5 Tips untuk Menurunkan Berat Badan Ketika Usia Kamu Sudah 30an

5 Tips untuk Menurunkan Berat Badan Ketika Usia Kamu Sudah 30an

Admin
Thursday, 17 October 2019

tips-menurunkan-berat-badan

RiauOnline.id – Diet atau menurunkan berat badan masih menjadi masalah besar bagi parakaum hawayang selalu ingin tampil modis dan langsing.

Ketika berat badan mereka mulai drastic usai melahirkan hingga porsi makan yanglebih banyak maka banyak hal yang mereka lakukan demi tetap dapat mengontrol berat badan mereka.

Pada laman Wikipedia.org menjelaskan bahwa Menurut orang Indonesia, kata diet lebih mengacu atau merujuk pada menurunkan berat badan atau mengatur asupan nutrisi tertentu yang masuk kedalam tubuh kita atau anglebih sering kita dengar dengan isilah diet.

Baca Juga artikel lainnya:

Jadi sebelum kamu memprogramkan diet atau menurunkan berat badan sebaiknya kamu harus paham informasi dan definisi diet yang baik. Banyak orang yang melakukan diet tanpa mengatur jumlah asupan nutrisi yang masuk kedalam tubuh mereka.

Kebanyakan mereka memiliki mindset bahwa:

Diet = Kurangi makan

Tak salah namun tak sepenuhnya benar. Ada beberapah hal yang harus kamu perhatikan mulai dari kebutuhan tubuh akan asupan nutrisi hingga sebuah konsistensi akan olahraga.semuanya harus terukur.

Selanjutnya, menjadi hal yang harus kamu perhatikan berkaitan dengan definisi menurunkan berat badan. Ada tiga jenis menurunkan berat badan, yaitu:

Menurunkan Berat (Massa) Badan misalnya bagi model atau aktris yang ingin menjaga penampilannya. 

tips-menurunkan-berat-badan

Jenis menurunkan berat badan ini untutetap konsisten menjaga penampilan. Terlihat tetap langsing dan porsional. Mengapa mereka melakukan ini? Sangat erat kaitan dengan profesi mereka yang harus tetap menjaga dan merawat tubuh mereka agar selalu terlihat segar, langsing dan tetap tampil menawan.

Jenis diet atau menurunkan berat badan jenis ini yang banyak diikuti oleh banyak kaum wanita yang ingin tetap berpenampilan menarik.

Meningkatkan Berat (Massa) Badan misalnya bagi olahragawan atau atlet binaraga yang ingin meningkatkan massa otot.

tips-menurunkan-berat-badan


Pada jenis diet atau menurunkan berat badan ini berbeda dengan yang jelaskan diatas. Kalau jenis yang satu ini lebih banyak dilakukan oleh para atlet binarahawan.

Mengapa? 

Karena mereka memang membutuhkan otot-otot mereka untuk tetap telihat. Nilai jual mereka memang terletak pada otot-otot mereka.

Pantang Terhadap Makanan Tertentu misalnya bagi penderita diabetes (rendah karbohidrat (glukosa) dan kalori)

tips-menurunkan-berat-badan


Kebutuhan diet atau menurunkan berat badan yang satu ini dibutuhkan karena ada organ tubuh yang sudah tidak berfungsi dengan baik. Sehingga mereka perlu membatasi apa yang mereka konsumsi, terutama makanan yang tinggi akan kadar gula.

Baca Juga artikel lainnya:

So, pahamkan?

Jangan mendefinisikan diet dalam artian yang sempit, maknai diet mana yang sedang kamu butuhkan. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan pola asupan nutrisi oleh tubuh pada tiap-tiap jenis penurunan berat badan.

Orang yang ingin menurunkan berat badan seperti yang dilakukan para aktris berbeda dengan pola penurunan berat badan yang dilakukan oleh para binaragawan. Begitu juga dengan mereka yang ingin menurunkan berat badan atau membatasi jumlah makan pada pengidap  diabetes.

tips-menurunkan-berat-badan
Jenis Menurunkan Berat badan | Doc. www.riauonline.id
Nah, sampai disini pahamkan?

Baca baik-baik jenis kebutuhan mana yang sedang kamu perlukan. Beda jumlah dan jenis asupan nutrisi akan berpengaruh terhadap massa atau berat yang akan terjadi pada tubuh kamu. Jadi sangat perlu kamu perhatikan.

Mulailah dari pola makan, berolah raga secara konsisten, hingga memberikan asupan nutrisi sesuai dengan kebutuhan tubuh. Melakukan tiga hal tersebut akan memaksimalkan  fungsi organ tubuh untuk dapat bekerja dengan baik.

“Saya udah berusia 30-an tahun, agak sulit untuk program diet…”

Lalu timbullah pertanyaan dalam benak, mengapa orang yang sudah berusia 30-an tahun agak sulit untuk melakukan program diet?

Give me answer….

“Yes or No…”

Jika saya harus menjawab maka saya akan menjawan bisa “Yes” dan bisa juga “No” tergantung individu masing-masing.

Mengapa demikian?

Oke, simak ilustrasi berikut ini baik-baik…

Ketika seorang wanita sudah berusia 30-an tahun sudah berapa anak yang dimilikinya? Satu, dua atau tiga atau bahkan lebih.

Anggap saja kamu sudah punya dua anak, maka bisa dipastikan kesibukan kamu mengurusi anak membuat kamu mengabaikan diri kamu sendiri. Masalahnya, habis ngurusin anak kamu udah keburu capek duluan, benar nggak?

Baca Juga artikel lainnya:

Jika udah capek duluan, yang ada kamu malas-malasan atau sekedar berbaring tidur atau bermain bersama anak-anak kamu.

Belum lagi aktifitas kamu didapur, masak. Coba perhatikan ketika kamu masak ada banyak jenis makanan yang kamu makan. Minimal kamu cicipi. Benar nggak? Terkadang habis masak kamu udah kenyang duluan.

Ini baru sebagian ilustrasi betapa sulitnya kamu yang sedang berada diusia 30-an tahun untukmelakukan diet aau menurunkan berat badan.

Kondisi lainnya, ketika seseorang sudah berumur 30-an tahun maka secara perlahan akan kehilangan massa dan fungsi otot yang dikarenakan adanya gejala penuaan. Selain itu metablisme tubuh juga akan sedikit melambat yang pada akhirnya menyebabkan kamu agak lebih sulit untuk membakar lemak.

tips-menurunkan-berat-badan
Tips menurunkan berat badan | Doc. www.riauonline.id

Sulit bukaberarti tidak bisa, ada baiknya kamu perhatikan beberapa tips menurunkan berat badan jika kamu sudah berumur 30an tahun. Berikut tipsnya:

1. Cobalah untuk menghitung kalori yang Anda butuhkan setiap hari

Yang perlu kamu ingat adalah kebutuhan kalori pada tiap-iap orang berbeda-beda. Untuk dapat menghitung jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh kamu sebaiknya saya anjurkan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi agar perhitungan yang dihasilkan lebih akurat.

Satu hal yang perlu kamu ingat, pada usia ini metabolism tubuh kamu sudah agak melambat.

Hal ini membuat tubuh kamu tidak membutuhkan asupan kalori sebanyak dulu lagi, jelas sudah berbeda.

Jika demikian adanya maka kamu harus memperhatikan secara detail kandungan gizi makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. Sederhananya, konsumsilah makanan dengan tidak melebihi kebutuhan gizi kamu. Hal ini akan bisa menurunkan bera badan kamu secara cepat.

2. Perhatikan! Pilihlah metode diet yang pas buat kamu

Kondisi usia kamu yang sudah 30an tahun membuat kondisi tubuh kamu akan agak sedikit sulit menghadapi sebuah perubahan.

Terkadang, rasa ingin diet yang kuat membuat kamu mencoba segala jenis diet. Carila program diet yang betul-betul recommended jangan hanya sebatas “Kata orang” atau hanya dengar kiri dengan kanan.

Pengalaman teman saya, mendapat informasi untuk membatasi makan yang biasanya 3 kali sehari menjadi 1 kali saja. Kondisi ini drastic membuat tubuhnya menjadi lemah karena adanya perubahan yang belum dapat diadaptasi secara langsung oleh tubuhnya.

Hari ke lima, Drop! Tubuh yang biasa makan 3 kali sehari kemudian diganti menjadi hanya sekali membuat kondisi tubuhnya menjadi lemah dan tak berdaya dan berakhir di rumah sakit karena badan drop.

Ingat, cobalah melakukannya secara bertahap. Misalnya tetap makan tiga kali namun secara perlahan mengurangi porsi jumlah makanan yang dimakan. Dengan demikian perlahan-lahan tubuh kamu akan mampu beradaptasi dengan baik.

3. Cobalah untuk menerapkan gaya hidup sehat

Keinginan untuk diet akan tidak membuahkan hasil jika kamu tidak mengubah pola hidup kamu. Cobalah untuk menerapkan pola hidup sehat.

Sekeras apapun yang kamu lakukan tidak akan membuahkan hasil jika kamu tidak mengubab pola dan gaya hidup kamu.

Rumusnya adalah rubah gaya hidup dan berat badan kamu juga akan mengikuti berubah. Cobalah!
Buat perencanaan yang baik, mulailah makan jenis-jenis makanan yang sehat, jika kamu merokok maka berhentilah, kebiasaan mengkonsumsi alcohol dihilangkan, begadang malam dibuang, hingga yang dulunya jarang berolahraga sekarang mulai berolahraga.

Tipsnya sederhana, mulailah secara bertahap. Pelan-pelan saja asal konsisten dengan apa yang kamu lakukan.

“Hari ini jogging, namun seminggu kedepan tak berolah raga…”

Tidak konsisten tak akan membuahkan hasil. Imbangi kesibukan kamu dengan aktifitas sehat kamu. Atur, buat perencanaan dengan baik serta hal-hal lainnya untuk mendukung gaya hidup sehat kamu.

4. Mintalah support dari sahabat dan keluarga terdekat

Penting nggak?

WuaaalaH, penting banget sis!

emosi kita tidak sama tiap harinya. Ada kadang mood kita enak dan konsisten melakukannya ada kadang kita dalam kondisi badmood.

Ketika kondisi kamu sedang badmood maka orang-orang terdekat kamu lah yang akan tetap mengingatkan kamu untuktetap konsisten.

Uniknya lagi, ketika kamu mengajak teman dekat atau keluarga kamu maka kamu akan lebih bersemangat.
Misalnya senam aerobic bareng-bareng, atau aktifitas sehat lainnya.

5. Mengelola stres, in penting Sis!

Masalah pekerjaan….

Masalah keluarga…

Dan masalah-masalah lainnya selalu menghadang kamu di usia seperti ini. Pekerjaan kantor menumpuk, belum lagi menyelesaikan pekerjaan yang ada di rumah, ngurus anak, dan banyak hal lainnya.

“Ribet dech pokoknya….”

Kondisi stress membuat pola makan tidak teratur, untuk menyempatkan diri berolahraga jadi malas. Pokoknya ketika kamu dalam kondisi stress maka banyak hal negative dan berdampak tidak baik untuk program diet kamu.

Jadi dalam kondisi seperti ini cobalah untuk manjakan diri kamu.

Misalnya:
Ambil ATM dan berangkat ke Mall buat shopping, atau sekedar memanjakan diri di salon (facial atau treatment yang lainnya) atau coba manfaatkan aromaterapi dari minyak essensial.

So, jangan takut ketika kamu sudah berusia 30an tahun. Masih bisa kok buat diet, syaratnya kamu harus konsisten. Jangan coba itu, coba ini, coba lainnya.

Analisa baik-baik kebutuhan diet kamu, bila perlu konsultasi dengan ahli gizi untuk dapat maksimalkan diet kamu.