19 Tempat Wisata di Siak Paling Terpopuler: Istana Kerajaan, Danau Hingga Destinasi Ekowisata Terbaik

RiauOnline.id, Wsiata Riau -- Kabupaten Siak merupakan salah sayu kabupaten di Provinsi Riau dengan sejarah yang dimilikinya. Ada banyak tempat wisata di Siak, mulai dari wisata Sejarah hingga ekowisata yang di kembangkannya.

...Tapi sebelumya,

Kamu harus tahu Kabupaten Siak itu dimana?

Jadi,

Sebelum terbentuk menjadi NKRI dan Kemerdekaan Indonesia, Siak merupakan sebuah Kesultanan yang sangat terkenal, yaitu Kesultanan Siak. Kesultanan ini memiliki pengaruh yang besar terhadap beberapa wilayah di Sumatera hingga Kepulauan Riau dan Johor.

Di awal-awal akan mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia, Sultan Siak memiliki peranan penting dalam mendukung proses kemerdekaan ini. Kala itu Siak di Pimpin oleh Sultan Syarif Kasim II.

...Nah,

Beliau ini sekaligus menjadi sultan terakhir di Kesultanan Siak, keputusan untuk bergabung dengan Republik Indonesia menandakan sistem kesultanan di Siak di hapus dan berdiri di bawah Nesara Kesatuan Republik Indonesia.

...Secara Geografis,

Kabupaten Siak terletak di titik koordinat 10 16’ 30” — 00 20’ 49” Lintang Utara dan 100 54’ 21” 102° 10’ 59” Bujur Timur.  Dengan kondisi wiliayah dataran rendah dan beberapa kawasan di bagian barat merupakan dataran tinggi. Memiliki iklim tropis dengan suhu antara 25° -- 32° Celsius, dengan kelembaban dan curah hujan cukup tinggi.

Sebagai informasi, Kabupaten Siak ini merupakan Kabupaten terkaya kedua di Provinsi Riau setelah Bengkalis. Siak memiliki sumer minyak bumi yang banyak serta beberapa objek wisata yang mulai di perhatikan dan di tata secara serius oleh pemerintah daerah.

...Ah, mungkin saja terlena dengan penghasilan minyak, pedahal potensi wisata siak sangat luar biasa,

Namun sekarang, Pemerintah dan Masyarakat Siak sudah melakukan pembenahan dan memperbaiki beberapa fasilitas yang diperlukan di beberapa ikon wisata di Siak.

Hal ini terlihat dengan banyaknya tempat wisata menarik di Kabupaten Siak ini. So, mari simak tempat wisata di Siak mulai dari yang populer hingga tempat wisata yang paling baru di bangun.

1. Wisata Sejarah di Istana Siak Sri Inderapura



Tempat Wisata di Siak
Kemegahan Istana Siak Sri Inderapura | Photo Credit @Kompastravel

Jika kita pernah membaca tentang sejarah Melayu maka sudah pasti kita mendapatkan informasi tentang Kesultanan Siak ini.

Jadi,

Salah satu peninggalan terpenting dari Kesultanan Siak adalah Istana Siak Sri Inderapura. Banguna bersejarah ini di bangun sekitar tahun 1889

Selain nama tadi, istana ini juga memiliki julukan Istana Asherayah Al Hasyimiyah. Menurut sejarah lampau, pernah tercatan bahwa Kesultanan Siak ini pernah menjadi Kerajaan Islam terbesar pada kisaran abad 16 hingga 18.

..Lihat aja,

Bagaimana megahnya Istana Siak Sri Inderapura ini. Kawasan ini menjadi destinasi wisata paling epic yang ada di Kabupaten Siak.

Di tempat ini, kamu akan melihat berbagai betuk barang sejarah peninggalan Kerajaan Siak. Salah satu yang paling fenomenal adalah peninggalan 'komet' sebuah ala musik klasik yang hanya ada dua di dunia.

Satunya lagi berada di Jerman dan yang satu ada di Istana Kesultanan Siak ini.

So, jika kamu ingin melihat lebih dalam lagi tentang kerajaan Siak maka kamu bisa datang langsung menyaksikan sebuah kemegahan dan eksistensi Melayu pada masa lampau

2. Mengunjungi Balai Kerapatan Tinggi di Kabupaten Siak



Tempat Wisata di Siak
Balai Kerapatan Tinggi Kabupaten Siak | Photo Credit @triptrus

Selain Bangunan Istana Siak Sri Inderapura, ada sebuah bangunan lagi yang bernilai sejarah di Kabupaten Siak. Tempat ini dinamakan Balai Kerapatan Tinggi.

...Seperti halnya Istana,

Arsitektur bangunan ini masih terlihat asli meskipun sudah pernah direnovasi namun tidak mengubah bentuk dan originalitas dari bangunan ini.

...Sangat kokoh dan eksotis,

Bangunan ini di bangun sekitar tahun 1886. Berbentuk agak tinggi, karena waktu itu sistem transportasi lebih banyak mengandalkan sungai. Masa lampau hingga saat ini sungai Siak memang sudah menjadi medan lalu lintas di Provinsi Riau ini.

Nah,

Jika kamu datang ke Kabupaten Siak, maka Balai Kerapatan Tinggi ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata di Siak yang bisa kamu kunjungi.

Informasi lebih detail lagi tentang fasilitas, tiket dan hotel terdekat bisa baca artikel 
Balai Kerapatan Tinggi Kabupaten Siak

3. Menjelajah Alam Ekowisata Mangrove Mengkapan



Tempat Wisata di Siak
Ekowisata Mangrove Mengkapan | Photo Credit @riaurealita

Beberapa tahun terakhir, ekowisata Magrove memang menjadi trending di beberapa daerah di Provinsi Riau. Termasuk di Kabupaten Siak. Mulai menjadikan hotan Mangrove sebagai destinasi wisata alam yang sangat menarik perhatian pengujung.

...Ekowisata mangrove Mengkapan,

Keberadaan Hutan Mangrove yang sangat lebat di sepanjang sungai Siak ini membuat potensi wisata di Siak tidak di ragukan lagi.

Seandainya,

Kamu mencoba travelling ke Kabupaten Siak dan berdiri di antara rerimbunan phon Mangrove ini maka kamu akan merasakan suasana sejuk dan pemandangan yang eksotis mengelilingi tempat wisata yang satu ini.

Oh ya,

Ada Gembok Cinta nya lho!

Untuk lebih detilnya silahkan baca artikel: Ekowisata Mangrove Mengkapan di Kabupaten Siak

4. Bercinta dengan Alam Danau Zamrud di Kabupaten Siak



Tempat Wisata di Siak
Danau Zamrud Siak | Photo Credit @goodnewsfromindonesia

Dengan suasana yang sangat memikat hati, keberadaan Danau Zamrud sangat eksotis. Danau Zamrud ini adalah salah satu ikon wisata Siak yang sangat menarik.

Dengan danau yang luas, menjadikan tempat ini sebagai salah satu lokasi wisata favorite di Siak. Selain pemandangan yang indah, lokasi ini juga di penuhi flora dan fauna, sekaligus masuk dalam zona kawasan konservasi.

Nih,

Ada Harimau Sumatra, burung Serindit yang sangat langka keberadaannya, ikan arwana merah.

Jika travelling ke Siak, kamu bisa memasukkan nama Danau Zamrud ke dalam list tujuan wisata kamu. Selain tempatnya keren, kamu juga akan dapat melihat hal-hal baru y ang tak ada di tempat lainnya.

Yakin dech, ini tak akan mengecewakan kamu!

5. Bersantai di Hutan Kota Arwinas Kabupaten Siak



Tempat Wisata di Siak
Lokasi Taman Hutan Kota Arwinas | Photo Credit @Kabsiak

Nama Arwinas sebenarnya lebih merujuk kepada sosok mantan Bupati Siak terdahulu, Arwin AS. Beliau ini adalah penggagas pembangunan hutan kota ini.

Sehingga nama beliau di abadikan ke dalam nama sebuah taman Hutan Kota di Kabupaten Siak. Tujuan utama dari pembangunan Hutan Kota ini adalah sebagai wahana edukasi terhadap anak-anak yang ada di Siak.

Beliau ingin agar anak sedini mungkin dapat mengenal dan lebih dekat dengan alam.

Letak Hutan Kota yang mudah di akses membuat tempat ini selalu dipenuhi oleh pengunjung yang ingin jalan-jalan di perkotaan Siak. Sejenak duduk bersantai di tempat ini bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan kebosanan hari-hari kamu.

...Tempatnya keren lho!

6. Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah



Tempat Wisata di Siak
Indahnya Jembatan di Kabupaten Siak | Photo Credit @pesonasiak

Lokasi Kabupaten Siak di Belah oleh keberadaan Sungai Siak. Kondisi ini harus di buatkan sebuah jembatan.

...Berawal dari alasan tersebut,

Bangun lah sebuah jembatan nan megah yang menyambung kota siak satu sama lainnya. Jembatan ini sangat megah lho!

Kalau berlum pernah sampai ke Kabupaten Siak maka kamu bisa melihat photo jembatan ini,

Its really wonderfull.

Jembatan ini diberi nama dengan sebutan Tengku Agung Sultanah Latifah, selain merupakan sarana penyebarangan jembatan ini menjadi ikon Kab. Siak. Lihat, bagaimana indahnya arsitektur pembangunan jembatan Siak ini.

Jika sore hari, akan terlihat ramai para pengunjung yang sekedar ingin berswafoto di kawasan ini. Sekedar mengabadikan moment selama berada di Siak.

Jika malam hari,

Maka akan terlihat lebih indah lagi, hiasan warna-warni lampu menghiasi jembatan ini. Terlihat sangat indah sekali.

7. Kapal Kato Kesultanan Siak



Tempat Wisata di Siak
Kapal Kato | Photo Credit @flickr

...Uniknya,

Kapal ini berada di komplek Istana Siak. Dengan berat sekitar 15 Ton, kapal ini terbuat dari besi dengan panjang mencapai 12 meter.

Bayangkan,

Ada sebuah kapal di dalam komplek Istana Kerajaan dengan kondisi di daratan.

Nah, saat mengunjungi Istana Siak Sri Iderapura maka kamu akan sekalian dapat melihat obej wisata yang satu ini.

Keren juga kan!

Just trip to Siak, kamu akan melihat sebuah keberadaban Melayu di masa lalu. Kamu juga akan tahu sebenarnya hubungan Siak dengan Kesultanan Johor, Malaysia itu seperti apa.

Ini akan selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi kamu yang hobi dengan wisata sejarah.

8. Kelenteng Hock Siu Kiong



Kelenteng Hock Siu Kiong
Indahnya Klenteng Hock Siu Kiong

Keberadaan Klenteng tua ini menjadi bukti bahwa Siak merupakan tempat yang harmonis antar etnis sejak dahulu kala.

Bayangkan aja,

Kelenteng Hock Siu Kiong ini sudah berumur 119 tahun lamanya. Berada di Kampung Dalam, Kecamatan Siak. Pedahal kita tahu bahwa Kesultanan Siak merupakan sebuah Keberadaban dengan dominasi Islam didalamnya.

Namu,

Keberadaan Klenteng ini memberikan kita sebuah gambaran bagaimana pola fikir tebuka kepada siapa saja saat itu. Jalinan kerjasama yang di lakukan oleh Sultan Syarif kasim dengan Etnis Tionghoa yang merupakan pedagang sejati.

Nah, review detail tentang tempat wisata ini kamu bisa membaca artike ini: Klenteng Tua di Siak

9. Melihat Lebih Dekat Kolam Hijau Raja Kecik



Tempat Wisata di Siak
Kolam Raja Kecik | Photo Credit @wisatasia

...Pernah denger nama Raja Kecik nggak?

Jika kalmu pernah mempelajari sejarah Kesultanan Siak maka kamu akan tahu Siapa dan bagaimana Raja Kecik ini. Atau bisa baca artikel Raja Kecik Pewaris Kesultanan Johor

Ada banyak informasi yang bisa kamu dapatkan didalam artikel tersebut.

Nah, jika sudah membaca sejarah raja kecil tersebut maka sata tak perlu menguraikan lagi siapa raja Kecik ini.

Namun,

Ada sebuah kolam yang menjadi peninggalan Raja Kecik ini. Kolam ini agak sedikit unik, warnanya hijau. Dulu kolam ini di fungsikan untuk membersihkan senjata tajam dan keris.

Menurut informasi sejarah, Raja Kecik sendir yang membuat kolam ini.

10. Wisata Religi di Masjid Raya Syahabuddin



Masji Raya Syahabuddin Siak | Photo Credit @kontaktorkubah masjid

Masjid Raya Syahabudin ini masuk kedalam salah satu masjid tertua yang ada di Indonesia. Masjid ini di bagun sekitar tahun 1926.

Pembangunan Masjid ini dilakukan saata Sultan al-Said al-Kayim Abdul Jalil Saifuddin berkuaasa di Kerajaan Siak Sri Inderapura. Saat ini, masjid tua ini tak hanya di jadikan tempat ibadah umat muslim namun juga sebagai tempat wisata religi yang ada di Kab. Siak ini.

Nah, masjid ini berlokasi sama dengan makam Sultan Syarif Kasim II. Makam ini tepat berada di samping Masjid Syahabudin ini.

Jadi,

Ketika berada di sini maka kamu akan langsung melihat dua bukti sejarah dari Kerajaan Siak Sri Inderapura.

11. Berziarah ke Makam Sultan Syarif Kasim II



Makam Sultan Syarif Kasim II
Makam Sultan Syarif Kasim II | Phot Credit @kemendikbud

Sultan Syarif Kasim II adalah orang yang menyumbangkan kekayaannya sebesar lebih dari 1 triliun untuk Indonesia kala itu.

Sosok ini ikut berjasa dalam NKRI,

Meski namanya tak seterkenal pejuang lainnya, namun kontribusi beliau tercatat dalam sejarah Bangsa Indonesia.

Nah,

Nama beliau ini selalu di abadikan di beberapa tempat di Provinsi Riau, salah satunya adalah dijadikan sebagai nama Bandar Udara yang ada di Pekanbaru. Badar Udara Sultan Syarif Kasim II, ini adalah bentuk penghormatan masyarakat Riau terhadap sang Raja Siak ini.

Jadi, selain itu, kamu juga bisa berziara ke makam beliau.

12. Bermain Air di Queen Star Water Park Siak


Tempat Wisata di Siak
Queen Star Water Park Siak | Photo Credit @queenwaterpark

...Jika dari tadi kita membahas wisata alam dan sejarah,

Nah, destinasi yang satu ini merupakan wahana bermain air. Terletak di Jalan lintas Siak - Tumang, Queen Star Water Park Siak memiliki berbagai wahan permainan yang bisa memanjakan liburan bersama keluarga kamu.

...Ada kolam renag, Flying Fox dan wahana lainnya.

Di tempat ini kan puas bermain air. Tapi kamu harus sedikit hati-hati ya jika datang bersama anak kecil kamu, perlu pengawasan khusu dari orang tua.

Selagi kamu mengawasinya, maka selalu aman kok tempat ini!

13. Bersantai di Taman Lalu Lintas Tanjung Agung



Tempat Wisata di Siak
Taman Lalu Lintas Siak | Photo Credit @infoseputarsiak

..Wah,

Kalau yang satu ini agak beda dari yang lainnya ya!

Tempat wisata di Siak yang satu ini bisa menjadi contoh nih buat daerah lainnya, memberikan edukasi dalam formast yang menyenangkan.

Jadi,

Mereka tak terasa tela belajar sesuatu di taman ini, konsep yang sempurna.  Lokasi Taman Lalu Lintas Tanjung Agung berada di Kecamatan Mempura, tepat sebelum Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah.

Selai itu ada wahana bermain playground untuk anak-anak lho!

14. Enjoy di Taman Syekh Abdurrahman Sambil Menikmati Senja



Tempat Wisata di Siak
Taman Syech Abdurrahman Siak | Credit Photo @wisatasia

Taman yang satu ini sangat menarik sekali. Lokasi di sepanjang pinggiran Sungai Siak membuat tempat ini menjadi menarik.

Jika sore hari,

Maka tempat ini akan selalu ramai, bersantai sambil menikmati indahnya pemandangan di sore hari. Sedangkan ketika malam hari, pijaran lampu menambah keindahaan malam saat berada di Taman Syh Abdurrahman ini.

So, ini tempat recommend untuk kamu yang berada di Siak dan ingin menikmati suasana santai di Kabupaten Siak.

Coba dech!

15. Menikmati Ruang Terbuka Hijau Taman Tengku Agung Siak



Tempat Wisata di Siak
Taman Tengku Agung | Photo Credit @detakindonesia

Konsep penataan Ruang Terbuka Hijau di Kabupaten Siak bisa kita acungkan jempol. Kondisi Taman di tata dengan baik.

Taman ini berlokasi di sebelah Jembatan Tanjung Agung yang berpadu dengan Sungai dan juga danau kecil yang ada di area dalam taman ini. Inilah yang menjadi menarik saat berada di Kawasan Taman Tengku Agung Siak ini.

Ketika Musim liburan atau Weekend maka tempat ini selalu ramai akan pengunjung. Begitu juga halnya ketika senja datang, pengunjung akan bersantai seraya menikmati senja di taman ini.

Keren kan!!

16. Senja di Taman Tengku Mehratu Siak


Taman Tengku Mehratu Siak
Indahnya pemandangan Air Mancur di Taman Mehratu Siak | Phot Credit@siakpemkab

Kalau taman yang satu ini maka saya lebih merekomendasi kan untuk kamu yang akan membawa keluarga bersantai. Karena taman ini sangat cocok untuk kamu yang nyantai bareng keluarga di Kabupaten Siak.

...Taman Tengku Mehratu,

Juga tersedia areal playground dan air mancur yang berwarna warni. Jika malam hari akan terlihat eksotik air mancur ini, keren banget lho!

Sedangkan jika sore hari, maka kamu dapat menikmati indahnya suasana senja di Sungai Siak ini, seraya menunggu matahari terbenam.

17. Bermain bersama keluarga di Taman Tengku Syarifah Aminah Siak



Tempat Wisata di Siak
Taman Bermain Tengku Syarifah | Photo Credit @gatra

Ini tempat yang saya rekomendasikan untuk kamu bersantai bersama anak-anak kamu. Karena tempat ini memiliki area bermain anak, ada banyak fasilitas bermain yang ditujukan untuk anak.

Berlokasi di Kampung Dalam, Kecamatan Siak.

Taman Tengku Syarifah Aminah juga memiliki arean permainan tradisional gasing. Jadi, dalam event tertentu Taman Tengku Syarifah Aminah ini di jadikan sebagai central perlombaan.

18. Menelusuri Jejak Tangsi Belanda di Mempura, Siak


Tempat Wisata di Siak
Tangsi Belanda di Siak | Photo Credit @thev_indrayuda

Tak pernah lepas dari sejarah, keberadaan kolonial Belanda di tanah air ini menyisakan berbagai cerita sejarah, terutama yang ada di Kabupaten Siak ini.

Salah satunya adalah Tangsi Belanda,

Dulunya, tempat ini merupakan pusat logistic, perkantoran, dan juga gudang senjata.

Akan tetapi, fungsi itu kini berubah, sekarang tempat ini dijadikan sebagai tempat wisata sejarah. Tempatnya instramable banget kawan! Kamu bisa menunjukan skill Photography kamu di sini.

Hasilnya, pasti keren dech!

19. Ekowisata Mangrove Sungai Rawa



Pesona Ekowisata Mangrove Sungai Rawa 

Seperti halnya Ekowisata Mangrove di tempat sebelumnya, kini kawasan Sungai Rawa juga mencoba mengembangkan kawasan Ekowisata Mangrove.

Keberadaan Hutan Mangrove memang menjadi nilai jual tersendiri bagi masyarakat sekitar, dengan menjadikannya sebagai destinasi wisata, maka hutan mangrove ini akan meberikan selalu memberikan velue bagi kita.

Cukup bangus!

Memanfaatkan kondisi hutan mangrove yang sangat lebat, kini Ekowisata Mangrove Sungai Rawa makin diminati pengunjung.

Coba dech bertualang di Hutan Mangrove Sungai Rawa ini!

0 Response to "19 Tempat Wisata di Siak Paling Terpopuler: Istana Kerajaan, Danau Hingga Destinasi Ekowisata Terbaik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel