Balai Kerapatan Tinggi, Satu Destinasi Wisata Siak Dengan Nuansa Sejarah dan Peradaban Kerajaan Masa Lalu

RiauOnline.id, Wisata Riau -- Ada yang unik di pinggiran Sungai Siak? Terdapat sebuah bangunan sejarah yang dikenal dengan nama Balai Kerapatan Tinggi, sebuah bangunan yang unik dan bernuansa melayu. Jika ingin melihat sejarah Kesultanan Siak maka datang lah kemari, selain kamu menuju Istana Siak Sri Iderapura.

Oh ya,

Jika ingin informasi lebih banyak lagi referensi destinasi di Kabupaten Siak maka kamu bisa baca: Tempat Wisata di Siak Paling Populer

1. Sejarah Balai Kerapatan Tinggi Siak



Balai Kerapatan Tinggi siak
Kemegahan Balai Kerapatan Tinggi Kabupaten Siak 

Gaya dan desain pembangunan Balai ini dengan arsitek yang khas khas. Terdapat dua arah pintu masuk yaitu dari sungai dan dari darat (jalan raya).balai kerapatan tinggi. Bagunan Balai Kerapatan Tinggi ini didirikan sekitar tahun 1886, ketika itu yang berkuasa di Kesultanan Siak adalah Sultan Syarif Hasyim, penguasa Siak yang ke XI.

Kala itu, mereka secara gotong royong membangun Balai ini. Mereka yang datang dari wilayah Datuk Empat Suku, yaitu Datuk Suku Tanah Datar, Datuk Suku Pesisir, Datuk Suku Lima Puluh, dan Datuk Suku Kampar. Saling membahu dalam melakukan pembangunan Balai Kerapatan Tinggi ini.

Dulu, namanya Balairung Sari dan digunakan sebagai tempat penobatan Sultan, tempat pertemuan para pembesar istana Siak, sebagai tempat peradilan serta dijadikan juga sebagai tempat menerima tamu kerajaan yang datang ke Siak. Nah, lama kelamaan nama Balairung Sari ini berubah menjadi Balai Kerapatan Tinggi.

Balai ini memiliki banyak fungsi,

Kalau sekarang mungkin fungsi bangunan ini sama dengan Balai Pertemuan Desa lah! Kurang lebihnya seperti itu. Hanya saja pada masa lampau lebih menrah pada kegiatan-kegiatan Kerajaan Siak.

Berbentuk Rumah Panggung dengan dua lantai, Balai Perapatan Tinggi ini memiliki denah segi empat dengan ukutan 30,8 x 30,2 m. Ruang utama dari Balai Perapatan Tinggi ini berada di atas dengan tangga beton berukuran besar untuk naik ke atas.

Balai Kerapatan Tinggi siak
Tampak Elegant Bagain Dalam Balai Kerapatan Siak | Photo by @traveldetik

Nah,

yang menjadi uniknya lagi untuk tangga turun dari Balai Perapatan ini, jika kamu menang dalam perkara maka kamu akan keluar melalui pintu dengan tangganya berbentuk spiral yang berbahan besi dan jika kamu kalah dalam perkara maka kamu harus turun melalui tangga kayu.

Arsitektur Balai Kerapatan Tinggi ini sering dikenal dengan sebutan Sangkar Burung Sirindit”.

Pada lantai atas bangunan ini terdapat tiga ruangan. Pertama ruangan untuk sidang, ruang panitera dan ruang tunggu bagi yang akan mlakukan persidangan. Didalam ruangan ini juga terdapat singgasana kerajaan dengan warna keemasan serta memiliki motif sulur dan naga.

Pada ruangan bawah juga terdapat tiga buah ruangan yang digunakan sebagai kantor dan ruang tuan kadi kerajaan.

Oh ya,

Pada awal-awal pemekaran Kabupaten Siak, Balai Kerapatan Tinggi ini pernah di fungsikan sebagai kantor DPRD Kabupaten Siak.

2. Wisata Sejarah di Balai Kerapatan Tinggi Siak


Destinasi Wisata Siak
Berwisata Sejarah di Balai Kerapatan Siak | Photo by @infoseputarsiak

Letak Balai Kerapatan Tinggi ini tidak jauh dari Istana Siak Sri Inderapura dan Masjid Syahabuddin, berlokasi sekitar 50 meter ke arah barat. Ini adalah bukti kekuasaan Kesultanan Siak di masa lampau pernah menguasai Bumi Melayu ini.

Jadi, kalau seandainya kamu melakukan travelling ke Kabupaten Siak ini maka kamu akan bisa melihat langsung betapa megahnya Kerajaan Siak ini. Mulai dari peninggalan Istana, Balai Kerapatan Tinggi, serta peninggalan-peninggalan lainya.

Nah, kamu bisa membayangkan bagaimana prosesi penobatan Sultan Siak kala itu, bagaimana proses persidangan perkara atau melihat bagaimana ketika Kesultan Siak mengadakan sebuah pertemuan untuk rapat antar pembesar Istana ini.

Asyik kan?

Nampak jelas lho!

Atau jika kamu sedang berada di perairan sungai Siak, maka posisi Balai Kerapatan ini akan nampak berdiri kokoh di pinggiran sungai Siak ini.

Pesonanya sangat mengagumkan, terlihat sangat eksotis sekali. Sesekali kamu hari mencoba untuk menikmatinya langsung di Kabupaten Siak ini.

Jika kamu seorang yang hobi dengan wisata sejarah, maka Kabupaten Siak sangat recommended buat kamu. Karena tempat ini memiliki sejarah panjang dan bukti-bukti peninggalannya masih tertata rapi baik berupa bangunan maupun benda-benda koleksi sejarah.

...Kamu akan melihat banyak koleksi sejarah di sini!

Oh ya,

Jangan lupa bawa camera kamu, abadikan momen kamu selama berada di Kabupaten Siak ini. Sepertinya ini akan menjadi moment terbaik bagi kamu.

3. Cara Menuju ke Lokasi Balai Kerapatan Tinggi Siak


Kabupaten Siak ini mrerupakan salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Riau. Jika kamu dari Kota Pekanbaru maka perjalanan kamu akan meghabiskan waktu sekitar 3 jam untuk sampai ke Siak.

Kamu bisa menggunakan aungkutan umum berupa minibus travel atau bisa juga menggunakan kenderaan pribadi. Ada juga yang datang ke sini dengan menyewa kenderaan di Pekanbaru, hal ini lebih leluasa selama berada di Kabupaten Siak. Sesampai di Kabupaten Siak kamu bisa cari penginapan di sekitaran perkotaan Siak.

Untungnya,

Rata-rata dari tempat bersejarah ini tak jauh dari pusat kota. Jadi akses yang kamu temput tidak memakan banyak waktu. Kondisi jalannya juga sangat baik!

Nah, untuk minibus travel akan dikenakan tarif sekitar 100 ribuan. Kamu bisa naik travel dengan tujuan Bengkalis namun kamu akan turun lebih dahulu di Kabupaten Siak. Kamu bisa memulai perjalanan kamu dengan mengakses tempat-tempat bersejarah yang terdekat seperti Istana Siak, Balai Kerapatan Tinggi, Ziarah ke makam-makam raza, Wisata Religi di Masjid bersejarah dan lainnya.

4. Harga Tiket Masuk Tempat Wisata Siak


Di bebeberpa tempat Wisata Siak tidak di kenakan tarif masuk, namun ada juga yang di kenakan tarif masuk seperti Istana Siak Sri Inderapura, di gate masuk akan terlihat tarif masuknya misalnya untuk orang dewasa dikenakan tarfi Rp. 10.000 untuk orang dewasa dan Rp. 5.000 untuk anak-anak. Sedangkan wisatawan Mancanegara dikenakan tarif Rp. 20.000 dan untuk anak-anak Rp. 10.000.

Untu kawasan wisata lainnya, kamu bisa langsung cek harga tiket masuknya. Karena beberapa waktu lalu ada beberapa perubahan terkait tarif tiket masuk tempat wisata di Siak. Yang jelas nggak mahal kok! Harga tiket nya masih terjangkau banget !

Nah, saat di Istana Siak keamanan agak sedikit ketat terkait pengamanan barang-barang bersejarah ini.

Maklum lah!

Ini kan barang-banrang langka, jangan panjang tangan ya!

5. Fasilitas di Balai Kerapatan Tinggi Kabupaten Siak


Untuk fasilitas yang tersedia di Balai Kerapatan Tinggi Siak ini memiliki fasilitas standar yang dapat kamu gunakan seprti kamar kecil atau toilet dan tempat beristirahat sehabis berkeliling melihat indahnya bangunan bversejarah yang satu ini.

Harapannya,

Jangan jadikan kedatangan dan kunjungan kamu malah merusak aset budaya yang ada di sini. Ingat, ini cagar budaya lho! Jangan coret sana - coret sini, nggak baik!

6. Hotel Atau Penginapan Terdekat dengan Tempat Wisata


Jika kamu yang datang dari luar daerah Siak maka kamu dapat menemukan beberapa penginapan yang ada di Pusat Perkotaan Siak,

Misalnya:

1. Hotel Grand Mempura


Destinasi Wisata Siak
Recepsionist Grand Mempura Hotel | Photo Credit @tripadviseor

Superior
Double Bed  2 Tamu
Sarapan Gratis: Tersedia
Wifi Gratis: Tidak Tersedia
Harga Kamar: Rp. 380,000,-

Deluxe
Double Bed  2 Tamu
Sarapan Gratis: Tersedia
Wifi Gratis: Tidak Tersedia
Harga Kamar: Rp. 480,000,-

Suite
Extra Bed  2 Tamu
Sarapan Gratis: Tersedia
Wifi Gratis: Tidak Tersedia
Harga Kamar: Rp. 800,000,-

2. Hotel Grand Royal Siak


Destinasi Wisata Siak
Salah satu kamar di Grand Royal Siak | Photo Credit @pesonasiak

Standart
Twin Bed  2 Tamu
Sarapan Gratis: Tersedia
Wifi Gratis: Tidak Tersedia
Harga Kamar: Rp. 300,000,-

Superior
Double Bed  2 Tamu
Sarapan Gratis: TersediaWifi
Gratis: Tidak Tersedia
Harga Kamar: Rp. 475,000,-

Deluxe
Double Bed  2 Tamu
Sarapan Gratis: Tersedia
Wifi Gratis: Tidak Tersedia
Harga Kamar: Rp. 350,000,-

3. Hotel Harmoni 21


Destinasi Wisata Siak
Hotel Harmoni 21 Siak | Photo Credit @hotelharmoni

Standart
Twin Bed  2 Tamu
Sarapan Gratis: Tersedia
Wifi Gratis: Tidak Tersedia
Harga Kamar: Rp. 220,000,-

Standart
Double Bed  3 Tamu
Sarapan Gratis: Tersedia
Wifi Gratis: Tersedia
Harga Kamar: Rp. 330,000,-

Superior
Double Bed  2 Tamu
Sarapan Gratis: Tersedia
Wifi Gratis: Tersedia
Harga Kamar: Rp. 330,000,-

Deluxe
Double Bed  3 Tamu
Sarapan Gratis: Tersedia
Wifi Gratis: Tersedia
Harga Kamar: Rp. 440,000,-

Suite
Extra Bed  2 Tamu
Sarapan Gratis: Tersedia
Wifi Gratis: Tersedia
Harga Kamar: Rp. 440,000,-

Suite
Extra Bed  3 Tamu
Sarapan Gratis: Tersedia
Wifi Gratis: Tersedia
Harga Kamar: Rp. 550,000,-

Suite
Extra Bed  4 Tamu
Sarapan Gratis: Tersedia
Wifi Gratis: Tersedia
Harga Kamar: Rp. 660,000,-

Jika ini kamu rasa mahal kamu bisa mencari kamar hotel atau penginapan yang lebih murah lagi, hanya saja fasilitas yang kamu terima sesuai dengan harganya. Ingat, Harga menentukan kualitas lho! Benar nggak!

0 Response to "Balai Kerapatan Tinggi, Satu Destinasi Wisata Siak Dengan Nuansa Sejarah dan Peradaban Kerajaan Masa Lalu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel