30 Tempat Wisata Riau yang Epic dan Mempesona, Traveller Wajib Datang

tempat Wisata riau

RiauOnline.id
, Wisata -- Sebagai salah satu kawasan yang memiliki berbagai tempat wisata riau yang epic dan sangat menarik. Mulai dari wisata sejarah hingga wisata alam, ditambah lagi Provinsi Riau merupakan tempat mayoritas Melayu dengan segala peninggalan kebudayaannya.

...Kalau nak melihat orang yang berbahasa dan berbudaya Melayu maka datang lah ke Riau,

Ex: ...Mike nak kemane ni?

Atau,

...Eee, macam mane awak tengok kampung saye, lawo tak?

Kurang lebih seperti itulah Bahasa Melayu! Namun, dibeberapa daerah terkadang memiliki dialek yang berbeda satu sama lainnya, misalnya kawasan Kabupaten Bengkalis, tiap kata mereka dominan di akhiri dengan 'O' 

Ex: 

'...Mike nak kemane?...' kemudian berubah menjadi '....Miko nak kemano?...'

Selain Bahasa yang khas dan nyaman didengar, Suku Melayu juga memiliki seribu tradisi dan adat budaya, misalnya ada tradisi Tepuk Tepung Tawar, tradisi Makan Sirih dan tradisi-tradisi yang lainnya.

...Ada banyak banget!

Karena kali ini saya ingin nulis tentang pariwisata, maka saya tida akan bahas masala tradisi dan budaya. Kalau mau tahu, kamu bisa baca di artikel sebelumnya berjudul Tradisi Makan Sirih Suku Melayu, Simbolisasi Kerendahan Hati Masyarakat Melayu Kepulauan Riau atau ada juga artikel lainnya yang berjudul Mengenal Tradisi Tepuk Tepung Tawar Riau, Tradisi dan Budaya Unik Dari Tanah Melayu.

Pada dua artikel ini saya mengupas tuntas tentang dua tradisi unik suku Melayu yang ada di Riau, silahkan di baca!

...So,

Kita balik ke topik yang sedang kita bahas, tempat wisata indah yang ada di Riau. Jadi, saya coba buat duat sekitar 30 daftar Tempat wisata epic dan mempesona yang ada di Provinsi Riau.

Simak ya!

Referensi tempat wisata yang bisa kamu datangi saat sedang berkunjung atau berlibur ke beberapa tempat wisata Riau dan ingin menikmati tempat wisata yang ada di daerah ini.

1. Tempat Wisata Kawah Biru di Kampar


tempat wisata riau

Kampar merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Riau. Letaknya berbatasan langsung dengan ibu kota Pekanbaru. Jjika kamu menjelajah Kota Pekanbaru maka kamu juga bisa sekalian berkunjung ke Kawah Biru yang ada di Kabupaten Kampar.

...di Kabupaten Kampar,

Kalau dari Kota Pekanbaru nggak terlalu jauh sich! Jadi, Kampar ini salah satu kabupaten yang berbatasan langsung dengan ibukota Provinsi Riau, Pekanbaru.

Kalau misalnya kamu datang dari luar daerah Riau, entah dari Jawa atau daerah Indonesia lainnya maka kamu akan tiba di Bandara Sultan Syarif Kasim II (SSK II) Pekanbaru. Kamu pasti akan turun di bandara ini,

Jika kemalaman maka kamu bisa mencari penginapan di daerah Kota Pekanbaru. Bisa sekalian menikmati suasana malam di Pekanbaru Lho!

Mungkin pagi harinya baru kamu mengunjungi Wisata Kawah Biru di Kampar, jaraknya juga nggak jauh-jauh banget.

Jadi, lokasi Wisata Kawah Biru ini tepat berada di Desa Tanah Merah, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar. Memang nggak ada jam operasionalnya, kapan mau datang aja! 24 buka kok dan Gratis!

Tapi kamu nggak mungkin datang malam kan? Tempat wisata Riau yang satu ini keren juga kan guys!



2. Sungai 'Ombak Bono' Kampar


tempat wisata riau


Istilah 'Bono Mendunia' mungkin sudah tidak asing bagi kamu, begitu juga ketika melihat iklan di TV nasional yang menayangkan spot Bono dengan ombak yang 'menggila'. Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang hobi berselancar.

..Oh ya guys!

Kalau dulu, orang-orang atau masyarakat di kawasan Bono ini menganggap jika Ombak Bono ini 'Hantu' yang berwujud Gelombang.

Woaaalah...Menakutkan juga!

Waktu itu mereka sebut dengan '7 Hantu', karena memang gelombang besarnya itu ada tujuh, dengan formasi 1 yang besar dan 6 yang agak kecil.

Kononnya lagi, 1 gelombang yang paling besar di tembak pasukan Belanda kala ingin melintasi Kuala Kampar. Itulah mengapa sekarang golambang itu tinggal 6.

Masalah benar atau nggak, saya juga nggak tau!

Lupakan itu, yang jelas spotnya luar biasa guys!

...Bono itu mendunia lho!

Slogan 'Bono Mendunia' itu bukan hanya sebagai slogan semata, memang ombak yang ada di Bono ini memiliki daya tarik tersendiri hingga para peselancar yang ada dibelahan barat bumi ikut penarasan dan ingin mencoba menaklukkannya.

Sekarang,

Bono memang menjadi tujuan para peselancar dunia. Menjadi salah satu tempat wisata riau yang paling di cari.

Sekarang Bono ini memang sudah menjadi target dan tujuan wisata bagi para peselancar dunia yang ingin mencoba menaklukkan wisata 'Ombak gial' ini.

Kawasan ini, masuk ke dalam wilayah administratif Kecamatan Teluk Meranti dengan akses jalan yang sudah mulai membaik.

...Mulai dilakukan perbaikan rutin!

Sayang lho! Ada aset daerah yang sangat berharga kalau tak di rawat dengan baik.

Ini info singkat alamanya:
Lokasi: Sungai Kampar, Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau
Jam Operasional: 24 jam
Harga Tiket: Gratis

...Hobby berselancar! Coba yang satu ini ya!

Oh ya, ada satu hal lagi...

Tentang 'Ombak Gila' yang menjadi tujuan kamu datang ke Bono ini tidak setia hari datangnya. Jadi, ada jadwal sesuai dengan hitungan Bulan Melayu (Tahun Hijiriah).

Kalau mau tahu selengkapnya tentang Wisata 'Ombak Bono' bisa baca dulu artikel ini: Menjajal Wisata Ombak Bono: Dari Ombak 7 Hantu Hingga Tersisa 6 Gulungan Ombak Besar di Muara Kuala Kampar 

Nah, sedangkan untuk perhitungan jadwal datangnya Ombak Bono kamu bisa baca artikel ini: Acuan Jadwal Ombak Bono Untuk Berseancar di Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan

Menarik banget lho guys!

Sesekali kamu bisa mencoba berselancar di atas ombak Bono lalu mengabadikan moment indah selam travelling ke Bono ini

...Saya yakin ini sangat menyenangkan!

3. Wisata Air Terjun Guruh Gemurai di Kuantan Sengingi


tempat wisata riau

...Air Terjun,

Saya yakin banget jika sebagian besar orang-orang diluaran sana itu suka dengan wisata Air terjun, termasuk saya!

...I Love It! and really Love it!

Cuman terkadang lokasi air terjun itu jauh ke dalam hutan! yah, namanya juga ai terjun, mana ada di samping rumah lho! Benar nggak?

Justru, sensasi menuju lokasi ini yang menjadi luar biasa. Ada proses perjalanan dan sebuah perjuangan untuk mencapai keindahan yang kamu ingin kan.

Kalau menurut saya, lokasi dalam hutan akan menambah eksotik dan Indahnya alam wisata Air Terjun yang berbalut indahnya rimba dan nyanyian sendu dari suara burung yang berpadu dengan gemuruhnya air berjatuhan.

Nah,

Kondisi yang saya gambarkan ini sama dengan apa yang ada di wisata Air Terjun Guruh Gemurai. Rimba-rimba indah dengan lebatnya pepohonan akan sangat mengesankan.

Bayangin aja nich!

Kamu udah capek banget berjalan di jalan setapak,

lalu, di ujung pandang mata kamu terdengar suara gemuruh air jatuh yang belum nampak oleh mata kamu. Ketika itu pasti rasa sabar hilang ingin cepat melihat indahnya Guruh Gemurai ini. Seketika sampai, kamu tersenyap! dan hanya menatap indah dan sempurnannya ciptaan Tuhan Semesta ini.

...Inilah Air Terjun Guruh Gemurai!

Jika kalian yang hobi dengan wisata Air maka Air Terjun, maka Air terjun Guruh Gemurai ini bisa menjadi alternatif tujuan berlibur kamu. Letak tempat wisata Air Terjun Guruh Gemurai ini di Kabupaten Kuantan Sengingi, Provinsi Riau.

..Nih lokasi tepatnya:

Lokasi: Lubuk Jambi, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi
Jam Operasional: 08.00-18.00 WIB
Harga Tiket: Rp. 3000 (Dewasa), Rp. 1000 (Anak-anak)

Sesekali kamu harusnya melepas kebosanan selama beraktifitas di Kota, menjelajah alam sama dengan kamu memanjakan diri kamu untuk sejena refresing dan meregangkan saraf-saraf kamu yang sudah berantakan.

...so, just do it! let come and join beberapa tempat wisata Riau ini.

4. Wisata Air Terjun Aek Martua


tempat wisata riau

Nah, satu lagi lokasi Air terjun yang bisa kamu jadikan referensi liburan kamu. Nama tempat ini lebih dikenal dengan sebutan Air Terjun Aek Mertua.

…Aek Mertua?

Kenapa?

Terdengar aneh ya! 

Jadi, kata ‘Aek Mertua’ ini berasal dari salah satu suku yang ada di Riau, yaitu Suku Batak Mandailing.

…Loh, Suku Batak kan dari Medan?

Yaelah! Di Riau juga banyak masyarakat Suku Batak, nggak percaya? Cek aja! Hahaha..
Menurut bahasa Batak Mandailing, Aek Mertua berarti Air Bertuah.

Kenapa nggak pakai bahasa Melayu aja sih? – Banyak ‘Bacot lho!’. Jadi begini, masyarakat yang bermukim disekitaran air terjun Aek Mertua ini berasal dari suku Batak Mandailing. Jadi wajaar dong pakai bahasa batak menyebut nama itu!

Oah, nggak usah ambil pusing hanya bicara masalah nama!

Yang terpenting, tempat ini indah banget guys! Jadi, ada keunikan tersendiri dari Air Terjun Aek Mertua ini. Mereka menyebut Air Terjun Aek Martua dengan sebutan Air Terjun Tangga Seribu. Pada tingkatan pertama kamu bisa bermain air dengan hamparan batu yang lumayan luas.

…nah, jika mau mandi?

Kamu bisa bermain di kolam pada tinkat kedua, disana ada kolam yang berukuran 250 meter untuk mandi dan kondisi air terjun yang ketiga dengan ketinggian 40 meter, untuk sampai ke puncak selanjutnya maka kamu harus punya ‘medali emas’ panjat tebing.

Punya?

Kalau nggak, jangan dech! 40 meter, lumayan tinggi lho!

Lokasi yang satu ini juga sangat asyik untuk di kunjungi. Letaknya di Kabupaten Rokan Hulu atau biasa dengan sebutan Rohul. Air Terjun Aek Martuan berlokasi Bangun Purba Timur Jaya, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu. Kawasan Wisata ini memiliki Jam Operasional selama  24 jam dan untuk masuk kedalamnya Gratis.

5. Indahnya Danau Buatan Khayangan di Pekanbaru


tempat wisata riau

Sekarang kita sedikit beralih posisi kearah Kota Pekanbaru, di pinggiran kota Pekanbaru ini terdapat sebuah danau buatan.

…Danau Buatan,

Anyways, ini nama danau atau maksudnya memang danau itu hasil buatan?

Benar! Nama ini adalah sebuah nama danau yang ada di pekanbaru dan memang danau itu hasil buatan pemerintah Pekanbaru.

…Begini,

Kalau dulunya, danau ini sebuah sungai yang disebut Sungai Ambang, sungai yang berfunsi sebagai irigasi. Nah, kemudian ada beberapa Bagian Sungai Ambang yang berubah semakin hari semakin melebar, kemudian pemerintah setempat membendung kawasan sisi sungai  yang melebar tersebut sehingga membentuk sebuah danau.

…Makanya, orang Riau sebut dengan nama ‘Danau Buatan’.

Pada tahun agenda PON tahun 2012 yang di Provinsi Riau, kawasan Danau Buatan ini menjadi salah satu lokasi perlombaan dari cabang Pertandingan Ski Air.

Sekarang, danau itu menjadi salah satu tempat yang asyik untuk di kunjungi, apalagi bareng si ‘doi’.  Oh iya, sekarang nama resmi dari danau buatan ini adalah Danau Bandar Kayangan Lembah Sari atau Danau Kayangan.

…Disini juga bisa buat event lho!

Jadi, ketika kamu dan rombongan akan mengadakan acara dengan menggunakan panggung maka kamu bisa melakukan ini di sekitaran danau Buatan.  Kerennya, suasana sekitaran Danau Buatan akan membuat acara atau kegiatan kamu lebih enjoy, nyaman dan yang terpenting buat konsep yang matang.

...Untuk loaski, 

Danau Buatan yang ada di dekat Kota Pekan baru ini berlokasi jalam Khayangan, Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Riau. Kawasan ini terbuka 24 jam dan Harga Tiket: Gratis. Kecuali pada hari-hari tertentu, terkadang untuk masuk dikenakan tiket masuk.

6. Wisata Religi Masjid Agung An-Nur di Kota Pekanbaru


tempat wisata riau

…Kalau yang ini agak sedikit religious ya!

So, jangan berfikir akan sama seperti tempat wisata lainya. Ini lebih ke wisata hati dan mendekatkan diri dengan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Berlokasi di Jalan Hangtuah, masjid An-Nur dikatakan sebagai Taj Mahal-nya orang pekanbaru. Jadi, orang-orang di pekanbaru mengatakan Masjid An Nur ini sebagai replica dari Taj Mahal yang ada di India sana.

Gini dech, coba perhatikan gambar di atas artikel ini,

Kamu aja yang menilai sendiri, udah mirip Taj Mahal belum? Mirip atau tidak yang jelas bangunan ini sangat Indah sekali.

…Sejuk hati memandang!

Oh ya! Sekedar informasi, ternyata bangunan ini di dirikan sekitar tahu 1963 dan pembangunannya selesai sekitar tahun 1968.

…Megah, Sangat artistic dan yang jelas religious,

Traveller Muslim,

Kalau agenda kamu ke Pekanbaru, Riau, maka Masjid An Nur ini bisa kalian jadikan sebagai tempat kegiatan religi kamu.

…Sholat, berdoa atau aktifitas lainnya,

Menurut beberapa sumber yang sayabaca, kemegahan Masjid ini di rancang oleh seorang bernama Ir. Roseno dengan 50 X 50 meter. Kawasannya memiliki luas sekitar 400 X 200 meter.

Rombongan juga bisa lho!

Kapasitas masjid ini sekitar 4.500 orang jamaah. Besar kah? Selain itu, bangunan ini juga terdiri dari 3 lantai.

Masing-masing lantai disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya lantai atas digunakan untuk sholat dan pada tingkat bawah digunakan sebagai ruang kantor dan pertemuan.

…Desain lainnya,

Terdapat satu tangga pada bagian muka dan dua tangga di bagian samping. Sedangkan bagian atas terdiri dari 13 pintu dan bagian bawah terdapat 4 pintu serta memiliki kamar besar dan ruang aula.
Oh ya, ada desain kaligrafi karya Azhari Nur lho!

Kok masjid ada kantor, ada ruang pertemuan?

Hmm, jangan salah dulu! Ini kantor buat kebutuhan secretariat kepengurusan Masjid, biar tertata lebih rapi, bukan kantor birokrasi pemerintahan ya! Tempat ini juga sekalian sebagai tempat mengurus segala keperluan atau manajemen Masjid.

Asyik lho!

Fasilitas lengkap serta didukung beberapa fasilitas syiar Islam lainnya seperti Radio An-Nur FM di frekuensi 107.7 MHz. Jadi selain pengajian rutin di Masjid juga ada syiar Islam melalui siaran radion yang jangkauannya lebih luas lagi.

…Lebih kekinian kan!

Selain syiar seperti itu, juga pendidikan Agama terhadap  anak sedini mungkin melalui fasilitas Playgroup, TK, SD, SMP hingga SMA yang kemudian dilengkapi dengan ribuan judul buku yang terkompilasi didalam perpustakaan.

Woow! Really interesting place to go…

Datang dech, lihat sendiri bagaimana kondisi Masjid ini. Pasti sangat mengesankan bagi perjalanan kamu.


11. Wisata Air Terjun Batang Kapas di Kabupaten Kampar


tempat wisata riau

Kalau tadi kita membahas tempat Religi Masjid An-Nur Pekanbaru,

Makaa yang ini beda lagi, kita akan mengarah ke Wisata alam yang ada di Riau. Salah satunya Wisata Air Terjun Batang Kapas.

…Alam memang masih selalu menjadi tujuan berlibur yang menarik!

Kondisi yang selalu mampu menenang kan jiwa kemudian berbalut suara merdu kicauan burung dalam keheningan rimba pepohonan yang lebat. Lalu, terdengar lagi gemuruh suara air yang berjatuhan. Kesunyian yang sempurna kawan!

…Bersantai, menikmati alam di Lubuk Bigau,

Salah satu desa yang  ada di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Keindahan yang spektakuler akan kamu temukan di tempat ini. Meski taka da fasilitas supermewah namun sebuah kenaturalan alam mampu mengipnotis kamu.

Oh ya, kalau kamu mau ke tempat ini maka kamu bisa baca dulu aritek lengkap tentang air terjun yang satu ini. Ini artikelnya: Wisata Air Terjun Batang Kapas, Bukti Riau Punya Surga yang Indah dan Mempesona.

Disana sudah saya kupas habis tentang kondisi Wisata Air Terjung Batang Kapas ini, silahkan di baca-baca dulu ya guys.

Ini lokasinya:

Lokasi: Batu Sasak, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar
Jam Operasional: 24 jam
Harga Tiket: Gratis

Kalau misalnya kamu bersantai dan berlibur di lokasi ini, jaga tangan ya! jangan buang sampah sembarangan sana-sini, merusak lingkungan!

8. Liburan di Taman Wisata Alam Mayang di Kota Pekanbaru


tempat wisata riau

Tempat popular lainnya adalah Taman Alam Mayang, lokasinya di dekat Kota Pekanbaru menjadikan alam mayang ini sebagai pilihan utama untuk bersantai bersama keluarga, ajak anak-anak main.

Lokasi Taman Wisata Alam Mayang ini sangat strategis sih, di pusat kota.  Kamu cukup menuju arah di Jl. H Imam Munandar KM. 8 Kelurahan Tangkerang Timur, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru, Riau. Letaknya ada di situ.

Jadi, ntar jika kamu sampai di kawasan itu tinggal lihat ada plang nama di pintu masuk Taman Alam mayang.

…Tempanya bagus kok!

Biasanya, seharian kamu sibuk sama kerjaan kantor maka Taman Alam Mayang bisa menjadi alternative untuk sejenak menghilangkan kejenuhan kamu.

Duduk santai atau sekedar berjalan-jalan mengelilingi Taman Alam Mayang.

Ini alam terbuka lho!

Selain itu, di Taman Alam Mayang juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas permainan yang cocok buat anak-anak kamu. Misalnya kamu dating bersama keluarga, maka fasilitas ini bisa menghibur anak-anak kamu.

Ada Sepeda Air, bebek air, Karpet Ajaib, Becak, Banana Boat, Bogel, Camper Boat, Kereta Naga, Mandi Bola, serta Balon Loncak. Untuk permainan dengan sedikit mamicu andrenalin di alam terbuka maka kamu bisa mencoba permaianan seperti beberapa permainan Outbund, seperti Safary Train, ATV, juga Flaying Fox.

…Asyik kok!

Di tambah dengan sausana pepohonan yang bisa menyejukkan hari-hari kamu.

Kebayangkan, Pekanbaru tuh lumayan panah!

Nah, suasana di Taman Alam Mayang ini sejuk dan segar. Pepohonan yang ada disanan rindang dan cukup subur. Suasana hijau dedaunan bisa menyegarkan mata kamu yang seharian sibuk menatap layar monitor computer.

Kabarnya sih sekarang ada sesuatu yang baru di Taman Alam Mayang. Ada tambahan permainan seperti Shooting Target, Tembak Reaksi , Bombom Car, serta beragai atraksi-atraksi lucu serta penuh dengan hiburan dari Badut, Topeng Monyet.

Kamu juga bisa menyaksikan dan mengunjungi Studio 3D, atau bagi yang hobi memancing ikan maka kamu dapat memancing sepuasnya dan hasil tangkapannya berupa ikan gurami, ikan lemak, ikan nila dan sepat siam.

Hasil ini boleh dibawah pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga kok!

Bagaimana?

…Tertarik main kesini?

Ini Informasi singkatnya:

Lokasi:  Jl. H. Imam Munandar, Taman Alam Mayang, Tengkerang Tim., Tenayan Raya, Kota Pekanbaru
Jam Operasional: 07.00-18.00 WIB (Setiap Hari)
Harga Tiket: Rp. 20.000,00/orang

Bawa keluarga kamu sesekali berlibur dan menikmati Taman Alam Mayang ini. Nggak jauh kok dari Pusat Kota Pekanbaru.

...and enjoy it!


9. Bermain Gajah di Kebun Binatang Sang Kulim Kabupaten Kampar


tempat wisata riau

Habis bermain dan bercanda gurau di Taman Alam Mayang Pekanbaru, kita selanjtunya beralih ketempat wisata yang lainnya.

…Ada Kebun Binatang Sang Kulim Kabupaten Kampar,

Nah, ini momen berinteraksi dengan binatang-binatang peliharaan yang ada di Kebun Binatang Kulim. Selain tempatnya tidak terlalu jauh dari Kota Pekanbaru, kawasan ini punya banyak koleksi binatang juga.

Jaraknya sekitar 25 kilometer aja!

Lokasi tepatnya di Taman Marga Satwa Kasang Kulim. Memang secara administrative kawasan ini masih masuk dalam dalam wilayah administrasi Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar. Namun, keberadaan tempat dan lokasinya masih di sekitaran perbatasan dengan Ibukota Provinsi Riau, Pekanbaru

Kalau boleh saya rute kan maka dari kawasan Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II (SSK II) Pekanbaru, kamu bisa berbelok ke arah kanan kemudian terus menyusuri Jalan Kaharuddin Nasution. Jangan noleh kiri-kanan, focus aja Ikuti saja terus jalur jalan ini sampai di perbatasan Kampar-Pekanbaru.

…Ntar setiba di ujung Jalan Kaharuddin Nasution maka kamu akan bertemu dengan Jalan Kubang Raya dan terus ikuti. Di pertengahan ada pertigaan simpang Kubang Raya-Soerkarno Hatta, yang bersebelahan dengan Markas Bataliyon Arhanud 13 Kubang Raya.

Oh ya, setiba di pertigaan simpang ini, maka kamu bisa terus saja ikuti jalur lurus dan masih menyusuri Jalan Kubang Raya sampai akhirnya nanti kamu akan bertemu lagi pertigaan simpang menuju kawasan daerahs SMU Plus Provinsi Riau.

Nah, jika udah disini maka kamu bisa belok kearah kanan menuju Kampus SMU Plus Provinsi Riau.
Oke! Belum selesai, masih lanjut lagi!

Sesampai di kampus SMU Plus Provinsi Riau maka kamu akan bertemu dengan Jalan H. Usman pada sisi kanan jalan. Dari jalan ini, sudah terlihat kampus SMU Plus Provinsi Riau yang megah, tapi belum sampai di pintu gerbang utamanya.

….Selanjutnya 

Silahkan masuk sedikit menyisiri Jalan H Usman, dan setelah itu kamu akan ketemu Taman Marga Satwa Kasang Kulim. Mungkin menghabiskan waktu sekitar beberapa menit saja perjalanan dari Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II tadi sampai ke lokasi ini.

Oke ini info singkat Taman Kebun Binatang Kulim:

Lokasi: Jl. Kubang Raya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar
Jam Operasional: 08.00-17.00 (Setiap Hari)
Harga Tiket: Rp 20.000,00 (Dewasa), Rp 10.000,00 (Anak-anak)

Mengenalkan anak-anak kamu dengan melihat langsung binatang-binatang yang ada di kawasan kebun binatang ini bisa menjadi hal yang luarbiasa.

...Anak di ajar melalui lingkungannya langsung.

Bukan kah ini lebih baik!

10. Menjelajahi Desa Wisata Okura di Rumbai Pesisir


tempat wisata riau

…Desa Wisata Okura,

Secara formalnya ini adalah kelurahan Okura, bukan desa sih sebenarnya!

Mungkin saja penyebutannya kurang nyaman ‘Kelurahan Wisata Okura’, nggak branded kedengaranny tapi kalau ‘Desa Wisata Okura’ lebih mantap kan!

Desa ini terletek di pinggiran Kota Pekanbaru dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Siak. Jadi, rada-rada suasana desa gitu sih.

Kalau dulu mah, Kelurahan Okura ini biasa-biasa aja!

Sekarang beda, pemerintah menjadikah kawasan ini sebagai agrowisata dengan beranekaragam tumbuhan produktif. Jadi semacam desa yang sengaja di bentuk menjadi tempat wisata.

…Mendukung banget!

Kondisi aliran sungai Siak juga dijadikan sebagai tempat memancing, sebagai daya tarik penunjung dengan passion memancing.


Jalan akses masuk ke Okura juga sudah bagus, serta sudah dibangun jambatan penghubung Okuran dengan Kabupaten Siak.

Ini info lengkapnya:
Lokasi: Jl. Raja Panjang Okura, Kecamatan Tebing Tinggi Okura
Jam: Operasional: 24 jam
Harga Tiket: Gratis

Yuk! Jalan-jalan ke Desa Wisata Okura...

11. Wisata Buku di Perpustakaan Soeman H.S Riau


tempat wisata riau

...Perpustakaan daerah Riau sangat bagus!

Lihat aja desainnya, keren banget. Berada di Gedung Perpustakaan

Lihta, bagaimana Perpustakaan Soeman H.S ini berdiri megah di Pusat Kota Pekanbaru. Jadi, uniknya bangunan ini juga terletak pada desainnya yang menyerupai sebuah buku terbuka dengan banyak pilar – pilar besar yang menjadi daya tarik yang luarbiasa dari gedung Perpustakaan ini.

Jadi Puswil Soeman H.S. persis terletak di Jln Sudirman Pekanbaru, di kiri dan kanan gedung perpustakaan ini terdapat dua bangunan yang megah, yaitu Kantor Gubernur Provinsi Riau dan Bank Indonesia.

...Jalan Sudirman ini merupakan jalan utama yang membelah Kota Pekanbaru. Nah, posisi Gedung Perpustakaan ini persis disebalah jalan raya ini. Jadi, kalau melihat sekilas maka akan terlihat saling menyilang setengah lingkaran pada bagian atapnya.

Jadi, posisinya itu mirip seperti tempat meletak atau meja tempat untuk membaca Al Quran. Nah, desain ini sengaja dibuat berbentuk seperti ini sebagai makna filosofi akan ajaran Islam yang erat dengan budaya Melayu Riau.

Lokasi: Jalan Jenderal Sudirman No.462, Jadirejo, Sukajadi, Kota Pekanbaru
Jam Operasional: 9.00-17.00 WIB (Senin-Sabtu), Minggu tutup
Harga Tiket: Gratis

12. Beriang Gembira di Riau Fantasi Kota Pekanbaru


tempat wisata riau

....Riau Fantasi,

Atau sering juga disebut dengan Labersa Waterpark.

Kalau di Pekanbaru, lazim menyebutnya dengan kata Labersa. Sebenarnya, didalam area ini ada terdapat dua arena, yaitu waterpark dan theme park. Jika di Waterpark kamu akan bermain dengan air maka selanjuntnya kamu bisa menguji andrenalin kamu di theme park.

Dua wisata ini menjadi hal yang selalu menarik pengunjung, khususnya orang-orang yang ada di Pekanbaru dan sekitarnya.

Misalnya,

Untuk area bermain air, maka kamu bisa berinteraksi dengan Lazy Pool, Adult Pool, Adventure Pool, Baby Pool, dan Crocodile River.

...Lazi Pool itu salah satu wahana yang bermain air dengan menaiki sebuah ban dan pelampung dan kamu akan bermain dengan arus air yang sengaja di ciptakan di arena itu. Panjang arenanya sekitar 950 meter.

Untuk fasilitas Adult Pool, senagaja disiapkan untuk kamu yang suka berenang. Kedalamannya mencapai 1.5 meter.  Sedangkan Adventure Pool adalah fasilitas kolam yang disediakan untuk wahana bermain air bagi anak-anak.

Sedangkan untuk aktifitas memacu andrenalin kamu maka kamu bisa mencoba Crocodile River. Sebuah wahana permainan air namun siap memacu andrenalin kamu. Dan masih banyak wahana-wahan lainnya yang bisa kamu coba.

Sepertinya Riau fantasi benar-benar akan memberikan sensasi terbaik buat liburan kamu kali ini.

Coba dech!

Informasi Alamat dan tarif masuk Riau Fantasi:
Lokasi: Jl. Labersa , Simpang Tiga Bukit Raya , Kota Pekanbaru, Riau Indonesia
Jam Operasional: 09.00-18.00 WIB (Setiap Hari)
Harga Tiket: Rp 60.000,00 (Senin-Jumat), Rp 70.000,00 (Sabtu, Minggu)

13. Menengok Rumah Singgah Tuan Kadi


tempat wisata riau

Terletak di Kampung Bandar Senapelan, Rumah ini menjadi saksi sejarah dalam Kerajaan Siak.

...Jadi,

Keberadaan Rumah Singgah Sultan yang ada di Dekat Jembatan Siak ini merupakan salah satu peninggalan sejarah di Riau.

Tempat ini sering juga disebut dengan Rumah Tuan Kadhi Kerajaan Siak. Keberadaan Rumah Tuan Kadhi Kerajaan Siak  tidak terlepas dari sejarah panjang perkembangan Kerajaan Siak Sri Indrapura yang kala itu tetap melakukan perjalanan ke Senapelan.  Menerut penuturan sejarah, rumah ini merupakan rumah singgah bagi Sultan Siak Sri Indrapura apabila sedang berkunjung ke Senapelan (kawasan Pekanbaru)

Dan pada perkembangannya wilayah Senapelan (Pekanbaru) ini sendiri pernah menjadi Ibukota Kerajaan Siak Sri Indrapura.

Nah, sejarah ini terjadi kala Kerajaan Siak sedang di Pimpin oleh Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah sekitar tahun 1775. Hal ini dilakukan mengingat beberapa hal yang menjadi pertimbangan seperti ekonomi dan politik yang berkembang di wilayah Riau kala itu, maka kemudian  memindahkan pusat Kerajaan Siak dari Mempura ke Senapelan.

Alamat Rumah Singgah Sultan:

Lokasi: Kecamatan Kampung Bandar, Kabupaten Senapelan, Pekanbaru
Jam Operasional: 09.00-17.00 WIB
Harga Tiket: Gratis


14. Belajar Sejarah Melayu di Istana Siak Sri Indrapura Kabupaten Siak



tempat wisata riau


Lokasi: Jl. Sultan Syarif Kasim, Kecamatan Kampung Dalam, Kabupaten Siak
Jam Operasional: 08.00-18.00 WIB
Harga Tiket: Rp 5.000,00 /orang

15. Wisata Religi di Masjid Senapelan Kota Pekanbaru



tempat wisata riau

Lokasi: Jl. Senapelan No.128, Kp. Bandar, Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau 28155
Jam Operasional: 24 jam
Harga Tiket: Gratis

16. Berbelanja di Tradisional Market 'Pasar Bawah' Kota Pekanbaru


tempat wisata riau

Lokasi:Jl. M Yatim No. 1-C, Sidomulyo, Kecamatan Kampung Dalam, Senapelan
Jam Operasional: 08.30-17.00 WIB (Setiap Hari)
Harga Tiket: Gratis

17. Arboretum Universitas Riau


tempat wisata riau

Lokasi: : Jl. HR. Subantas Km. 12,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru, Riau.
Jam Operasional: 24 jam
Harga Tiket: Gratis

18. Liburan di Tempat Agrowisata Tenayan Raya Kota Pekanbaru


tempat wisata riau

Lokasi: Jl. Kadiran, Kulim, Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Riau
Jam Operasional: 08.00-18.00 WIB
Harga Tiket: Rp 5.000,00 (Senin-Jumat), Rp 7.500,00 (Sabtu-Minggu)


19. Mengupas Sejarah Melayu di Museum Sang Nila Utama Kota Pekanbaru


tempat wisata riau


Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No.194, Tengkerang Tengah, Marpoyan Damai
Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB (Senin-Jumat)
Harga Tiket: Gratis


20. Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim


tempat wisata riau

Untuk Lebuh mendetail tentang wisata ini kamu bisa baca artikel berjudul Bercinta dengan Alam di Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim Provinsi Riau agar mendapat informasi lebih mendetail tentang lam di Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim Provinsi Riau.


Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Minas Jaya, Minas, Siak, Pekanbaru
Jam Operasional: 24 jam
Harga Tiket: Gratis


21. Anjungan Seni Idrus Tintin


tempat wisata riau


Lokasi: Kompleks Bandar Seni Raja Ali Haji (Bandar Serai), Pekanbaru
Jam Operasional: 09.00-17.00
Harga Tiket: Gratis

23. Balai Adat Melayu Riau


tempat wisata riau

Lokasi: Jl. Pekanbaru Diponegoro 39, Kabupaten Sumahilang
Jam Operasional: 09.00-17.00 WIB (Setiap Hari)
Harga Tiket: Gratis


24. Taman Kota Pekanbaru


tempat wisata riau

Lokasi: Jl Jenderal Sudirman No. 13716, Simpang Tiga, Bukit Raya
Jam Operasional: 08.00-18.00 WIB (Setiap Hari)
Harga Tiket: Gratis

26. Trans Studio Mini Pekanbaru


tempat wisata riau

Lokasi: Jl. Soekarno – Hatta, Labuh Baru Tim., Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Riau 28292
Jam Operasional: 10.00-21.00 WIB
Harga Tiket: Harga menyesuaikan setiap wahana

27. Wisata di Balai Adat Melayu Bengkalis


tempat wisata riau

Balai adat Melayu yang ada di Bengkalis ini bisa menjadi tujuan kamu selanjutnya selama berada di Provinsi Riau. Lokasi wisata Balai Adat Melayu Bengkalis ini berada di pusat Kota Bengkalis, tepatnya di Jl. Gatot Subroto. Tempat ini sangat bernuansa Melayu, sesuai dengan suku yang mayoritas ada di Bengkalis ini.


28. Menjelajah Hutan Lindung Bukit Batu


tempat wisata riau

Kawasan Hutan ini merupakan kawasana hutan berjenis gambut yang berada di Kecamatan Bukit Batu. Kondisi Sungai yang ada di Hutan lindung ini memiliki air sungai yang cukup jernih dan juga memimiliki biota air yang cukup banyak.


29. Nongkrong Malam di Lapangan Tugu Bengkalis


tempat wisata riau


Lokasinya yang berada di tengah Kota Bengkalis, menjadikan Lapangan Tugu menjadi tempat wisata malam yang ada di Kabupaten Bengkalis.

Sekedar menikmati suasana malam yang ada di Kabupaten Bengkalis. Lokasi yang berada tepat ditengah perkotaan Bengkalis membuat Lapangan Tugu ini semacam pusat peradaban masyarakat Bengkalis.

30. Berziarah di Makam Datuk Laksamana Raja Dilaut


tempat wisata riau

Nah, pernahkan mendengarkan lagu Iyeth Bustami? 'Laksmana Raja di Laut'. Sebenarnya lagu ini mengacu kepada sang Raja yang pernah bertakhta. Saat ini makam Datuk laksamana Raja di Lut menjadi tujuan ziarah makam yang ada di Bukit Batu, kabupaten Bengkalis.

Demikian bayak tempat wisata Riau yang bisa menjadi prioritas kunjungan kamu selama berada di Bumi Lancang Kuning ini.

Have Nice Trip...

0 Response to "30 Tempat Wisata Riau yang Epic dan Mempesona, Traveller Wajib Datang"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel