12 Tempat Wisata di Kepulauan Meranti Dengan Sensasi dan Panorama yang Unik, Coba dech!

RiauOnline.id, Wisata Riau -- Meski Kabupaten Kepulauan Meranti merupakan sebuah kabupaten Baru yang ada di Provinsi Riau namun wilayah ini juga menyimpan termpat-tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi.

...Ada banyak tempat wisata di Kepulauan Meranti,

Oh ya,

Sebagai informasi yang perlu kamu ketahui bahwa Kabupaten Kepulauan Meranti itu terdiri dari beberapa Pulau. Sedangkan pulau utama mereka adalah Pulau Tebing Tinggi, Pulau Rangsang dan Pulau Merbau sehingga jika ketiga nama pulau ini di singkat menjadi Meranti.

Tapi sebenarnya memang di wilayah ini dulunya ada banyak terdapat pohon meranti, hanya saja keberadaan pohon ini sudah mulai punah oleh illegal logging.

...Selain itu,

Kawasan Kepulauan Meranti, khususnya Selat Panjang menjadi pusat lintas perdagangan Internasional. Jadi, wilayah Selat Panjang bisa di bilang sebagai tempat transit barang-barang yang di angkut dari Malaysia dan Singapore sebelum menyebar ke beberapa daerah di Indonesia.

Apa kamu pernah ke Kepulauan Meranti?

Ada beberapa tempat wisata di Kepulauan Meranti, tempat-tempat ini tersebar di beberapa pulau yang ada di Kepulauan Meranti.

...Nah,

Berikut ini beberapa tempat wisata yang ada di Kepulauan Meranti:

1. Melihat Festival Sungai Bokor di Desa Bokor Pulau Rangsang



tempat Wisata di Kepulauan Meranti
Festival Sungai Bokor Pulau Rangsang | Photo by @tribbunpekanbaru

...Pulau Rangsang?

Bisa jadi ini pertama kali kamu mendengar nama ini, benar ya? Pulau Rangsang ini merupakan salah satu Pulau Utama di Kepulauan Meranti.

Nah, di Desa Bokor ini ada event Festival Sungai Bokor yang dilaksanakan sebagai event budaya Kepulauan Meranti.

Pada Tiap Tahunnya, event ini dilaksanakan.

Tempat Wisata di Kepulauan Meranti
Aksi Para Peserta di Festival Sungai Bokor | Photo by @Pemkabkepulauanmeranti

Yang menjadi unik adalah berberbagai kegiatan yang dilaksanakan didalamnya. Salah satu lomba lari di atas tual sagu. Jika biasanya lomba lari dilaksanakan di daratan namun kali ini lomba lari ini di laksanakan di dalam sungai yang sudah ada berjejer potongan-potongan sagu. Kemudian mereka berlomba di atas potongan sagu tersebut.

...Kebayang nggak! Pasti seru!

Hal ini merupakan bagian dari pengembangan budaya lokal, kita mengenal Kabupaten Meranti ini sebagai penghasil Sagu jadi berbagai kegiatan yang di laksanakan ini masuh erat dengan kegiatan mereka sehari-hari.

Nah,

Selain itu, Desa Bokor ini juga menyimpan potensi buah-buahan dengan kualitas terbaik. Jadi, kala festival berlangsung maka kamu akan melihat ada banyak buah-buahan yang langsung dari hasil pertanian mereka. Seperti rambutan, manggis, buah naga, sunkis, dan lain-lain.

Yang paling unik lainnya adalah berkeliling di Sungai Bokor dengan mengunakan perahu kecil masyarakat sekitar. Kamu akan mengelilingi sungai-sungai dengan kondisi pepohonan bakau yang indah. Sangat menarik untuk dijelajahi.

Baca Review detail: Wisata Sungai Bokor

2. Sensasi Strike Danau Pulau Padang Kepulauan Meranti



Danau Pulau Padang Kepulauan Meranti
Indahnya Danau Pulau Padang | Photo by @wisatasia

Selain tiga pulau tadi, masih banyak lagi pulau lainnya. Memang terbentuknya Kepulauan Meranti ini pada awalnya memang untuk mengatasi sulitnya akses ke kabupaten yang waktu itu masih berada di Pulau Bengkalis.

...Pulau Padang?

Jangan beranggapan ini adalah Sumatera Barat,

Pulau Pada adalah bagian dari Kepulauan Meranti, letaknya bersebelahan dengan Pulau Merbau. Jadi, dari Pulau Tebing Tinggi (Selat Panjang) maka kamu akan melintasi dua kali penyebrangan. Penyebrangan Pulau Tebing Tinggi ke Pulau Merbau dan penyebrangan dari Pulau Merbau Ke Pulau Padang.

Mungkin tak banyak yan tau!

Di Pulau Padang ini terdapat sebuah danau yang sangat indah. Letaknya di tengah hutan Pulau Padang ini. Kondisi alam yang masih natural membuat Danau Pulau Padang ini semakin menarik dan mempesona.

Selain itu, Danau Pulau Padang ini bisa menjadi tempat favorite bagi kamu yang memiliki hobi mancing. Ini akan menjadi surga bagi penggila mancing. Kondisi danau air tawar ini memiliki ikan-ikan yang lumayan besar.

...Bisa nich, ikannya besar-besar lho!

Baca artike ini untuk informasi detailnya: Danau Pulau Padang

3. Bersantai di Kolam Telaga Bening Selat Panjang



wisata-kepulauan-meranti
Telaga Benisng Selat Pangang | Photo by @wisatasia

Berada di Pusat Perkotaan Selat Panjang, Kolam Telaga Bening ini selalu di penuhi pengunjung yang sekedar nongkrong di pinggiran kolam.

Kolamnya nggak terlalu besar kok!

Hanya saja tempat ini nyaman untuk dijadikan sebagi tempat santai sore hari. Kamu bisa menikmati suasanan perkotaan Selat Panjang dari tempat ini. Tempat ini juga di fasilitasi dengan tempat nongkrong serta berbagai kuliner di sepanjang jalan yang bisa kamu nikmati.

...Sore-sore, duduk nyantai sambil menikmati kuliner di Telaga Bening!

4. Cagar Budaya Tionghoa di Klenteng Hoo Ann Kiong



Tempat Wisata di Kepulauan Meranti
Klenteng Bersejarah di Selat Panjang | Photo by @TripTrus

Jika kalian belum pernah ke Kepulauan Meranti pasti kamu belum tahu bagaimana eksistensi keharmonisan di Kepulauan Meranti ini.

Uniknya,

Setiap desa di Kepulauan Meranti selalu berbaur dengan warga Tionghoa. Hampir seluruh desa di Kepulauan Meranti ada warga Tionghoa nya.

...Jadi,

Nggak salah jika di Kepulauan Meranti terdapat Kelenteng Tua yaitu Klenteng Hoo Ann Kiong. Menurut catatan sejarah klenteng ini dibangun sekitar tahun 1868. Kala itu Belanda masih menjadi penjajah di Indonesia ini.

Awalnya, klenteng ini hanya di bangun seperti rumah pada umumnya. Namun kemudian tempat ini berubah menjadi sebuah klenteng. Klenteng Hoo Ann Kiong berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani, di Pusat Perkotaan Selat Panjang.

5. Menikmati Sore di Pantai Beting Beras



Pantai Beting Beras
Festival Jung Titis Pantai Beting Beras | Photo by @tribbunpekanbaru

Meski kawasan Pantai bukan menjadi lokasi yang terbaik di Indoneisa, namun keberadaan Pantai di Kepulauan Meranti cukup menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat lokal Kepalauan Meranti untuk dapat sejenak bersantai atau sekedar menikmati indahnya sore hari.

Seperti halnya Pantai Beting Beras ini,

Kawsan dengan pasir putih ini bisa menjadi alternatif tempat wisata di Kepulauan Meranti. Kamu bisa melakukan berbagai aktifitas di tempat ini.

Oh ya,

Di pantai ini juga sering ada pelaksanaan Festival Jung Titis. Jadi, kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk perlombaan kapal layar.

6. Pantai Ceria di Pulau Merbau



Tempat Wisata di Kepulauan Meranti
Pesona Pantai Ceria Kepulauan Meranti | Photo by @indoholidaytourguide

Kawasan ini sebenarnya merupakan tempat berlabuh para nelayan yang kembali dari laut habis menangkap ikan.

...lihat aja,

Ada banyak perahu para nelayan yang parkir di area Pantai Ceria ini.

Namun, dibalik banyaknya perahu para nelayan di Pantai Ceria ini terdapat sebuah panorama yang sangat indah. Jika sore hari maka kamu akan dapat menikmati indahnya sunset sore.

Oh ya,

Kawasan Pantai Ceria ini terletak di kawasan Pulau Merbau.

7. Wisata Mangrove - Pantai Impian Kepulauan Meranti



Hutan Magrove Kepulauan Meranti | Photo by @wisatasia

Beberapa kawasan di Kepulauan Meranti itu memang terdapat banyak pepohonan magrove. Di kawasan ini juga terkenal sebagai kawasan Hutan Magrove, jadi sangat pas jika wisata Hutan Magrove di kembangkan di Kepulauan Meranti.

...Salah satunya adalah Hutan Magrove Pantai Impian,

Wilayah ini terletak di Desa Anak Setatak, Kecamatan Rangsang Barat. Di wilayah ini memiliki hutau magrove yang sangat lebat.

Pemerintah dan warga anak Setatah kemudian berinisiatif untuk membangun sebuah tempat wisata di kawasan Pantai Impian ini, hal ini juga terkait dengan Hutan Magrove yang luas dan lebat. Sangat indah lho!

8. Wisata Pantai Motong Kepulauan Meranti



Tempat Wisata di Kepulauan Meranti
Wisata Pantai Motong Kepulauan Meranti | Photo by @indoholidaytourguide

Memang pantai ini terkena dampak abrasi yang cukup parah. Terletak di Desa Permai Kecamatan Rangsang Barat, lokasi pantai Motong ini sangat indah.

Jika sore hari, kawasan ini sangat indah untuk menikmati tenggelamnya matahari alias sunset. Keren kan!

Menikmati indahnya Pantai Motong bisa menjadi alternatif ngetrip kamu ke kawasan Kepulauan Meranti ini.

Coba dech!

9. Menjelajahi Tasik Nambus di Tebing Tinggi Barat



Tasik Nambus di Tebing Tinggi Barat
Indahnya Tasik Nambus Kepulauan Meranti | Photo by @tribbunpekanbaru

Ada satu spot menarik yang bisa kamu jelajahi saat berada di Kepulauan Meranti, kawasan ini terletak di Kecamatan Tebing Tinggi Barat.

...Tasik Nambus!

Itulah nama tempat ini, pesonanya sangat keren dan luarbiasa. Ada banyak warga Kepulauan Meranti yang menjadikan Tasik Nambus ini sebagai spot mancing mereka.

Selain indah, tempat ini juga masih natural dan sangat alami.

Kamu bisa mejelajahi kawasan ini dengan menggunakan sepeda motor, kalau bisa sih pakai jenis sepeda motor trail biar lebih asyik melintasi arena lintasan menuju Tasik nambus ini.

Meskipun kawasan Tasik Nambus ini tidak seluas Tasik Air Putih, namun pesona indahnya mampu menyaingi kawasan lainnya.

Lokasi Tasik Nambus ini berada di Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Kepulauan Meranti.

10. Misteri dan Keindahan Pulau Dedap



Tempat Wisata di Kepulauan Meranti
Pulau Dedap - Kepulauan Meranti | Photo by @indoholidayguide

Pulau Dedap yang ada di Kepulauan Meranti ini memiliki cerita yang mirip dengan cerita Malin Kundang yang ketika itu di kutuk menjadi batu oleh sang ibundanya. Cerita itu kemudian hampir mirip dengan apa yang terjadi di Pulau Dedap.

Menurut legenda, Pulau Dedap ini merupakan seorang yang durhaka kepada inunya kemudian di kutuk hingga menjadi Pulau Dedap ini.

Selain tiu, ada keunikan lainnya...

Di Pulau Dedap ini terdapat pohon mangga yang memiliki dua batang, satu batang pohon mangga ini mengarah ke laut dan satunya lagi mengarah ke darat.

Ada anehnya lagi,

Rasa dair kedua mangga tersebut berbeda. Yang mengarah kelaut agak terasa masam, sedangkan yang mengarah ke darat terasa sangat manis.

Namun, dibalik itu semua..

Pulau Dedap ini menyimpan keindahan yang siap untuk kamu jelajahi.

11. Menjelajahi Tasik Air Putih



Tempat Wisata di Kepulauan Meranti
Tasik Air Putih Meranti | Photo by @indoholidayguide

...Selanjutnya ada Tasik Air Putih,

Tasik ini merupakan tasik yang paling lebar, keindahannya selalu menarik perhatian setiap penggunjungnya.

Tasik Air Putih ini sudah mulai mendapatkan perhatian dari Pemerintah Kepulauan Meranti. Tempat ini sudah mulai di benah agar menjadi tempat wisata yang bisa menarik pengunjung untuk datang ke wilayah ini.

Berada di Kecamatan Rangsang, Tasik Air Putih bisa menjadi Spot mancing yang menarik buat kamu yang memiliki hobi mancing.

12. Ekowisata Mangrove Desa Banglas


Tempat Wisata di Kepulauan Meranti
Ekowisata Hutan Magrove di Kepulauan Meranti | Photo by @harianfikiransumut

Ini merupakan wisata yang masuh terhitung baru di Kepulauan Meranti. Keberadaan Ekowisata Mangrove di Banglas ini menambah referensi tempat wisata di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Berlokasi di Dusun II Desa Banglas, Kecamatan Tebingtinggi...

Saat ini, pengunjung sangat ramai datang ke tempat ini, karena memang Ekowisata Magrove yang ada di Desa Banglas ini menawarkan pemandangan alam yang sangat indah.


Sesekali kita menjelajahi beberapa tempat wisata di Kepulauan Meranti ini. Kawasan Kepulauan Meranti memang masih tergolong baru dan natural. Tempat-tempat wisata yang ada di beberapa pulau di Kepulauan Meranti selalu memberikan pesona tersendiri bagi kamu.

...Just try and trip!

0 Response to "12 Tempat Wisata di Kepulauan Meranti Dengan Sensasi dan Panorama yang Unik, Coba dech!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel