Mengapa Kerajaan Johor Bisa Berkembang dengan Pesat?

Sejarah-kerajaan-johor

RiauOnline.id
--Melayu menyisakan banyak kenangan sejarah, Keberadaan kerajaan Melayu selalu mengisi pos sejarah yang selalu diuraikan di bangku sekolah ataupun kalangan penelitia sejarah. Salah satu yang paling kita kenal adalah Kerajaan Johor.

...Jadi,

Sebelum kina mengenal istilah Indonesia atau pun Malaysia, ada sebuah sistem yang mengurus satu wilayah tertentu. Sistem inilah yang disebut dengan kerajaan atau kesultanan. Jadi, yang berkuasa wilayah tersebut adalah kerajaan yang berdiri di sana melalui sang penguasa 'Raja' atau pun 'Sultan'.

Di Indonesia, kita mengenal Kerajaan Majapahit, Kerajaan Sriwijaya, Kerajaan Singasari dan masih banyak kerajaan-kerajaan lainnya. Eksistensinya mulai memudar setelah mereka sepakat untuk menyatukan diri dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ada kajian yang menarik di Kerajaan Melayu Johor.

Nah, sekarang Kerajaan Johor adalah bagian dari Malaysia. Jauh sebelum itu, Kerajaan Johor memiliki ikatan darah dengan Melayu yang ada di Riau dan Kepulauan Riau. Keterikatan itu terbukti dari hubungan darah antara kerajaan Johor dan Kerajaan Siak, begitu juga dengan kerajaan-kerajaan Melayu lainnya yang ada di Riau dan Kepulauan Riau.

...Kerajaan Johor?


Kerajaan Johor merupakan salah satu dari beberapa kerajaan tertua dalam lingkaran kerajaan Melayu. Jadi, kerajaan ini muncul sekitar abad 16 dan 17 setelah kerajaan Malaka mulai mengalami keruntuhan.

Keruntuhan Kerajaan Malaka membuat Kerajaan Johor membentuk diri dengan kepemimpinan pertama yang berkuasa adalah Sultan Alaudin Riayat Shah II.

Lokasi Kerajaan Melayu yang terletak di Bagian Semenanjung Tanah Melayu, lokasi ini berada ditengah jalur yang sangat strategis di tengah-tengah ilir mudik perdagangan dari timur dan dari barat. Kondisi ini tentu sangat menguntungkan bagi Kerajaan Johor.

Letak geografis ini sangat dimanfaatkan oleh Kerajaan Johor. Hal ini terbukti dari kemajuan yang dialami Kerajaan Johor dan berkembangnya ekonomi rakyat Kerajaan johor oleh dampak padatnya lalu lintas perdagangan yang melintasi Kerajaan Johor.

0 Response to "Mengapa Kerajaan Johor Bisa Berkembang dengan Pesat?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel