Murah Meriah! Ini 5 Cara Diet Sehat Paling Pas Buat Kamu Anak Kos-kosan

Murah Meriah! Ini 5 Cara Diet Sehat Paling Pas Buat Kamu Anak Kos-kosan

Admin
Wednesday, 16 October 2019

cara-diet-sehat

RiauOnline.id – Diet selalu menjadi hal yang paling sering dilakukan oleh kalangan anak muda, khususnya para wanita. Menginginkan bentuk tubuh yang ideal adalah impian bagi setiap wanita hingga rela melakukan program diet.

So, apakah kamu seorang yang sedang ingin berdiet?

Jika iya, just try some methods of diet

Saya anak kos, bingung mau diet harus seperti apa. Budget sepertinya tidak mencukupi untuk keperluan diet saya.

“Orang tua jauh…”

“kesibukan jadwal kuliah yang sangat tidak teratur…”

Alasannya klasik banget…

Alasan-alasan seperti ini sepertinyatidak akan berlaku bagi kamu yang benar-benar ingin melakukan diet secara sehat.

“Aduh..saya kan sering begadang..!”

“Kadang tidur sampai jam 4 subuh buat nyelesaikan tugas….”

Iya, saya paham akan aktifitas mahasiswa yang suka mengerjakan tugas hingga larut. Namun, coba kamu perhatikan lagi pengaturan waktu dan cara hidup kamu, udah benar nggak?

Baca Juga artikel lainnya:

Yang paling saya ingat sewaktu saya uliah adalah tidak konsisten dengan waktu, jika belum deadline maka selalu aja ngolor waktu.

“Ah...nanti ajalah….”

“Kan waktunya seminggu lagi buat ngumpulin tugas…”

“Santai aja, masih lama kok dikumpulinnya…!”

Nah, maindset seperti inilah yang terkadang membuat kamu lalai. Waktu dipergunakan lebih banyak hanya untuk bersantai-santai dikamar atau sekedar tidur-tiduran sepanjang hari, benar nggak?

“Pasti benarlah…”

So, jika kamu serius buat melakukan diet cukup dengan sederhana ini, tak perlu budget tinggi.
Oke, sebelum membahas lebih lanjutkita definisikan dulu yang dimaksud dengan diet itu apa, menurut laman Wikipedia.org,

“Diet adalah jumlah makanan yang dikonsumsi oleh seseorang atau organisme tertentu”

Sedangkan dalam bahasa Indonesia, kata diet lebih condong merujuk kepada menurunkan berat badan atau mengatur asupan nutrisi tertentu yang masuk kedalam tubuh kita.

Selanjutnya, Mendefinisikan diet sebagai mengatur asupan nutrisi dapat dibagi menjadi beberapa jenis, misalnya:

  • Menurunkan Berat (Massa) Badan misalnya bagi model atau aktris yang ingin menjaga penampilannya.
  • Meningkatkan Berat (Massa) Badan misalnya bagi olahragawan atau atlet binaraga yang ingin meningkatkan massa otot.
  • Pantang Terhadap Makanan Tertentu misalnya bagi penderita diabetes (rendah karbohidrat (glukosa) dan kalori).

Jadi, jangan artikan deiet dalam pengertian yang sempit, beda individu maka beda pula cara mereka menddefinisikan diet yang sedang mereka lakukan.
Dan yang menjadi hal terpenting adalah, mengatur asupan nutrisi yang masuk kedalam tubuh akan berpengaruh terhadap massa yang akan terjadi pada tubuh itu sendiri.

Mulai dari mengatur pola makan, konsistensi akan olah raga hingga memberikan kecukupan nutrisi-nutrisi tertentu agar bagian organ dapat berfungsi dengan sempurna. Nutrisi-nutrisi yang  dibutuhkan tersebut harus secara konsisten dimakan sehingga fungsi organ tubuh juga dapat bekerja secara maksimal terhadap tubuh.

Baca Juga artikel lainnya:

Nah, itu sedikit informasi secara umum tentang diet, selanjutnya mungkin kamu bisa mengikuti 5 tips dan trik bagi kamu anak kos yang ingin melakukan diet sehat tanpa memerlukan budget tinggi, cukup sederhana.

# Jangan lupa untuk tetap membiasakan sarapan pagi

Ini hal yang hampir semua anak kos agak sedikit kesulitan untuk membiasakan. Anak kos biasanya suka begadang, mengerjakan banyak tugas dari kuliah membuat mereka harus menambah waktu ektra dimalam hari untuk menyelesaikannya.

Solusi yang paling sering mereka lakukan adalah begadang hingga larut malam untuk menyelesaikannya.

Begini,

Cobalah sedikit konsisten dengan waktu. Jika ada makalah dari dosen maka jangan mengulur-ulur waktu. Kerjakan sesegera mungkin.

Konsisten…

Waktu instirahat digunakan untuk istirahat, waktu untuk belajar digunakan untuk belajar atau mengerjakan tugas.

Simple kan?

Apa yang membuat kamu menjadi malas sarapan?

Dulu sewaktu saya masih kuliah, aktifitas begadang sering banget saya lakukan.  Hampir tiap malam tidurnya hingga pukul 03.00 subuh.

Nah, hal seperti ini yang membuat saya terkadang agak sedikit lambat bangun tidur. Jika banguncepat maka badan saya terasa capek banget, lemes dan malas-malasan ditempat tidur.

“Bangun aja malas, apalagi mau buat sarapan….”

Bagaimana, bener nggak?

Yang lebih uniknya lagi, ada pola yang menggabungkan sarapan dan makan siang. Waktu makan dijadwalkan antara jadwal sarapan dan jadwal makan siang.

“Kata mereka biar irit sih…”

Yang perlu kamu ketahui adalah selama semalaman perut kamu kosong alis berpuasa, jadi pagi harus diberi sarapan agar focus kamu tidak hilang.

Ketika kamu mengabungan sarapan dan makan siang menjadi satu maka porsi makan kamu akan menjadi tidak teratur dan cenderung banyak, hal  ini akan membuat berat badan kamu naik drastic karena pola makan yang tidak teratur.

Sarapan itu bukan berarti kamu harus makan nasi, cukup roti dan susu atau fresh water.
Jadi, sempatkan untuk makan pagi sebelum beraktivitas.

Pilih menu sarapan sehat yang mudah dibuat, misalnya membuat telur dadar dan dimakan dengan roti, atau sereal yang pas jika ditemain dengan susu. Buah juga bisa jadi sarapan yang baik untuk diet sehat ala anak kos. Anda bisa mengonsumsi pisang, yang penuh dengan karbohidrat.

# Konsumsilah camilan-camilan sehat

Ketika kamu sedang beratifitas diluar atau didalam ruangan, kondisi perut kamu terus tetap bekerja mencerna makanan walaupun tidak ada makanan didalamnya.

Jika perut ada isi maka kemungkinan akan bekerja dengan baik, namun jika perut kosong maka inilah yang biasanya perut terdengar berbunyi, terdengan suara keroncong didalam perut.

Kondisi seperti inilah yang bisa menyebabkan resiko penyakit maag kamu datang. Apa solusinya, sederhana kok! Kamu cukup siapkan camilan-camilah sehat ditengah-tengah aktifitas kamu.

Camilan sehat?

Camilan seperti apaan sih?

Hindari makan makananyang terlalu berminyak, kamu bisa membawayogurt, smoothie atau buah-buahan. Kandungan pada jenis makanan ini sangat aik untuk tubuh kamu.

Selain tak biin perut kosong kamu juga mendapatkan kandungan serat dan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh kamu.

Jangan mengkonsumsi camilan yang berminya terlalu banyak karena hal itu akan menyebabkan tumpukan lemak semakin banyak didalam tubuh kamu.

# Sering minum air putih, hindari minuman bersoda

Coba ingat-ingat lagi, seberapa banyak mau mengkonsumsi air putih saat beraktifitas?

Sudah cukupkan….

Kondisi dilapangan atau ditempat kuliah lebih banyak yang meminati minuman bersoda ketimbang air putih.

Benar nggak?

Pedahal secara kesehatan, air putih jauh lebih sehat dari minuman bersoda. Hanya saja ketika kamu meminum jenis minuma bersoda rasa dahaga kamu seketika hilang.

Perlu diingat, dalam jangka panjang minuman bersoda sangat tidak baik untuk kesehatan kamu, aka nada dampak-dampak yang akan ditimbukkan oleh minuman bersoda ini.

“Air Putih jauh lebih baik kok..”

“Percaya dech…”

Terlebih lagi bagi kamu yang memiliki aktifitas tinggi, menyedot energy dan membuang banyak cairan tubuh. Air putih adalah solusi yang tepat untuk permasalahan ini.

Kekurangan air putih akan menyebabkan kondisi badan kamu cepat lelah dan kamu akan sangat sulit untuk berkonsentrasi dalam bekerja atau kuliah.

Nah, mungkin ketika Anda merasa hal ini segera minum air dan penuhi cairan Anda. Jika biasanya Anda memilih es teh atau minuman manis bersoda lainnya, mulai sekarang ganti dengan minum air putih saja. Minuman manis membuat asupan kalori Anda bertambah tanpa terkendali. Hal ini bisa menyebabkan berat badan mudah naik, lho.

Jadi mulai sekarang sebaiknya bawa tempat minum yang berisi air putih ke mana pun Anda pergi. Jika Anda kurang suka dengan rasa air putih, Anda bisa menambahkan potongan buah-buahan ke dalamnya, seperti infused water. Diet ala anak kos yang satu ini sangat mudah, bukan?

# Hindari Makanan Cepat Saji, Fast Food

Sedang terbutu-buru dan memutuskan untuk mengonsumsi makanan cepat saji tentu bukan pilihan yang bijak. Rencana diet sehat ala anak kos bisa berantakan jika terus-menerus makan makanan yang hanya mengandung lemak dan kolesterol tinggi.

Alih-alih makan makanan yang penuh lemak, Anda bia memilih makanan cepat saji ala tradisional seperti gado-gado atau salad yang berisi sayur-sayuran. Tak butuh waktu lama untuk menyediakannya tapi makanan ini penuh nutrisi. Supaya tambah kenyang, Anda bisa tambahkan sumber protein seperti tahu dan tempe.

# Olahraga rutin disela-sela waktu kosong kamu

Olah raga, satu aktifitas yang sangat penting buat tubuh kamu. Diet tak hanya berbicara pola makan namun juga tentang olahraga yang dapat membakar lemak yang ada didalam tubuh kamu.

“Futsal…”

“Gym…”

“Jogging..”

Dan masih banyak olahraga lainnya yang dapat kamu lakukan. Pola makan yang baik dan diimbangi dengan olah raga yang rutin akan menghasilkan program dietyang sangat sederhana.

Yang paling sederhana lagi, lari-lari kecil disekitaran kos kamu atau hanya sekedar jalan kaki. Rutin dan konsisten, cukup 30 menit sehari lebih baik ketimbang kamu hanya mentok tidur didalam kamar sambil pengang dan scroll HP.

Jadi, masih mau bilang tidak ada waktu untuk menjalankan diet sehat ala anak kos? Berbagai alternatif telah dipersiapkan dengan mempertimbangkan waktu dan harga yang dapat dilakukan oleh anak kos.

Taka da alas an jika kamu ingin melakukannya, mulai dari hal-hal kecil hingga terus konsisten meningkatkan frekuensi olahraga kamu.

Selamat mencoba ya!