Menikmati Indahnya Danau Buatan 'Bandar Khayangan Lembah Sari', Tempat Wisata Populer di Pekanbaru Riau

Danau Buatan Pekanbaru
Danau Buatan Pekanbaru, Riau | Img Source: IG/irwansnb11

RiauOnline.id, Wisata Riau -- Ada sekian banyak tempat wisata di Provinsi Riau, salah satunya adalah Danau Bandar Khayangan Lembah Sari atau yang lebih populer dengan nama Danau Buatan.

Jadi,

Kalau Orang di Pekanbaru menyebutnya dengan nama Danau Buatan. Danau ini memiliki kawasan yang cukup luas sehingga menghadirkan pemandangan yang sangat indah. Di Pekanbaru, sebutan nama Danau Buatan bukanlah tempat yang asing bagi mereka. Lokasi ini merupaka tempat wisata favorite masyarakat Riau, khususnya mereka yang ada di Kota Pekanbaru. Letaknya memang dekat dengan kawasan perkotaan Pekanbaru.

Gambaran Singkat Tentang Danau Buatan Pekanbaru,

...Sekedar informasi,

Danau Buatan ini terletak tidak jauh dari Kota Pekanbaru. Kamu hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 10 kilometer untuk sampai di Danau Buatan ini. Lokasi yang dekat ini menjadikan Danau Buatan selalu menjadi kawasan yang paling sering di kunjungi oleh masyarakat Pekanbaru. Apalagi di akhir pekan atau saat musim liburan sekolah, tempat ini selalu menjadi tujuan utama mereka.

...Sebenarnya,

Danau atau bendungan Buatan ini merupakan sumber irigasi masyarakat Riau. Danau ini mengaliri ke berbagai daerah. Namun, karena keindahan lokasinya kemudian fungsi danau ini meluas menjadi salah satu objek wisata yang ada di Pekanbaru.

Pada tahun 2012, Danau Buatan ini sempat menjadi arena salah satu cabang olahraga yang di perlombakan pada PON XVIII yaitu cabang olahraga jerski Air. Nama Danau Buatan itu sebenarnya nama awalnya, sekarang nama Danau Buatan sudah berubah menjadi Danau Bandar Khayangan Lembah Sari, hanya saja sudah menjadi kebiasaan masyarakt menyebutnya dengan nama Danau Buatan, agak susah untuk di rubah penyebutan namannya.

Kawasan ini dangat luas lho!

Bayangkan aja, area yang tergenang air saja mencapai 150 ha. Di tambah lagi dengan kawasan pepohonan yang lebat di sekeliling Danau Buatan ini. Pokoknya, tempat ini indah banget. Sisi lainnya, Rimbunan pepohonan itu terlihat sangat hijau dengan kondisi dataran yang tidak rata, sedikit ada perbukitan.

Jika posisi Air danau pada kondisi permukaan air normal maka daya tampung danau ini di asumsikan mencapai 5,25 juta m3  air dan danau ini tidak pernah tercatat kering meskiun dalam musim kemarau tiba.

Sedangkan jika musim penghujan tiba maka dengan debit inflow iar yang cukup besar amak permukaan air danau akan tetap dapat dikontrol dengan baik. Hal ini dikarenakan terdapat dua sungai yang berfungsi sebagai spillway yaitu Sungai Limbungan dan Sungai Pengambang yang merupakan kedua anak Sungai Siak.

...Jadi, kondisi Danau Buatan ini selalu stabil normal

Nah, kondisi ini yang menjadikan Danau Buatan sebagai objek wisata andalan Pekanbaru. kawasan yang selalu menjadi pilihan saat berlibur bersama keluarga ataupun teman-teman.

Jika kamu yang hobi bermain air, maka kamu dapat menggunakan sampan dayung atau speedboat untuk berinteraksi langsung dengan air dana buatan ini. Selain itu, juga terdapat sebuah bangunan dengan dinding terbuka sebagai tempat kamu bersantai dan menikmati indahnya Danau Buatan secara langsung dari atas bukit.

Keren kan?

Opsi lainya datang saat senja tiba, kamu akan mendapatkan view sunset yang sangat indah. Karena disekitan Danau Buatan ini merupakan alam bebas dan kawasan hutan. Tak ada gedung yang akan menghalangi pemandangan kamu.

Manjakan mata kamu sepuasnya disin!

0 Response to "Menikmati Indahnya Danau Buatan 'Bandar Khayangan Lembah Sari', Tempat Wisata Populer di Pekanbaru Riau"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel