Atkins Diet, Program Diet Dengan Menekan Nafsu Makan dan Mengkonsumsi Makanan Rendah Karbohidrat

Atkins Diet, Program Diet Dengan Menekan Nafsu Makan dan Mengkonsumsi Makanan Rendah Karbohidrat

Admin
Sunday, 3 November 2019

program-diet-atkins

RiauOnline.id – Program diet hingga saat ini masih menjadi hal yang paling sering dilakukan oleh banyak orang, terutama kaum wanita. Keinginan mereka untuk melangsingkan badan dan selalu tampil slim selalu menjadi hal yang utama.

Nah, salah satu program diet yang terkemuka yang di adaptasi oleh seorang pakar kesehatan bernama Dr. Robert Atkins sekitar tahun 1960an.

Dr. Robert Atkins ini mencoba memecahkan masalah kegemukan dan bagaimana cara menurunkan berat badan yang ideal.

# Sekilas Tentang Diet Atkins


Nah, pada tahun 1960an Dr. Robert Atkins mencoba memecahkan masalah kondisi berat badannya yang ketika itu mengalami kegemukan setelah beliau menyelesaikan Pelatihan Sekolah Kedokteran dan Sekolah Kedokteran Specialis.

Setelah mencoba pada dirinya sendiri, pada kemudian waktu Dr. Robert Atkins melakukan uji coba terhadap ribuan pasiennya.

Sukses!

Kesuksesan itu lalu ia tuangkan dalam serial buku yang dimulai dengan judul “Dr. Atkins’ Diet Revolution” sekitar tahun 1972. Walaupun pada akhirnya buku ini mengalami banyak revisi namun Dr. Atkins tetap berada pada konsep aslinya dan hanya mengalami beberapa perubahan.

# Seperti Apakah Diet Atkins yang dipopulerkan oleh Dr. Robert Atkins tersebut?


Jadi konsep Diet yang dikemukan oleh Dr. Robert Atkins ini merupakan pola diet yang tinggi asupan lemak dan protein, namun rendah karbohidrat.

Lemak?

Apakah sehat untuk tubuh kita?

Sebuah pertanyaan yang timbul dikepala kita ketika mencoba untuk memahami pole diet Atkins ini. Jika dilihat dari pola pola asupan makan dari makanan yang tinggi lemak sebenarnya tidak baik untuk kesehatan dan asupan terhadap tubuh kita.

Banyak pakar yang mengatakan bahwa ketika kita mengkonsumsi makanan berlemak diketahui dapat meningkatkan kolesterol dan risiko penyakit kronis lainnya.

Nah, uniknya adalah ada penelitian yang sudah melakukan riset terhadap hal ini, jumlahnya kurang lebih sekitar 20 penelitian selama 12 tahun terakhir ini mengemukakan bahwa metode diet Atkins dinilai baik untuk menurunkan berat badan. Itu artinya, Diet Atkins tidak membahayakan kondisi tubuh kita.

Dalam penelitian ini mengungkapkan bahwa Lemak jenuh dan lemak trans akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh kita. Namun, tidak semua jenis lemak yang ada didalam tubuh kita itu bernilai buruk.

Contohnya: Lemak tak jenuh HDL, alias lemak baik, tetap diperlukan oleh tubuh untuk membantu menjalankan fungsi normalnya.

Justru lemak tak jenuh yang terdapat didalam tubuh kita dapat berfungsi melindungi kesehatan jantung, mengontrol gula darah, dan membantu mengurangi berat badan.

Oke!

# Sampai disini kamu pahamkan Diet Atkins itu seperti apa?


Nah, jika sudah mengerti maka kita lanjut lagi ke pembahasan lebih dalam mengenai program diet Atkins ini,

Perlu diketahui lagi bahwa konsep atau pola yang diterapkan dalam diet Atkins ini adalah menekan nafsu makan. Banyak perencana melaporkan bahwa rasa sakit kelaparan di antara waktu makan yang mereka alami mengalami memudar dengan cepat.

 Ini membuatnya mudah untuk mempertahankan diet dan mempertahankan penurunan berat badan. Sementara diet lain diberi makan di antara waktu makan, diet Atkins memberikan bantuan konstan untuk kelaparan.

Diet Atkins, dengan kombinasi spesifik makanan dan bahan-bahan, memiliki efek yang kuat pada penekanan nafsu makan.

Bahan utama pertama adalah jumlah protein dalam diet Atkins. Protein, lebih dari karbohidrat, memiliki kemampuan untuk memadamkan rasa lapar. Jika Anda sudah makan banyak dengan karbohidrat dan kemudian merasa lapar, Anda tahu bahwa karbohidrat tidak memiliki banyak kelangsungan hidup. Protein, jika dikombinasikan dengan sedikit lemak sehat, dapat membuatnya kenyang untuk jangka waktu yang lama.

Salah satu makanan paling kuat untuk menekan nafsu makan dalam diet Atkins adalah telur. Telur adalah bentuk protein yang cepat dan mudah. Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa makan telur untuk sarapan akan mencegah rasa lapar selama sisa hari itu.

Penelitian difokuskan pada dua kelompok wanita. Satu kelompok makan telur untuk sarapan dan yang lainnya makan roti dan keju krim. Jumlah kalori untuk sarapan keduanya persis sama. Peserta menyaksikan apa yang mereka makan selama sisa hari itu dan menjawab pertanyaan tentang tingkat kelaparan dan kepuasan sepanjang hari.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita yang makan telur untuk sarapan merasa lebih nyaman sepanjang hari. Mereka makan lebih sedikit di setiap makan daripada wanita yang berada di kelompok roti.

Telur masing-masing mengandung sekitar 6 gram protein. Ini membantu mencocokkan gula darah dan menghasilkan perasaan puas. Kedua faktor tersebut membantu mengekang hasrat. Kuning telur juga mengandung lutein dan xenazantine.

Nutrisi ini telah terbukti memiliki efek luar biasa pada kesehatan mata. Karena itu, penting untuk memakan seluruh telur, bukan telur yang bening. Telur mengandung kolin penting dalam fungsi otak dan memori. Nutrisi ini hanya merupakan manfaat tambahan dari kualitas penekan nafsu makan.

Brokoli dan kembang kol, dua sayuran yang dimasukkan dalam program Atkins, juga memiliki efek menekan nafsu makan.

Sayuran ini sangat besar dan membantu perut Anda merasa kenyang. Ketika Anda merasa perut Anda penuh, itu benar-benar akan membuat respons kimiawi dalam tubuh Anda.

Tubuh Anda akan mengurangi nafsu makan karena Anda merasa perut Anda penuh dengan makanan berkalori tinggi. Ini akan terjadi tidak peduli apa yang ada di perut Anda. Anda dapat mencapai hasil yang sama dengan serat air kulit psyllium. Kembang kol dan brokoli menambah volume ke dalam diet Anda, dua sayuran penting dalam rencana Atkins.

Diet Atkins berfokus pada makan makanan kecil protein seimbang kadang-kadang setiap hari. Ini akan membantu menjaga gula darah stabil dan menghindari mengidam karbohidrat.

Dengan diet karbohidrat tinggi, Anda berada pada gelombang kadar karbohidrat tinggi. Setelah makan, Anda merasa sehat dan kenyang.

Kemudian, setelah beberapa jam, Anda mogok dan Anda lebih lapar dengan makan karbohidrat. Siklus ini berlanjut, dan seiring waktu, Anda akan makan lebih banyak dan menambah berat badan. Protein, diet lemak dan sayuran dari rencana pemulihan gula darah Atkins.

Mereka menyediakan jumlah yang cukup untuk setiap jenis makanan, dengan jumlah karbohidrat yang cukup (dari sayuran). Sayuran menyediakan energi karbohidrat cepat, dan protein memberi makanan kelayakan. Kombinasi ini membantu menekan nafsu makan.

Diet Atkins sebenarnya adalah diet penekan nafsu makan yang dapat membantu menekan nafsu makan.

Jika Anda memiliki masalah dengan mengidam karbohidrat sebelumnya, cara makan baru ini akan membantu mengendalikan hasrat ini.

Semakin banyak makanan yang Anda makan dalam rencana, semakin banyak keinginan Anda untuk mengendalikan, dan semakin mudah untuk mengikuti diet.