Selfie di Kawah Putih Cidiwey, Tempat Wisata di Bandung yang Paling Populer dan Mempesona

kawah putih cidiwey bandung
Indahnya Kawah Putih Cidiwy Bandung | Photo Credit @Okezone

RiauOnline.id, Wisata Bandung -- Kawah putih merupakan salah satu tempat wisata di Bandung, kawasan ini sangat banyak diminati oleh pengunjung baik dari dalam Bandung maupun mereka yang dari luar Bandung yang sengaja datan hanya untuk menikmati pesona Kawah Putih ini.

Jadi,

Kawah Putih ini terletak di di Ciwidey, Jawa Barat. Cidiwey ini sendir masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Bandung. Posisi Cidiwey ini Kira-kira berjarak kurang lebih sekitar 50 KM arah selatan kota Bandung,

...Ada kawah dengan pemandangan Indah!

Kawah Putih ini sendiri merupakan bekas letusan Gunung Patuha yang terjadi di masa lampau, udah lama banget sich!

Letusan Gunung Patuha ini membawa hikmah bagi masyarakat di sekitaran Ciwidey, karena lokasi ini sekarang menjadi sebuah lokasi yang sangat indah.

Pemandangan yang dimilikinya sangat luar biasa, keindahannya mampu memikat banyak pengunjung.

...Coba bayangkan bagaimana indahnya,

Sebuah lokasi dengan konstur tanah erwarna putih, kondisi ini dikarenakan ada percampuran unsur Belerang.

Sedangkan air yang terkandung didalamnya nampak bening sekali dan berwarna putih. Terjadi degrasi warna, ketika kita melihat zona kawan ini maka akan nampak warna air kebiru-biruan. Namun terkadan warna ini dapat berubah sesuai dengan kadar belerang, suhu serta cuaca saat itu.

...Kawah putih ini berada di ketinggian sekitar 2.400 mdpl.

Dengan ketinggian ini maka secara otomatis daerah ini dingin dan rata-rata suhu mencapai 8 derajat celsius hingga 22 derajar celsius. Jadi, jika kamu ingin berkunjung ke daerah ini maka kamu harus membawa pakaian yang agak tebal.

Dingin banget lho guys!

Kawasan ini sering dijadikan sebagai daerah pengambilan gambar, film, hingga prosesi photo weeding. Backgroundnya sangat indah untuk dijadikan dalam latar photo pernikahan kamu. Keren banget.

Menelusuri Sejarah Kawah Putih 

Kawah putih cidiwey bandung
Indahnya Gunung Patuha Bandung | Photo Credit @Jejakpendaki

Di ceritakan bahwa zaman dahulu bahwa Gunung Patuha itu pernah meletus. Peristiwa sadis ini terjadi sekitar abad ke 10, dulunya warga sekitar Gunung Patuha menganggap kawasan ini sangat angker, mereka tidak berani terlalu banyak beraktifitas di kawasan ini.

Selanjutnya, seiring zaman berjalan mindset berfikir tentang keangkeran itu pun berkurang, hingga pada akhirnya ada seorang peneliti dari Jerman datang untuk meneliti Gunung Patuha ini. Peneliti Jerman ini bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn, beliau ini sangat tertarik untuk terus meneliti di kawasan ini.

Hanya saja Dr. Franz Wilhelm Junghuhn sedikit kebingungan karena melihat kondisi sunyi di Gunung Patuha ini, tak ada seekor burung pun yang melintas di atasnya.

Kepenasaran itu berlanjut dengan kembalinya Dr. Franz Wilhelm Junghuhn ke tengah masyarakat Cidiwey dan mulai bertanya untuk mencari informasi lebih dalam lagi. Namun, yang didapat justru sesuatu yang tidak masuk akal menurut Dr. Franz Wilhelm Junghuhn.

Warga sekitar mengatakan bahwa kawasan tersebut sangat angker sehingga burung pun takut untuk melintasi area tersebut.

Indahnya Pesona Kawah Putih | Photo Credit @pegipegi

Namun, kepenasaran Dr. Franz Wilhelm Junghuhn berlanjut hingga ia masuk kedalam rimba untuk mencari tahu apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi.

Hingga pada perjalanan mencapai puncak Gunung Patuha ini, kemudian Dr. Franz Wilhelm Junghuhn melihat sebuah kawah berwarna indah dan memiliki pesona yang sangat luar biasa.

Kejadian itu sekitar tahun 1987, setelah beliau menemukan tempat itu maka hingga sekarang tempat itu menjadi ramai pengunjung.

...Mereka yang datang tertarik dengan keindahannya,

Selanjutnya, pemerintah mulai menata dan menjadikan Kawah Putih ini sebagai tempat wisata. 

Rute dan Cara ke Kawah Putih CIdiwey Bandung


Cara ke Kawah Putih CIdiwey Bandung
Pintu Masuk ke Gerbang Kawah Putih | Photo Credit @detiktravel

Lengkapnya, Kawah Putih ini berada di Jalan Raya Soreang Ciwidey KM 25. Jika kamu yang datang dari Kota Jakarta maka kamu bisa melintasi jalur yang melewati Tol Cipularang dan keluar di Tol Kopo.

..Perjalanan selanjutnya menuju Soreang.

Dari sini kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju bagian selatan Cidiwey. Sedangkan jika kamu menggunakan transportasi umum maka kamu dapat menumpai angkot di terminal Leuwi Panjang. Disini kamu naik angkot dan menuju terminal Cidiwey.

Dari Terminal Cidiwey kamu dapat melanjutkan naik angkot menuju ke Situ Pettanggang dan kemudian turun di gerbang Kawah Putih ini.

Fasilitas yang Ada di Kawah Putih Cidiwey Bandung


Tak banyak fasilitas yang ada di sekitar Kawah Putih ini. Hingga saat ini masih tersedia fasilitas umum seperti Mushollah, Areal parkir yang luas, pusat informasi dan beberapa warung makan juga tersedia.

Berapa Harga tiket masuk Kawah Putih Ciwidey?


Untuk tiket masuk ke Kawah Putih ini tidak ada bedannya antara hari biasa dan weekend atau musim liburan. Tarif masuk yang dikenakan hanya Rp. 15.000 perorang nya. Sedangkan untuk tarif kendaraan adalah sebagai berikut: Parkir atas (mobil): 150.000 Rupiah Parkir atas (motor): 35.000 Rupiah dan Ontang Anting Rp. 13.000. Untuk parkiran areal bawah Mobil Rp. 6.000 dan sepeda motor Rp. 5.000. Khusus Bus dikenakan sekitar Rp. 25.000.

Oh ya,

Untuk Jam buka Kawah Putih Ciwidey ini dimulai dari jam 7 pagi sampai dengan jam 5 sore. 

Finally,

Sebelum kamu akan melakukan perjalanan menuju Kawah Putih Cidiwey ini maka ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, misalnya masalah suhu yang dingin sekali diatas Kawah Putih ini. Jadi, kamu sepertinya harus ingat membawa pakaian yang sedikit lebih tebal agar kondisi badan kamu bisa nyaman. Jangan lupa membawa masker, karena ini kawasan belerang.

Kamu bisa mendapat kan masker di sekitar Kawah Putih ini jika kamu lupa membawanya. Nice Trip ya guys!

0 Response to "Selfie di Kawah Putih Cidiwey, Tempat Wisata di Bandung yang Paling Populer dan Mempesona"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel