Sejarah Kerajaan Selaparang: Sebuah Kerajaan yang Pernah Menguasai Pulau Lombok

Sejarah Kerajaan Selaparang: Sebuah Kerajaan yang Pernah Menguasai Pulau Lombok

Admin
Wednesday, 27 November 2019

sejarah-kerajaan-selaparang

RiauOnline.id – di Pulau Lombok, Kata ‘Selaparang’ mengacu kepada nama Bandar Udara yang ada di Kota Mataram (Eks Bandara Lombok) serta bisa juga mengacu ke nama jalan yang ada di tengah-tengah poros kota Mataram.

…Sebenarnya…

Asal mula kata Selaparang ini sebenarnya adalah nama sebuah Kerajaan yang pernah berkuasa di Pulau Lombok, yaitu Kerajaan Selaparang.

Pernah dengar nama kerajaan ini….

Sedikit berfikir mundur mengingat sebuah kerajaan besar yang pernah menguasai Nusantara yaitu Kerajaan Majapahit. Sekitar tahun 1343 Masehi, Majapahit mengutuskan Empu Nala untuk memimpin pasukan dan melakukan ekspedisi perluasan wilayah kekuasaan dengan melakukan penaklukan terhadap Bali.

…Pulau Bali di Taklukkan…

Ekspedisi ini ternyata terus dilanjutkan ke Pulau Lombok yang tetap berada di sebelah Pulau Bali. Kala itu Empu Nala dan Pasukanny berada di Kawasan yang selaparang (sebelum bernama Kerajaan Selaparang), daerah itu mereka sebut dengan nama SELAPAWIS.

Jika didefinisikan Sela berarti Batu dan Pawis berarti di taklukkan, secara sempurna bearti sebuah kawasan atau daerah yang di taklukan.

Kedatangan Majapahit dan menaklukkan Lombok ini dapat dibuktikan dengan adanya penemuan beberapa prasasti yang salah satunya ditulis dalam memoar yang mereka sebut Bencangah Pinan.

Dipuncak kejayaannya, kekuasaan Majapahit sangat kokoh dan tak tergoyahkan. Pengaruh besar dikawasan kekuasannya mulai memudar kala Kerajaan Majapahit mulai berada di ambang keruntuhan. Di lombok sendiri mulai berdiri beberapa kerajaan pasca runtuhnya Kerajaan Majapahit.

…Pasca runtuhnya Majapahit?

Sempat menjadi sebuah Kerajaan superpower, Majapahit akhirnya runtuh. Keruntuhan ini membuat banyaknya bermunculan kerajaan-kerajaan kecil di Pulau Lombok.

Misalnya: Kerajaan Selaparang, kerajaan Lombok, Langko, Pejanggik, Parwa, Sokong dan Bayan dan beberapa desa kecil lainnya: Pujut, Tempit, Kedaro, Batu Dendeng, Kuripan, Kentawang.
Kerajaan Selaparang masih berkiblat kepada Kerajaan Majapahit.

Ingat, kawasan Selaparang ini merupakan bekas wilayah yang pernah diduduki olrh Empu Nala dan pasukannya. Sejarah selanjutnya, Empu Nala memiliki keturunan-keturunan yang banyak, sebagian dari mereka ini memegang kekuasaan di beberapa Kerajaan di Lombok.