Klenteng Hock Sing Kiong, Klenteng Tua Penuh Sejarah di Kabupaten Siak

Klenteng-hock-sing-kiong-siak

RiauOnline.id, Wisata Riau – Kali ini kita akan beralih trip ke Kabupaten Siak, sebuah Klenteng bersejarah yang dikenal dengan nama Klenteng Hock Sing Kiong.

…Tionghoa?

Benar, tempat ini merupakan salah satu tempat peribadatan etnis Tionghoa yang ada di Siak, Riau.

Cukup artisitik…

Meski menjadi minoritas di Indonesia, Etnis Tionghoa juga masuk dalam peradaban sejarah dan budaya di Nusantara ini. Salah satu contohnya yang ada di Kabupaten Siak. Lokasinya pun terletak di kawasan perkotaan dan sangat dekat dengan pusat pemerintahan Kabupaten Siak.

Menurut catatan sejarah, Kelenteng ini dibangun sekitar tahun 1871. Bukti ini terdapat pada bagian atas pintu masuk ke dalam Kelenteng terebut. Jika mengacu pada sejarah Kerajaan Siak, maka bisa dikatakan bahwa Klenteng ini dibangun pada masa kekuasaan Sultan Assyaidis Syarif Kasim Abdul jalil Syaifuddin (Sultan Syarif Kasim I).

Pemerintahan ini berkisar tahun 1864 hingga 1889.

…Wah! 

Berarti etnis cina sudah ada sejak lama dong!

Para peneliti Sejarah mengatakan bahwa kelenteng Hock Sing Kiong ini merupakan sebuah bangunan peribatan keagamaan yang mempunyai banyak keistimewaan dan hal ini tergolong sangat langka.
Kelangkaan itu, misalnya:

Pada bagian arsitektur bangunan, teknologi, pengerjaannya serta bebrbagai ragam hiasan yang ada di Klenteng ini. Keberadaan kelenteng Hock Sing Kiong memberikan nilai unik dalam penelitian sejarah. Sehingga para pakar menggagap ini sebuah keistimewaan pada situ sejarah.

…Tak bisa dipungkiri keberadaan Etnis Tionghoa di Siak.

Hingga sekarang pun kita melihat ada banyak orang-orang Tionghoa di Kabupaten Siak dan daerah-daerah lainnya di Provinsi Riau. Mereka selalu menjadi penggerak roda perekonomian dalam masyarakat.

…Uniknya,

Sebagian besar Etnis Tionghoa masih menggunakan Klenteng ini sebagai tempat peribadatan mereka. Jadi tak heran jika kondisi Kelenteng Tertua di Siak ini masih terawatt dengan baik.

Nah,

Sepertinya kamu perlu menjelajahi Kelenteng Hock Sin Kiong, melihat langsung serta membuktikan bahwa Etnis Tionghoa memang sudah lama eksis dan berkembang di Kabupaten Siak.

…Jika ini menjadi hal yang membuat kamu penasaran dan ingin mengekplor lebih dalam makan kamu bisa sekalian dengan memasukkan tempat-tempat wisata bersejarah lainnya yang ada di Kabupaten Siak, seperti Istana Siak yang masih berdiri Kokoh di tengah Perkotaan Siak.



0 Response to "Klenteng Hock Sing Kiong, Klenteng Tua Penuh Sejarah di Kabupaten Siak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel