Menelusuri Indahnya Pemandian Tengku Ampuan Zahara/Lubuk Pelawan di Daik Kabupaten Lingga

pemandian-tengku-ampuan-zahara-lubuk-pelawan-daik-lingga

RiauOnline.id
-- Memngupas wempat wisata sejarah yang ada di Kepulauan Riau memang tak ada habis-habisnya. Kawasan yang menjadi Induk Melayu ini memiliki banyak tempat yang menjadi peninggalan sejarah.

...Desa/Kelurahan Daik

Daik merupakan salah satu Desa atau kelurahan yang ada di kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga, provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Desa atau Kelurahan Daik ini memiliki kawasan yang sangat indah. Salah satu yang paling terkenal adalah Pendakiannya menuju Gunung Daik yang penuh dengan misteri.

Menurut sejarah Daik Lingga dulunya merupakan pusat pemerintahan kebesaran Kesultanan Lingga (Kerajaan Melayu Lingga). Jadi menurut catatan sejarah mengatakan bahwa kekuasan ini berkisar pada tahun 1878 hingga 1900. Inilah mengapa di Daik Lingga banyak meninggalkan benda-benda atau lokasi-lokasi bersejarah. Ini menjadi bukti kebesaran sebuah Kesultanan Daik Lingga kala itu.

Nah, satu lagi yang menjadi tempat untuk kita tetap belajar mengingat sejarah berupa Pemandian Tengku Ampuan Zahara/Lubuk Pelawan di Daik.


...Menurut sejarahnya,

Pemandian Tengku Ampuan Zahara/Lubuk Pelawan di Daik kala itu merupakan tempat pemandian putri Diraja Sultan Mahmud Muhazam Syah, Engku Embong Fatimah istri Yamtuan Muda Muhammad Yusuf Bunda dari Sultan Lingga yang terakhir Sultan Abdul Rahman Mu’ahan Syah Sultan Lingga yang ke enam dan istrinya Engku Ampuan Zahara.

...Pulau Lingga di mana sih?

Jika di Provinsi Kepulauan Riau kawasan yang paling terkenal adalah Batam. Maka kamu bisa akses menuju Daik Lingga memalui Batam kemudian menuju Bintan. Jarak dari Pulau Batam ke Pulau Bintan itu kan 30-an km menggunakan jalur laut Speed Boat sedangkan dari Bintan menuju Pulau Lingga agak sedikit jauh lagi sekitaran 100 km. Jadinya, total jarak dari Pulau Batam ke Pulau Lingga ya sekitar 130-an km!

Nah, jika kamu sedang berada di Daik Lingga maka tak ada salahnya ikut melihat dan menikmati indahnya Pemandian Tengku Ampuan Zahara/Lubuk Pelawan di Daik Kabupaten Lingga ini. Nikmati dan telusur sejarahnya.

0 Response to "Menelusuri Indahnya Pemandian Tengku Ampuan Zahara/Lubuk Pelawan di Daik Kabupaten Lingga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel