunjung:

1. Anjungan Seni Idrus Tintin, Nongkrong Sore dan Menikmati Suasana Senja di Pekanbaru



tempat wisata pekanbaru
Megahnya Anjungan Sei Idrus Tintin Pekanbaru | Photo by @swiss_belin

...Kawasan nongkrong Pekanbaru,

Sebenarnya, Anjungan Seni Idrus Tintin ini mengarah kepada nama sebuah gedung yang sangat artistik yang berada di Bukit Raya, Simpang Tiga Pekanbaru. Gedungnya terlihat sangat bernuansa Melayu.

...Mirip seperti istana kerajaan lho!

Oh ya, kamu bisa baca lebih detai di Anjungan Seni Idrus Tintin Pekanbaru

Jadi, untuk nama gedung ini sendiri di ambil dari nama seorang seniman yang bernama Idrus Tintin. Meski desainnya seperti Istana Kerajaan, namun

Nama dari gedung kesenian ini diambil dari seorang seniman yang bernama Idrus Tintin. Jika kita lihat dari arsitekturnya Anjungan Seni Idrus Tintin ini hampir seperti Istana Kerajaan.

Tetapi gedung ini difungsikan sebagai tempat pagelaran kesenian. Dan bahkan di dalam Anjungan Seni Idrus Tintin terdapat berbagai karya dari seniman-seniman yang di pajang di dalam gedung. Tempat wisata di Riau ini tepatnya berada di Bukit Raya, Simpang Tiga.

2. Wisata Danau Bandar Kayangan, romantisme di Senja Sore Pekanbaru



tempat wisata di pekanbaru
Danau Buatan Pekanbaru | Photo Credit @beritasatu

...Wisata Populer?

Orang Pekanbaru menyebut ini dengan nama 'Danau Buatan'. Nama ini lebih populer di kalangan masyarakat Pekanbaru. Kawasan yang punya pesona menarik ini memang berganti nama menjadi Danau Bandar Kayangan. Hanya saja kebiasaan yang susah untuk di ubah menyebut tempat ini dengan nama lama.

Atau baca informasi lengkapnya di artikel ini Danau Buatan

...jadi,

Jika kamu ke tempat ini maka sebaiknya kamu menyebutnya dengan nama yang biasa masyarakat Pekanbaru kenal. Wisata yang berlokasi tak jauh dari Pekanbaru ini selalu menjadi Lokasi terbaik untuk mereka bersantai.

Terutama kalangan muda mudi,

Oh ya, lokasi Danau Buatan ini tidak jauh dari Kota Pekanbaru. Hanya berjarak 10 kilometer. Jarak ini bisa di tempuh dengan menggunakan sepeda motor ataupun mobil, cukup dekat kok!

Selain memiliki view yang indah, kamu juga dapat bermain dengan perahu kecil di sekitar area Danau Buatan ini. Apalagi kala matahari akan terbenam, kawasan ini akan tampak lebih eksotis pemandangannya.

...Pokoknya keren dech!

3. Wisata Religi Masjid Agung An-Nur, Sucikan Hati dan Bersihkan diri Di Kota Bertuah Pekanbaru



tempat wisata pekanbaru
Indahnya Masjid AN-Nur Pekanbaru | Photo Credit @rizkanovrihidayati

Jika di lihat sekilas maka Masjid Raya Pekanbaru ini mirip Taj Mahal yang ada di India. Dengan kawasan yang sangat luas dan terletak di tengah Kota Pekanbaru membuat Masjid ini menjadi tempat religi terbaik mereka.

Jika sore hari,

Maka akan terlihat masyarakat yang memanfaatkan area halaman Masjid yang sangat luas ini sebagai tempat sekedar bersantai di halamannya.

Nah, jika kamu akan travelling ke Pekanbaru maka kamu bisa menjadikan Masjid An-Nur ini sebagai tempat dan aktifitas religi kamu. Kamu bisa sholat, beribadah dzikir, dan hal religi lainnya di sini.

Tempat ini welcome 24 jam untuk kamu.

Masjid yang dibangun pada tahun 1968 ini termasuk salah satu Masjid termegah yang ada di Indonesia. Selain itu, Masjid An-Nur mampu menampung hingga ribuan jemaah yang ingin beribadah di tempat ini.

So, jika ke Pekanbaru maka kamu tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan untuk berkunjung ke Masjid nan megah ini.

Informasi detail baca: Wisata Religi di Masjid An - Nur Pekanbaru

4. Desa Wisata Okura, Bermain dengan Nuansa Alam Eksotis Desa Okura Pekanbaru



destinasi wisata di pekanbaru
Indahnya Taman Bunga di Desa Wisata Okura Pekanbaru | Photo Credit @libupatn6

Sebenarnya sih, ini salah satu kelurahan yang ada di Pekanbaru. Lokasi Desa Okura juga berbatasan langsung dengan Kab. Siak, sehingga terbilang masih masuk dalam daerah yang bernuansa desa.

jadi,

Hal inilah yang membuat Desa Okura memiliki nila tersendiri sebagai Desa Wisata. Kemampuannya mengolah lingkungan menjadi sebuah lingkungan yang bersih dan asri serta adat-istiadat yang masih terbilang kental berlaku di Desa Okura Pekanbaru ini.

Menariknya,

Ada banyak hal yang bisa kamu jelajahi di Desa ini, mulai dari trip atau perjalanan menyusuri sungai dengan menggunakan perahu hingga menikmati indahnya pemandangan alam. Ketika kamu mnyusuri sungai ini maka kamu akan melihat sebuah pertunjukan pemandangan yang indah.

So, nggak ada salahnya menjadikan Desa Wisata Okura Pekanbaru ini sebagai destinasi yang akan kamu kunjungi saat akan travelling nanti.

...Benar nggak?

5. Menatap Pesona Bukit Warna-warni, Rainbow Hills Rumbai



Tempat Wisata Pekanbaru
The Rainbow Hills Pekanbaru | Photo Credit @morialdi

Rumbai merupakan salah satu Kecamatan yang ada di Kota Pekanbaru. Berjarak sekitar 10 km dari Kota Pekanbaru terdapat sebuah pemandangan yang sangat indah dan mempesona. Lokasi ini bernama Rainbow Hills Rumbai.

...Rainbow? Ada Pelangi ya?

Sebnarnya bukan karena ada pelanginya namun terdapat warna-warni yang datang dari bukit tersebut. Nah, warna-warni tersebut terlihat seperti pelangi. Sangat indah sekali!

Hanya saja, tempat ini akan rawan longsor kala musim hujan dan kondisinya akan tidak stabil

Tempat ini sangat baik untuk kamu jadikan sebagai backround photo shoot kamu!

...Keren lho!

6. Strike si Kolam Pemancingan Garuda Sakti



tempat wisata pekanbaru
Kolam Pemancingan Garuda Sakti | Photo Credit @boloteninside

Kalau tempat wisata yang satu ini biasanya di dominasi oleh mereka yang datang dari kalangan 'penggila'mancing alian Mancing Maniak.

Di Pekanbaru, terdapat Kolam Pemancingan Garuda Sakti yang bisa kamu kunjungi jika ingin mancing atau bersantai di area kolam pemancingan ini.

...Nah,

Kawasan ini terletak di Jalan Garuda Sakti KM. 8 Pekanbaru. Kamu tinggal seacrh id Google Maps juga nampak kok! Karena memang lokasinya terbilang masih masuk dalam kawasan padat. Nah, jika kamu sampaiu ke tempat ini maka seolah-olah kamu lepas dari semua kebisingan dan kepadatan Kota Pekanbaru ini.

Just, try it.

Ini akan menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi kamu!

7. Suasana Indah di Bukit Kapur Air Hitam



Tempat Wisata Pekanbaru
Bukit Kapur Air Hitam | Photo Credit @riskafaridatul

...Tempat ini sangat populer,

Terutama di kalangan 'penggila' Photography yang ingin take shoot. Tercatat juga tempat ini selalu dijadikan sebagai tempat photo prewedding, hasilnya keren lho!

...lihat,

Bagaimana perpaduan indah antara birunya langit dengan warna putih bukit kapur yang lumayan menjulang ke langit.

Suasana ini menjadi sebuah perpaduan yang sangat pas!

8. Masjid Raya Senapelan, Tempat Ibadah Penuh Sejarah



tempat wisata pekanbaru
Tempat Wisata Religi di Pekanbaru | Photo by @kubahmasjid

Meski terlihat seperti masjid pada umumnya, Masjid Senapelan ini memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi, terutama bagi Kerajaan Siak kala itu. Nah, saat ini Masjid Senapelan ini masuk kedalam salah satu masjid tertua yang ada di Indonesia.

Wah!

Ini kapan di bangun sih?

Ketika Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah bertahta atas Kerajaan Siak, sekitar abad ke 18, beliau merenovasi semua masjid yang ada di dalam daerah kekuasaannya termasuk Masjid Senapelan ini. Kondisi Masjid di renovasi namun tetap berdasarkan pada desain aslinya.

Right..

Jika kamu berlibur ke Pekanbaru maka kamu bisa menyaksikan langsung keberadaan Masjid ini di Kampung Bandar, Kecamatan Senapelan.

9. Mengurai Sejarah Melayu di Museum Sang Nila Utama



 Tempat Wisata Pekanbaru
Museum Sang Nila Utama Pekanbaru |Photo Credit @MuseumIndonesia

Jika ingin mengetahui banyak tentang Melayu dan Riau maka keberadaan Museum Sang Nila Utama ini akan mampu memberikan jawaban kepada kamu dalam bentuk peninggalan sejarak Suku Melayu yang ada di Riau ini.

Di Museum Sang Nila Utama kamu akan menjumpai beberapa benda bersejarah yang melambangkan bagaiman sebuah kebudayaan berkembang di masyarakt melayu masa lampau.

...Ada banyak lho koleksi Museum Sang Nila Utama,

Beberapa di antaranya, ada Batik Riau, Alat Musik, Seruling, Baju Tradisional Melayu serta masih banyak lagi koleksi yang terdapat didalam Museum Sang Nila Utama ini.

Untuk informasi lebih mendetail bisa baca artikel ini: Belajar Sejarah di Museum Sang Nila Utama

10. Jelajah Museum Kereta Api dan Tugu Pahlawan Kerja



Tempat Wisata Pekanbaru Paling Populer
Museum Kereta Api dan Monumen | Photo Credit @Genpi

Museum kereta api ini menjadi saksi bisu bagaimana sejarah berlalu kala itu. Belanda sendiri menjuluki tempat ini dengan istilah 'The Death Railway'.

..Usut punya usut,

Ternyata rel kereta api ini dulunya dibangun Jepang dengan sistem kerja paksa 'Romusha', waktu itu, tercatat sekitar 10.000 orang yang tewas sewaktu dipekerjakan secara paksa di lokasi ini untuk membangun sebuah rel kereta api.

Kemudian, lokasi kereta api ini menjadi sebuah Museum oleh Pemerintah Riau. Bukan tanpa alasan, seperti yang kita ketahui tempat ini penuh dengan nilai sejarah.

Sekaligus menjadi bukti bahwa di Pekanbaru pernah beroperasi Kereta Api.

Sepertinya tempat ini keren juga untuk di kunjungi,

...Penasaran juga sich!

11. Bernostalgia di Alam Taman Wisata Alam Mayang Pekanbaru



tempat wisata pekanbaru
Taman Wisata Alam Mayang Pekanbaru | Photo Credit @ksmtour

Destinasi wisata di Riau lainnya adalah wisata Taman Wisata Alam Mayang Pekanbaru. Lokasi yang berada di tengah kota membuat Taman Wisata Alam Mayang ini tidak sulit untuk menjangkau, selain itu akses transportasi juga mudah banget.

...Jadi,

Sangat wajar jika tempat ini selalu ramai dengan kunjungan. Taman Wisata Alam Mayang juga mneyiapkan berbagai wahana bermain di kawasan ini. Mulai dari wahana air hinga bermain Flying Fox.

Kamu nggak akan nyesel kok datang kemari!

Suasana di tempat ini nyaman banget, rindangnya pepohonan membuat situasi menjadi adem dan nyaman. Pepohonan rindang yang ada di sana membuat situasi yang semula bercuaca panas menjadi sejuk.

12. Berlibur dengan Buku di Perpustakaan Soeman H.S Pekanbaru



Tempat Wisata Pekanbaru
Perpustakaan Soeman H.S | Photo Credit @riauberbagi

Sepertinya ini akan menjadi tempat yang sangat dicari oleh para penggemar buku. Koleksi buku di Perpustakaan Soeman H.S ini sangat banyak, sistem yang digunakannya juga cukup kekinian, intinya kamu pasti akan selalu merasa nyaman selam berada di tempat ini.

...Lagi pula,

Letak yang berdampingan dengan Kantor Gubernur Riau dan Bank Indonesia menjadikan Perpustakaan Soeman H.S sangat mudah untuk diakses. Keberadaannya di lokasi jalan utama Sudirman di Pekanbaru.

...Jalan Sudirman merupakan jalur utama lalu lintas di Kota Pekanbaru.

Yang lebih membuat unik adalah desain bangunan dari gedung ini, mirip dengan buku terbuka atau seperti rehal (tatakan buat Al-Qur’an) dan gedungnya cukup megah.

Ini menjadi Perpustakaan terbesar di Asia Tenggara, bahkan Asia!

13. Danau Lembah Sari, Keindahan di Tengah Kepadatan Kota Pekanbaru



destinasi Wisata Pekanbaru
Indahnya pemandangan Danau Lembah Sari | Photo Credit @anwiratmoko

Menjadi kota super sibuk bukan berarti Kota Pekanbaru tak memiliki daerah-daerah dengan pesona yang luar biasa. Salah satunya Danau Lembah Sari ini, kawasan ini sangat spektakuler lho! Dengan situasi air danau yang tenang, hijau serta memilki kawasan yang sangat luas.

Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjungnya.

Mereka selalu datang hanya untuk bersantai di Danau Lembah sari sambil menikmati indahnya pemandangan di tempat ini. Lelah, penat dan lainnya akan hilang dalam sekejap ketika keindahn itu sudah mulai kamu nikmati.

14. Melihat Jejak sejarah di Rumah Singgah Tuan Kadi


tempat wisata pekanbaru
Rumah Tuan Kadi Pekanbaru | Phot Credit @metropekanbaru

Rumah Tuan Kadi adalah sebuah bangunan berbentuk Rumah Adat Melayu. Bangunan ini didirikan pada tahun 1928 dan pemiliknya bernama Tuan Qadhi Zakaria.

Nah,

Rumah ini merupakan salah satu cagar budaya dari masyarakat Melayu. Hal itu dikarenakan rumah yang satu ini memiliki sejarah yang panjang terkait keberadaan Kerajaan Siak kala itu.

Menurut penuturanya masyarakat Melayu setempat, rumah ini pernah menjadi tempat peristirahatan salah satu raja dari kerajaan Siak ketika datang ke Senapelan kala itu. Waktu itu juga Sepelan diketahui sebagai pusat perdagangan Kerajaan Siak.

15. Bermain Air Di Wisata Riau Fantasi


Tempat Wisata Pekanbaru
Wahana Dunia Fantasi Riau | Photo Credit @labersa_riaufantasi

Kawasan ini merupakan destinasi bermain air. Merupakan kombinasi antara Labersa Theme Park dan Labersa Waterpark membuat wahana semakin lengkap untuk bermain dengan air. Wisata pekanbaru yang satu ini merupakan wahana bermain air terbesar yang ada di Sumatera.

Ada banyak wahana bermain air yang bisa kamu coba di tempat ini. Kamu bisa bermain peluncuran, air mancur, berpetualang dengan arus air dan masih banyak wahana permainan lainnya.

...Pokoknya kamu akan bermain hingga puas!

Dengan fasilitas yang sangat lengkap ini bukan perarti Dunia Fantasi Riau ini mahal, budget yang kamu perlukan nggak harus banyak kok! Jadi kamu tinggal check aja tarif masuk ke Dunia Fantasi Riau ini.

Untuk informasi detail seputar tempat ini maka kamu bisa baca dulu review ini Labersa Pekanbaru

16. Bertualang Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Syarif Hasyim



Tempat Wisata Pekanbaru
Wisata Alam Hutan di Pekanbaru | Photo Credit @teukuthariq

Siapa bilang di Kota nggak ada hutan!

Di Pekanbaru ada kawasan hutan yang sangat luas. Kawasan hutan ini bahkan mencakup hingga ke dua wilayah Kabupaten lainnya yaitu Kabupaten Siak dan Kabupaten Bengkalis.

Dari Kota Pekanbaru kamu cuma memerlukan waktu sekitar 40 menit untuk sampai ke wilayah ini.

...Nggak jauh kan?

Dapatkan informasih lebih detil di artikel: Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyiam

17. Arboretum Universitas Riau


Tempat Wisata Pekanbaru
Arboretum Universitas Riau | Photo Credit @Unri

Universitas Riau bukan hanya menjadi tempat menempuh pendidikan bagi masyarakat Riau, namun didalamnya juga terdapat tempat yang indah. Ada kawasan taman hutan di kawasan universitas ini.

Awalnya, kawasan ini merupakan tempat penelitian para mahasiswa. Selanjutnya kawasan ini berkembang menjadi sebuah kawasan bersantai dan edukasi alam terhadap masyarakat Riau. Keberadaannya di tengah kampus membuat  kawasan ini selalu ramai pengunjung yang mayoritasnya adalah mahasiswa Unri itu sendiri.

18. Taman Putri Kaca Mayang


Tempat Wisata Pekanbaru
Taman Kota Pekanbaru | Phot Credit @haloriau

...Nah,

Untuk lokasi destinasi wisata yang satu ini berlokasi di Pusat Kota Pekanbaru. Tempat ini selalu ramai pengunjung, terutama masyarakat Riau yang ingin menikmati suasana Kota Pekanbaru. Sekedar bersantai dan menikmati taman!

Lokasinya juga di depan Kantor Walikota Pekanbaru, Jadi kawasan ini pasti selalu ramai pengunjung!

Nah, jika pada no 1 hingga ke 18 selalu membiacarakan tempat wisata di berbagai lokasi. Nah kali ini akan saya selingi dengan tempat Wisata Kuliner di Pekanbaru.

..Masa iya kamu travelling nggak makan?

19. Mencoba Lezatnya Kuliner di Pondok Gurih


Tempat Wisata Pekanbaru
Wisata Kuliner Pekanbaru | Photo Credit @seputarriau

Kawasan ini selalu menjadi tujuan wisatawan yang datang ke Pekanbaru jika ingin makan. Tak hanya kuliner Pekanbaru, Pondok Gurih juga menawarkan banyak jenis makanan-makanan dari segala penjuru nusantara.

Nama Pondok Gurih sudah cukup populer, jadi untuk mencari informasi tentang lokasi ini nggak akan sulit. Nah, untuk lebih lengkapnya saya jelaskan Lokasinya.

Pondok Gurih terletak di Jln. Jendral Sudirman No. 202, Kota Pekanbaru. Jika berkunjung maka kamu harus perhatikan Jam Operasionalnya yaitu Senin-Minggu 10.30 – 22.00

...Untuk Kisaran Harga di Pondok Gurih ini Mulai Rp 3.000 – Rp 70.000

20. Rumah Makan Padang Kota Buana


tempat wisata pekanbaru
Rumah Makan Padang Kota Buana | Photo Credit @travellingyuk

Rumah makan Padang memang sudah menjadi tren hampir di seluruh Indonesia ini. Di Pekanbaru sendiri ada tempat kuliner yang bisa kamu singgahi yaitu RM Padang Kota Buana.

Bagi pecinta nasi padang, ini akan menjadi tempat favorite kamu lho!

Rumah Makan Padang Kota Buana berlokasi di jalan HOS. Cokroaminoto No. 16, Sukaramai, Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru, Riau. Untuk mengunjungi lokasi ini kamu harus melihat Jam Operasional ini,  Senin-Minggu 06.30 – 20.30

...Untuk Kisaran Harga, murah kok! Mulai Rp 15.000

Nah, inilah 20 Tempat Wisata Pekanbaru yang wajib kamu kunjungi. Sebenarnya masih ada banyak lagi lokasi yang bisa kamu ekplore selama di Pekanbaru ini.

0 Response to "20 Tempat Wisata Pekanbaru Paling Populer yang Harus Kamu Kunjungi Saat Weekend"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel