Acuan Jadwal Ombak Bono Untuk Berseancar di Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan

jadwal-ombak-bono

RiauOnline.id
, Wisata Riau -- Ombak Bono menjadi salah satu lokasi dengan ombak terbaik yang ada di Dunia. Bagi para pelancar, menaklukkan Ombak yang ada di Bono Kuala Kampar menjadi Kepuasan tersendiri.

Nah, untuk informasi seputaran Wisata Bono sudah saya tuliskan pada atikel sebelumnya yang berjudul Menjajal Wisata Ombak Bono: Dari Ombak 7 Hantu Hingga Tersisa 6 Gulungan Ombak Besar di Muara Kuala Kampar, silahkan di baca jika membutuhkan informasi lengkap mengenai sejarah dan lagenda Ombak 7 hantu di Bono hingga informasi rute menuju lokasi Bono di Kuala Kampar tersebut.

Jika kamu termasuk salah satu orang yang berminat untuk menaklukkan ombak besar Bono maka kamu harus tahu persis jadwal ombak tersebut akan datang. Perlu diketahui jika Ombak Besar Bono tidak datak setiap harinya, ada jadwal-jadwal tertentu. Berikut Contoh Kalende Hijriah yang di pakai menghitung Jadwal Ombak Bono di Kuala Kampar:

jadwal-ombak-bono

Kunjungan di waktu yang sesuai dengan jadwal ombak besar tentu akan memberikan kepuasan bagi kamu untuk menaklukkan gelombang besar tersebut, namun jika datang tanpa memperhatikan jadwal maka besar kemungkinan kamu akan kembali dengan rasa kecewa.

...Jadi,

Menurut penghitungan Bulan Melayu dalam Tahun Arab, maka Ombak Bono biasanya akan datang pada 10-20 bulan Melayu.Puncak Gelombang Bono biasanya terjadi pada tanggal 13-16 bulan Melayu. Ombak Besar tersebut berwarna kecoklatan sesuai dengan tektur sungai Kampar. Nah, Selain itu, Ombak Bono juga terjadi sekita awal bulan dan akhir bullan dalam hitungan tahun Arab.

Biasanya, pada musim penghujan kondisi Ombak Bono akan besar, hal ini dikarenakan debi air yang cukup besar dari Sungai Kampar menuju ke muara atau Kuala Kampar. Diprediksi sekirat bulan November dan Desember. Perlu diketahui bahwa lokasi dikat Pulau Muda yang ada di tengah aliran sungai Kampar ini adalah lokasi terbaik untuk berselancar. Hal ini dikarenakan adanya penyempitan aliran sungai itu sendiri. Jadi, posisi kanan dan kiri Pulau Muda ini akan terjadi ombak besar di waktu seperti ini.

Kondisi Ombak terbesar akan terjadi di Tanjung Perbilahan. Ombak ini terbentuk karena adanya pertemuan ombak yang datang dari kanan dan kiri Pulau Muda. Sedangkan untuk kedalaman Sungai Kampar ini relatif dangkal hanya berkisa 1-2 meter dan hanya bagian-bagian tertentu yang memiliki kedalaman hingga 10-15 meter.

Note:
Perlu diingat bahwa Kalender Masehi dan Kalender Arab atau dengan istilah 'Hitungan Bulan atas' berbeda. Maka dalam melihat jadwal ombak yang ada di Kuala Kampar ini mengacu kepada kalender hijiriah dan bukan kalender masehi.

0 Response to "Acuan Jadwal Ombak Bono Untuk Berseancar di Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel