Wisata Religi di Masjid Agung An-Nur Pekanbaru, Indah Desainnya Seperti Taj Mahal Lho!

Masjid Agung An-Nur Pekanbaru
Taj Mahal nya Indonesia | Photo by @harianriau

RiauOnline.id, Wisata Riau - Jika biasanya kita mereview tempat wisata bernuansa alam, maka kali ini saya ingin mengulas tentang Masjid A-Nur di Pekanbaru. Masjid terbesar yang ada di Riau ini memiliki desain yang sangat unik.

...Menyerupai Taj Mahal lho!

Keberadaa Masjid An-Nur ini juga penuh nilai sejarah. Katanya sih, desain yang ada di Masjin ini merupakan perpaduan dari empat budaya yaitu terdapat Budaya Melayu, Budaya Arab, Budaya Turki dan India.

Nah, kebayang nggak kalian bagaiman jika empat kebudayaan itu berpadu menjadi satu?

Tentu akan menjadi sesuatu yang sangat unik dan spektakuler! Sebagian orang mengatakan bahwa Masjid An-Nur ini merupakan Taj Mahal nya Indonesia.

Abisss...Mirip banget sich!

Mari Menelusuri Sejarah Masjid Agung An-Nur


Masjid Agung An-Nur Pekanbaru
Desain yang Sepktakuler Masjid An - Nur Pekanbaru | Photo by @cakaplah

Perlu kamu tahu jika dibalik kemegahan Masjid An-Nur ini terdapat cerita masa lampau yang menjadi bagian dari sejarah. Masjid ini di bangun sekitar tahun 1962 oleh seorang arsitek yang bernama Ir. Roseno.

Masjid An-Nur kemudian rampung di selesaikan sekitar tahun 1968, serarti dikerjakan sekitar enam tahun.

...Cukup lama juga sich?

Atau mungkin pengerjaannya dilakukan secara bertahap sehingga memerlukan waktu yang tergolong cukup lama. Akan tetapi bangunan yang di hasilkan cukup mengundang perhatian banyak orang yang ada.

Karena sebelumnya, sekitar 1960 kala Kota Pekanbaru berubah status menjadi Ibukota Provinsi Riau. Jadi sebelum itu, ada banyak bangunan perkantoran dan lainnya yang harus diselesaikan.

Pembangunan ini dilakukan semasa pemerintahan Riau di pimpin oleh Kaharuddin Nasution hingga pembangunan berlanjut kala kepemimpinan di ganti oleh Arifin Achmad.

Kemudian medapat renovasi dari Gubernur Saleh Djasit sekitar tahun 2000an. Hingga sekarang bangunan Masjid ini terlihat sangat megah!

Desain Unik dan Unsur Kebudayaan Melayu pada Masjid An-Nur


Masjid Agung An-Nur Pekanbaru
Indahnya Masjid An - Nur Pekanbaru | Photo by @hondacommunity

Meski di bangun megah, Masjid AN-Nur ini tidak melupakan meletakkan kebudayaan Melayu dalam detail pembangunannya. Hal ini terlihat pada warna yang digunakan sebagai warna utama pada Masjid ini.. Selain itu, terdapat beranda yang menjadi ciri khas dari rumah adat melayu.

Sebagai pusat kajian agama dan ibadah, Masjid An-Nur selalu ramai, kondisi yang sejuk dan nyaman membuat warga Pekanbaru dan sekitarnya menjadikan Masjid ini sebagai tempat ibadah utama mereka.

Selain itu, mereka juga menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata religi dan keheningan hati.

Filosofi yang ada pada Bangunan Masjid Agung An-Nur


masjid an nur pekanbaru
Megahnya Masjid An - Nur Pekanbaru | Photo by @kemenag

Oh ya..

Pembangunan Masjid ini lengkap dengan makna filosofi yang terkandung didalamnya. Ini adalah bagian dari rencana dan desain awal pembangunan masjid ini.

Misalnya, pada pembangunan empat menara yang bermakna empat sahabat Nabi SAW yaitu Abu Bakar As-Shiddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib.

Tak ada umat Muslim yang tak tahu tentang perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam menyebarkan ajaran Islam hingga saat ini dapat berkembang dengan baik.

Selain tiang menara tersebut, juga terdapat lima kubahnya melambangkan lima rukun Islam yang menjadi pedoman hidup bagi umat beragama Islam. Lima rukun Islam ini menjadi pondasi dasar dalam hidup sebagai seorang Muslim.

Rute dan Akses Menuju Masjid Agung An-Nur Pekanbaru




...Kalau masalah rute kamu tak perlu khawatir!

Posisi masjid ini berada di tengah Kota Pekanbaru, terletak di Jalan Hangtuah, Kelurahan Sumahilang, Pekanbaru. Posisinya berdekatan dengan Rumah Sakit Umum Arifin Achmad. Jalur ini merupakan salah satu jalur utama yang ada di Kota Pekanbaru.

...Jadi aksesnya mudah banget!

Dengan kondisi luas sekitar 12.6 ha, Masjid An - Nur ini sangat cocok untuk kamu yang sedang berada di Pekanbaru. Travelling atau Religi Trip, mungkin kawasan ini menjadi tempat yang paling recommended. Kamu bisa sekedar Sholat atau ibadah lainnya di Masjid ini.

...Selalu terbuka 24 jam kok!

Kamu bisa menggunakan kenderaan Roada dua atau pun roda empat. Selain itu, jika sedang travelling maka kamu bisa menggunakan taksi online, ataupun angkutan umum Trans Metro yang selalu melintasi rute yang melewati Masjid An - Nur Pekanbaru ini.

0 Response to "Wisata Religi di Masjid Agung An-Nur Pekanbaru, Indah Desainnya Seperti Taj Mahal Lho!"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel