Inilah Penyebab dan 6 Cara Ampuh Mengatasi Bibir Hitam, Coba Yuk!

Inilah Penyebab dan 6 Cara Ampuh Mengatasi Bibir Hitam, Coba Yuk!

Admin
Monday, 14 October 2019

cara-mengatasi-bibir-hitam

RiauOnline.id – Bibir hitam, mungkin taka da orang yang menginginkannya. Tampilan bibir hitam sepertinya menurunkan tingkat penampilan seseorang dan sedikit agak menganggu.

Nah, sekarang coba kamu bayangkan kondisi bibir kamu hitam dan kusam. Nyaman nggak saat kamu akan hang out bersama teman-teman atau pasangan wanita kamu.

Sedangkan para wanita lebih memilih menutup kondisi bibirhitam mereka dengan memakai lipstick atau pun jenis lainnya yang dapat memperindah bibir mereka.

Lah bagaimana dengan cowok? 

Mau pakai lipstik juga? 

Nggak kan…

Tampilan bibir yang menggelap menjadi agak kehitam-hitaman ini sebenarnya berasal dari kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari.

Jadi, apa sih kebiasaan yang menjadi penyebab bibir kita hitam?

So, ada baiknya kamu simak beberapa ulasan berikut ini yang mungkin menjadi penyebab bibi kamu menjadi gelap.

# Mungkin kamu adalah seorang  Perokok hebat

Merokok?

Apa kaitannya dengan bibir menjadi hitam dan kusam? 

Sering denger sih! 

Cuma masalahnya ini fakta atau hanya mitos semata yang mengatakan bahwa merokok dapat menyebabkan bibir menjadi hitam.

Menurut informasi dari katadata.co.id, Indonesia adalah Negara dengan jumlah perokok terbesar di Asean.

Laporan Southeast Asia Tobacco Control Alliance (SEATCA) berjudul The Tobacco Control Atlas, Asean Region menunjukkan Indonesia merupakan negara dengan jumlah perokok terbanyak di Asean, yakni 65,19 juta orang. Angka tersebut setara 34% dari total penduduk Indonesia pada 2016.

Wow! Cukup mengejutkan…

Dan yang paling mencengangkan kan lagi adalah Data dari Southeast Asia Tobacco Control Alliance (SEATCA) menunjukkan persentase remaja Indonesia berusia 13-15 tahun yang merokok sebesar 19,4%. Angka tersebut merupakan yang tertinggi di antara negara ASEAN lainnya.
Data tersebut sangat jelas bahwa adabanyak perokok aktif.

Back to the point…

Kaitannya antara perokok dan berubahnya warna bibir menjadi  agak kusam dan hitam adalah kandungan zat yang ada di dalam rokok itu sendiri.

Bagi para perokok pasti udah sering melihatkan yang tertuliskan di pinggiran bungkus rokok akan kandungan nikotin dan tar.

Untuk mengetahui seberapa bahaya kandungan rokok, bisa dilihat dari banyaknya senyawa yang ada di dalam asap rokok. Terdapat sekitar 5000 senyawa berbeda dan sebagian bersifat racun bagi tubuh, hanya dari asap rokok saja.

Simak beberapa Kandungan  senyawa yang terdapat didalam Rokok yang bersifat merusak kesehatan kita.

  • Karbon monoksida

Karbon monoksida adalah gas beracun yang juga terkandung didalam rokok. Uniknya senyawa ini tidak memiliki rasa dan bau.

  • Nikotin

Kandungan nikotin memberikan efek candu seperti halnya pada opium dan morfin. Zat ini berfungsi sebagai perantara dengan efek reaksi biokimia yang bias berdamak menyenangkan dan enenangkan.
Pernah dengar nggak jika nikotin yang dihisap akan terserap ke aliran darah yang kemudian memerintah dan merangsang tubuh untuk memproduksi hormone andrenalin.

  • Tar

Zat yang satu ini bersifat karsinogenik. Bahayanya adalah ketika serang menghirup zat ini maka akan mengendap di paru-paru yang dapat menimbulkan penyakit pada paru-paru.

Tar yang terhirup oleh perokok akan mengendap di paru-paru. Timbunan tar ini berisiko tinggi menyebabkan penyakit pada paru-paru, seperti kanker paru-paru dan emfisema.

Tar berisiko terhadap diabetes, jantung hingga gangguan kesuburan. Zat ini dapat dilihat melalui noda kuning yang terdapat pada jari dan gigi.

  • Hidrogen sianida

Sianida’

Ingat nggak satu kata ini, sebuah tragedy pembunuhan yang dilakukan oleh seorang yang mencapurkan sianida ke dalam kopi yang kemudian korban meninggal dunia karena meminum kopi ini.

Menurut beberapa sumber mengatakan bahwa Hidrogen Sianida pernah digunakan sebagai senyawa untuk menghukum mati para narapidana.

So, kandungan ini terdapat didalam rokok guys!

  • Benzena

Selanjtunya ada kandungan zat bernama Benzena. Kandungan ini merupakan residu dari pembakaran rokok. Zat Benzena dapat menurunkan jumlah sel darah merah pada tubuh serta dapat merusak sumsum tulang.

Akibat dari beberapa hal ini beresiko meningkatnya terjadi anemia dan perdarahan. Selain sel darah merah juga dapat merusak sel darah putih yang pada ujungnya dapat menurunkan daya than tubuh dan meningkatnya resiko leukemia.

  • Formaldehida

Zat yangsatu ini dalam jangka pendek dapat mengakibatkan iritasi pada mata, kesehatan hidung terganggu, dan resiko lain pada tenggorokan. Zat formaldehida ini juga dapat meningkatkan risiko kanker nasofaring.

  • Arsenik

Kandungan ini dapat menyebabkan terjadinya kanker kulit, kanker paru-paru, kanker saluran kemih, ginjal serta kanker hati. Menurut penelitian, zat arsenik ini berasal dari pestisida yang digunakan dalam pertanian tembakau.

  • Kadmium

Zat ini dapat menimbulkan gangguan sensorik, muntah, diare, kejang, kram otot, gagal ginjal, dan meningkatkan risiko kanker.

  • Amonia

Amonia merupakan gas beracun, tidak berwarna, namun berbau tajam. Pada industri rokok, amonia digunakan untuk meningkatkan dampak candu nikotin.

Jika kamu menghirup atau terpapar amonia dapat mengakibatkan napas pendek, sesak napas, iritasi mata, dan sakit tenggorokan. Akibat lainnya adalah pneumonia dan kanker tenggorokan.

Kaitannya dengan bibir hitam apa?

Nah, kandungan-kandungan yang telah disebutan tadi baik secara langsung atau tidak langsung berpengaruh terhadap kesehatan badan.

Coba perhatikan bibir orang yang sakit seperti apa? 

Apakah tetap berwarna marona?

Tentu tidak, yang terjadi adalah kusam, kering bahkan cenderung seperti lebam. Jika kamu setiap menitnya menghisap rokok maka secara otomatis kondisi badan kamu menurun dan berpengaruh pada kkesehatan bibir kamu.

Perhatikan dech orang-orang yang merokok? 

Perhatikan bibir mereka bagaimana?

# Para Alkoholic

Didalam alcohol terkandung zat yang dapat menumbulkan kanker, WHO mengelompokkan alcohol sebagai ‘Kelompok I Karsinogen’.

Perhatian generasi muda saat ini, hamper setiam moment mereka lewatkan dengan meminum minuman beralkohol.

Misalnya, moment malam penyambutan tahun baru. Para kalangan muda sibuk dengan party mereka masing-masing dan hal tersebut jarang lepas dari alcohol.

Sepertinya kepala mereka sudah tersugesti yang mengatakan  ‘No alcohol, no party’ jadi hal yang paling penting bagi mereka adalah mabuk dengan mengkonsumsi alcohol hingga kepala serasa melayang-layang.

Perhatikan dech, bener nggak?

Ingat…!!!

Alkohol itu merusak loh!

Mengkonsumsi alcohol yang tida terkontrol dapat merusak system dalam tubuh manusia. Ada sebagian zat yang tidak dapat diubah menjadi energy namun berubah menjadi racun didalam tubuh. Ngerinya lagi, hal tersebut menyerang system pertahanan tubuh.

‘Asetaldehida.…’

Inilah nama racun yang diproses ketika tubuh sedang memproses alcohol. Lalu, hasil penelitian tentang hal tersebut menunjukkan bahwa racun tersebut merusak sel manusia.

"Dan ini bisa terjadi pada tingkat sel yang sangat penting yang disebut sel inti. Ini penting karena sel inti adalah sel yang terus menghasilkan berbagai jenis sel dan sel regenerasi di tubuh kita,"

# Kurang Mengkonsumsi Air Putih

Pertanyaannya, mengapa kekurangan mengkonsumsi air putih bisa menyebabkan bibir hitam dan kusam.

Nih perhatikan….

Sebenarnya, sebagian besar orang sudah tahu bahwa konsumsi air putih sangat baik bagi kesehatan tubuh. Didalam air putih terkandung mineral seperti fluoride, zat besi, kalium serta narium.

Kurang dalam mengkonsumsi air putih juga dapat menyebabkan bibir kamu lebih cepat hitam. Fungsi air putih untuk tetap melembabkan bibir kamu agar tetap teras lembab.

Kekurangan mengkonsumsi air putih membuat bibir kamu berubah menjadi kering dan hal tersebut yang membuat lebih cepat menajdi hitam.

# Pola Makan yang Tidak Teratur

Pola makan yang tidak teratur juga bisa menjadi bibir kamu terlihat gelap alias hitam. Ketika pola makan tidak teratur, konsumsi sayuran dan buah-buahan juga akan menjadi terabaikan.

Kandungan yang terdapat dalam sayuran dan buah-buahan sangat membantu untuk bibir kamu agar tetap terlihat segar dan tidak hitam.

Nah, empat hal tesebut bisa menyebabkan kepercayaan diri kamu hilang ketika hendak mengobrol dengan orang lain. Alasan bibir kamu hitam membuat penampilan kamu menjadi tidak PD. Ada baiknya kamu memncoba untuk empat hal tersebut.

Lalu, yang menjadi hal penting selanjutnya adalah bagaimana cara kita mengembalikan kembali warna bibir kita agar terlihat cerah dan sehat.

Sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui.

Bibir juga memiliki pembuluh darah, hal ini bias terlihat jelas jika kamu memiliki lapisan bibir yang tipis. Pada bibir tidak terdapat kelenjar keringat dan kelenjar minyak sehingga menebabkan bibir akan sangat rentan keringdan pecah-pecah.

Ada beberapa cara menghilangkan bibir hitam sekaligus cara mencegahnya:

Pertama, kamu harus kurangi mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein.

Sebagian dari kita terbiasa mengkonsumsi menuman panas yang mengandung kafein seperti kopi. Kandungan afein yang terdapat didalam kopi dapat berpengaruh pada warna bibir kamu.

Sebaiknya, kurangi frekuensi kamu dalam mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein. Langkah ini bisasecara perlahan mengembalikan warna bibir kamu yang cerah.

Kedua, jangan terlalu sering menggigit dan menjilat bibir

Menggigit dan menjilat bibir terlalu sering juga dianggap bisa membuat bibir berwarna gelap. Tidak ada jalan lain selain menghilangkan kebiasaan buruk ini untuk membuat bibir kembali ke warna semula.

Ketiga, Berhenti merokok! Mungin agak berat.

Perhatikan orang disekitar kamu yang merupakan erokok aktif, perhatikan ibir mereka.

Agak gelap kah?

Merokok dapat menyebabkan bibir kamu terlihat sepertiada garis-garis dan berubah warna menjadi agak sedikit gelap.

Hal ini dikarenakan panas dari rokok berpotensi untuk membakar kulit pada bibir.

Saat ini terjadi, maka bibir akan terluka dan menimbulkan pigmentasi kulit. Inilah yang menyebabkan perokok memiliki warna bibir yang hitam.

Keempat, Lindungi bibir dari sinar matahari

Panas sinar matahari dapat menyebabkan kulit bibir menjadi kering dan gelap. Ingat! Bibir tidak memiliki kelenjar keringat dan kelenjar minyak maka secara otomatis akan kering jika terpapar sinar matahari.

Namun jika kamu adalah pekerja yang lebih banyak menghabiskan waktu dibawah trik matahari maka solusinya adalah dengan menggunakan Lip Balm yang memiliki SPF 30 atau lebih dari itu. Penggunaan ini akan dapat melindungi kulit kamu dari sinar matahari.

Kelima, memeriksa kandungan lipstik yang dipakai

Saat memakai lipstick, bibir memang terlihat segar. Namun ini hanya bersifa sementara saat lipstick masih menempel dibibir kamu.

Namun, apa jadinya jika bibir kamu dalam keadaan natural?

Nah, lipstick yang kamu gunakan kemungkinan mengandung isopalmityl diglyceryl sebacate, asam ricinoleic, dan asam lemak dipentaerythritol dan tar batubara.

Sebaiknya…

Hindari penggunaan lipstick yang mengandung isopalmityl diglyceryl sebacate, asam ricinoleic, dan asam lemak dipentaerythritol dan tar batubara.

Hanya terlihat baik dan sehat saat kamu memakainya, setelah lipstick hilang lapisan bibir terlihat kusam dan gelap.

Keenam, Sesekali llakukan pijat bibir

Terdengar sepele namun ini penting, sederhana banget!

Memijat bibir kamu bisa meningkatkan aliran darah ke daerah bibir dan akan membuat lebih cerah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kamu disarankan untuk menggunakan minyak almond atau batu es saat memijat bibir.

Menghilangkan sel kulit mati yang masih menempel dibibir

Bagaimana caranya?

Simple kok, kamu dapat menggunakan gula yang dicampur dengan madu. Oleskan secara merata dan gosok secara perlahan dengan pola melingkar.

Cara ini mampu untuk merangsang  produsi kolagen dan memperlambat penuan yang terjadi pada bibir. Dengan demikian akan terlihat lebih cerah dan sehat.

Have fun try this!