10 Tempat Wisata di Bengkalis yang Menarik dan Paling Populer, Traveller Wajib Singgah di Tempat ini

Tempat-Wisata-di-Bengkalis

RiauOnline.id, Wisata Riau – Ada banyak tempat wisata bengkalis yang sangat menarik dan mempesona. Meski hanya sebuah Kabupaten, Bengkalis menyimpan banyak tempat indah yang bisa dijadikan referensi kamu selama liburan di Riau.

…Nah, kadang orang-orang bingung nih mau kemana saat liburan?

Sebenarnya ada banyak tempat wisata, salah satu yang yang ada di Bengkalis ini.

Memang tak sepopuler Bali atau Lombok tapi wisata yang ada di Pulau Bengkalis ini siap memikat hati setiap pengunjungnya lho!

Kalau kamu orang Riau, mungkin nama Kabupaten Bengkalis sudah tidak asing bagi kamu. Tapi sediki asing bagi para traveller yang dari luar Riau yang ingin plesiran dan menjelajah daerah wisata yang ada di Provinsi Riau, khusus yang ada di Kabupaten Bengkalis ini.

Tapi sebelumnya saya jelaskan dulu yang Kabupaten Bengkalis ini dimana, biar nggak pada bingung. Kalau yang udah tau bisa SKIP aja kebawah.

Jadi,

Kabupaten Bengkalis merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Riau, Indonesia. Wilayah Kabupaten Bengkalis ini mencakup daratan bagian timur Pulau Sumatra dan wilayah kepulauan, dengan luas adalah 7.793,93 km².

Pusat kota dan seklaigus menjafi Ibu kota kabupaten ini berada di Bengkalis tepatnya berada di Pulau Bengkalis yang terpisah dari Pulau Sumatra.

Kamu bisa mengakses pulau ini melalui penyeberangan dengan menggunakan ferry Roro di Pelabuhan Pakning - Bukit Batu.

Pulau Bengkalis sendiri berada tepat di muara Sungai Siak, sehingga dikatakan bahwa Pulau Bengkalis adalah delta sungai Siak. Kota terbesar  lainnya yang ada di kabupaten ini adalah kota Duri, Mandau, Bengkalis.

So, tempat wisata yang akan saya jelaskan ini mencakup seluruh daerah Kabupaten Bengkalis, tak hanya yang ada di Pulau Bengkalis.

Nah, simak ulasan berikut ini:

1. Wisata Sejarah Melayu, Berziarah ke Makam Datuk Laksamana Raja Dilaut


Tempat-Wisata-di-Bengkalis

…Oh ya,

Mungkin kamu pernah mendengar lagu yang di bawa oleh Iyeth Bustami berjudul ‘Laksamana Raja di Laut’ Kemudian pada syairnya dilanjutkan dengan kata ‘….Bersemayam di Bukit Batu…’

Ternyata lagu ini tak serta merta tercipta begitu saja.

Ada sejarah yang terkadung dalam lagu tersebut.

Saya kupas dikit ya Sejarah Laksamana Raja di Laut…

Menurut ceritanya seorang Datuk atau Encik Ibrahim merupakan Datuk Laksamana Raja di Laut I, beliau ini diperkirakan berkuasa sekitar tahun1767 hingga 1807 Masehi. Ada empat datuk yang memerintah di Bukit Batu, tiga penerusnya adalah Datuk Khamis, Datuk Abdullah Shaleh dan Datuk Ali Akbar. Mereka digelari Datuk Laksamana II sampai IV.

Kala itu yang Kerajaan yang berkuasa di kawasan Riau adalah Siak atau Kerajaan Siak. Nah, Datu Laksamana Raja di laut ini merupakan bagian dari pembesar Istana.

…Kalau kita istilahkan, sebagai pejabat penting lah!

Laksamana Raja di laut ini memang bermukim di Bengkalis dan kemudian beliau juga memindah lokasi pemerintahannya di kawasan Bukit Batu.

Kalau sekarang, Bukit Batu ini adalah salah satu Kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkalis. Nah, jika kamu ke Pulau Bengkalis maka di kawasan penyebrangan Roro itu adalah kawasan Bukit Batu.

…Beliau ini Keturunan Bugis!

Lho! Kok ada keturunan Bugis, ini kan kawasan orang Melayu?

Begini bro, Laksamana Raja di Laut  merupakan keturunan Bugis dan melayu, dimana Daeng Tuagik, anak dari Sultan Wajok yang kawin dengan anak Datuk Bandar Bengkalis, Encik Mas (seorang perempuan yang berkuasa di pulau Bengkalis).

Daeng Tuagik ketika menikahi Encik Mas telah berjanji untuk tidak memakai gelar Bangsawan Bugis bagi keturunannya. Dari perkawinannya ia mendapat seorang anak yang bernama Datuk Bandar Jamal (1720-1767) yang kelak menggantikan ibunya sebagai penguasa Bengkalis.

Rumah Datuk Laksamana Dilaut IV, Laksamana Ali Akbar terletak Di Desa Sukajadi, sekitar 35 kilometer dari Kota Sungai Pakning, Bengkalis - Riau. Rumah peninggalan Laksamana  seperti rumah adat/ rumah tradisi di Riau. Berbentuk panggung dengan motif-motif melayu dibeberapa ornamen bangunannya.

Banyak kisah-kisah mistis yang diungkapkan oleh warga setempat, terutama harimau jadi-jadian, buaya penunggu dan lain-lain. Ini terkait sumpah selama 100 tahun yang keramat. Nilai mistisnya menjadi penarik sekaligus faktor hambat bagi sebagian orang yang penasaran dengan makam Laksamana Raja Di Laut.

Tidak jauh dari rumah Laksamana Raja di Laut, akan terlihat dua makam Datuk penguasa laut. Yakni Laksamana III dan Laksamana IV. Kedua Makam ini terletak di belakang Masjid Jami’ Al Haq. Mesjid tua peningggalan para Laksamana dulunya.

Tempat wisata di Riau ini termasuk wisata sejarah yang sering banget dikunjungi wisatawan. Bahkan wisatawan dari Malaysia dan juga Brunei Darussalam sering ziarah di Makam Datuk Laksamana Raja Dilaut. Silsilah dari Datuk Laksamana ini berasal dari Negeri Siak yang memiliki keturunan seperti Kesultanan Deli, dan Datuk Laksamana di Riau. Untuk lokasi Makam Datuk Laksamana Raja Dilaut ini berada di Bukit Batu.

2. Bersantai di Pantai Jangkang Bengkalis


Tempat-Wisata-di-Bengkalis

...Pantai Jangkang,

Mungkin bisa menjadi tujuan kamu selanjutnya. Pantai ini indha lho!

Ada pasir putih dan hamparan laur luas yang siap memberikan pesona bagi mata kamu yang selalu sibuk dengan pekerjaan.

...Sesekali nyantai di Pantai Jangkang boleh kan?

Jangan sampai saraf rusak gara-gara kurang liburan, bener nggak?

Jadi, di Pantai jangkang ini kamu bisa melakukan banyak aktifitas bersenang-senang sama keluarga atau kerabat dekat. Misalnya, main volley, sepak bola pasir dan lain-lainnya lagi.

Nggak jauh kok dari pusat perkotaan Bengkalis, hanya berjarak sekirar 25 Kilometer. Tepatnya berlokasi di Desa Jangkang.

3. Menelusuri Adat melayu di Balai Adat Melayu Bengkalis


Tempat-Wisata-di-Bengkalis


Kalau yang satu ini lebih cenderung mengarah pada pendalaman pengetahuan terhadap Budaya Melayu Riau.

...Melihat bangunannya saja kamu akan tepesona! Unik dan bernuansa Melayu.

Trip ke Bengkalis Oke juga tuh!

Jadi, Kabupaten Bengkalis ini termasuk salah satu yang ada di daerah Riau yang kental dengan adat istiadat Melayu.

Nggak salah jika Bengkalis menyimpan banyak pesona dan sejarah Suku Melayu. Hanya saja, mungkin dialek Bahasa Melayu yang digunakan oleh masyarakat biasa agak berbeda dari Bahasa Melayu umumnya.

Akhiran kata yang diucapkan dominan huruf 'O', misalnya:

...'Mike Anak siape?' (Read: Kamu anak siapa)

Kalau dikonversikan ke Bahasa Melayu Bengkalis akan menjadi,

'...Miko Anak sapo?' Kurang lebih seperti itu. Tapi Bahasa yang digunakan tersebut masih bisa di pahami oleh kalangan pengguna Bahasa Melayu pada umumnya.

Jadi, jika ke Bengkalis maka tak ada salahnya singgah dan mengabadikan moment saat berada di Rumah Adat Melayu yang ada di Bengkalis ini.

...Keren kok!


Perjalanan kamu ke Balai Adat Melayu Bengkalis akan membuka mata fikiran dan pandangan kamu terhadap Suku Melayu.

Karena kamu akan melihat arsitektur bangunan ini yang sangat mencerminkan rumah adat Melayu Bengkalis. Selain itu, sangat beberapa detail pada ornamen ataupun ada ukiran yang ada pada kayunya ini.

Sangat unik sekali!

Untuk menuju ke Rumah adat ini maka kamu bisa menuju Lokasi wisata Balai Adat Melayu Bengkalis ini berada di pusat Kota Bengkalis, tepatnya di Jl. Gatot Subroto.

Coba dech!

4. Berkelana di Hutan Lindung Bukit Batu


Tempat-Wisata-di-Bengkalis

'...Bersemayam di Bukit Batu...' Penggalan lagu Laksamana Raja di Laut oleh Iyeth Bustami ini mengacu pada satu tempat bernama Bukit Batu.

Jadi,

Bukit Batu ini merupakan salah satu Kecamatan yang ada di kabupaten Bengkalis, namun keberadaannya berbeda dengan Pulau Bengkalis. Jika kamu akan menuju ke Bengkalis maka tepat di pelabuhan peyebrangan Roro menuju Pulau Bengkalis adalah Bukit Batu.

Ada tempat Wisata alam di Bukit Batu, sebuah Ekowisata yang dikembangkan Pemerintah Bengkalis sebagai tempat kamu adventure.

Wah! Keren nich!

Kawasan ini merupakan kawasan konservasi hutan. Lokasinya di Bukit Batu, serta memiliki kawasan hutan gambut yang cukup luas. Kondisi air tawar yang baik membuat sungai yang berada di Kawasan Hutan Konservasi ini memiliki banyak ikan air tawar.

...Yang punya hobi mancing?

Ini tempat recomended banget buat kamu.

Nah, jika ingin berkeliling menelusuri sungai maka kamu bisa menyewa sampan atau perahu motor punya masyarakaat Setempat.

...Dijami keren dech!


5. Romantisme di Pantai Rupat Utara


Tempat-Wisata-di-Bengkalis

Meski tak sepopuler pantai Senggigi di Lombok atau Kuta di Bali, namun Pantai Rupat Utara memiliki nilai tersendiri.

...Uniknya,

Pantai ini memiliki garis pantainya yang cukup panjang. kondisi pasirnya cukup bersih dan putih sertai keadaan gradasi air laut yang berubah menjadi warna kebiru-biruan, kondisi indah ini siap memanjakan mata kamu selama berada di Pantai Rupat Utara ini.

...Kalau orang bilang sih 'surganya' Bengkalis,

Tak jauh dari area pantai ini kamu bisa membeli berbagai macam kuliner seafood dengan kondisi yang masih segar, karena masyarakat sekitar langsung menangkap ikan dilaut.

6. Naik Gajah di Taman Pelatihan Gajah


Tempat-Wisata-di-Bengkalis

...Ini yang menjadi nilai lebih dari Pulau Sumatera,

Masih banyak terdapat gajah-gajah besar. Meski populasinya mulai berkurang namun kamu bisa menikmati moment ini di Taman Pelatihan Gajah yang ada di Kabupaten Bengkalis ini.

Terutama bagi kamu yang ingin berlibur bersama anak-anak dan keluarga besar.

...Ini moment edukasi lho buat anak kamu,

Berlibur sambil naik Gajah akan menjadi hal yang sangat mengesankan. Karena Gajah sudah masuk hewan yang sangat langka dan susah untuk kita jumpai.

Di sebagian besar daerah Indonesia bahkan tidak memiliki hewan ini.

7. Asrinya Tasik Putri Pepuyu


Tempat-Wisata-di-Bengkalis

..Tempat ini masih sepi,

Jadi, Tasik Putri Pepuyu masih sangat natural dan indah. Keasriannya memang sangat terjaga, asrinya mempesona setiap pengunjung yang datang ke tempat ini.

...Jadi

Tasik itu semacam bendungan air yang mirip danau. Keberadaannya di hutan lindung membuat keindahan Tasik Putri Pepuyu masih original.

Yang asyiknya,

Kamu bisa ngecamp disini ataupun bertualang bersama kawan petualang mu. Lokasi wisata Tasik Putri Pepuyu ini berada di Desa Tanjung Padang, dan kamu bisa menmempuh dengan perahu motor bisa dari pelabuhan Bandar Sri Laksamana Bengkalis.

8. Sensasi Indah di Pulau Rupat Bengkalis


Tempat-Wisata-di-Bengkalis

...Objek wisata andalan alinya adalah Pulau Rupat.

Kawasan ini juga memiliki panorama yang sangat indah dan memukau.

Hingga saat ini, Pulau Rupat banya dikunjungi wisatawa mancanegara. Mereka penasaran dengan keindahan Pulau Rupat ini.

Wisata bahari yang di tawarkan Pulau Rupat ini sangat luarbiasa.

Keadaan pantai yang indah dan alam bawah laut yang cukup mengesankan. Jadi, tak salah kalau Pulau Rupat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang ada di Bengkalis ini.

Lokasi Pulau Rupat bisa di Jangkau dari Bengkalis dengan penggunakan perahu motor dengan jarak tempuh kurang lebih dua jam.

9. Nongkrong Yuk di Lapangan Tugu Bengkalis


Tempat-Wisata-di-Bengkalis

...Kalau yang satu ini untuk suasana santai kamu saat malam tiba,

Seharian mengelilinig wisata Bengkalis bisa kamu tutup dengan nongkrong di Taman Tugu yang ada di tengah kota Bengkalis. Kawasan ini selalu ramai kala malam, ada banyak pemuda-pemudi setempat yang memilih kawasan Taman Tugu ini sebagai tempat ngumpul-ngumpul mereka.

Asyik kan!

Terlihat ada Tugu Mesin Pengebor Minyak Bumi,

Ini merupakan simbol bahwa Kabupaten Bengkalis merupakan sebuah kabupaten yang sangat subur dan kaya akan minyak bumi.

10. Menjelajah Pantai Selat Baru 


Tempat-Wisata-di-Bengkalis

Yang terakhir ada, Pantai Selat Baru,

...Pantai ini sangat indah guys!

Kawasan yang di kelola oleh Pemerintah Daerah Bengkalis ini merupakan kawasan wisata andalan mereka. Jadi, kawasan ini sering menjadi tempat event tradisional khas Melayu Bengkalis.

Berlokasi di selat Baru Kecamatan Bantan, kawasan wisata ini selalu menjadi tempat berakhir pekan masyarakat dari perkotaan Bengkalis, karena lokasinya juga tidak terlalu jauh dari Pusat perkotaan Bengkalis,

...Masih satu pulau dengan Bengkalis

Nah, inilah 10 Tempat Wisata di Bengkalis yang Menarik dan Paling Populer. Tempat-tempat ini wajib masih list tujuan travelling kamu selama di Kabupaten Bengkalis, Riau!

...Have Nice Trip!

0 Response to "10 Tempat Wisata di Bengkalis yang Menarik dan Paling Populer, Traveller Wajib Singgah di Tempat ini"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel