Tips dan Cara Diet Sehat Untuk Kamu yang Punya Hobi Makan

Tips dan Cara Diet Sehat Untuk Kamu yang Punya Hobi Makan

Admin
Friday, 18 October 2019

cara-diet-sehat-untuk-kamu-yang-doyan-makan

RiauOnline.id – Diet vs doyan makan, bukankah ini dua hal yang bertantangan. Ada orang yang doyan makan namun kepengen menurunkan berat badan, bisa nggak sih?

So, kebayang nggak sih kamu?

Ada seseorang yang doyan makan lalu tiba-tiba memutuskan untuk program diet. Hal pertama yang ada dalam fikiran pasti akan menyiksa banget.

“Kebiasaaan ngemil dibuang…”

“Kebiasaan makan dengan porsi banyak harus diurangi..”

Menyiksa tentunya….

Oke, sebelum kita lanjut ke Rahasia Cara Diet Bagi yang Doyan Makan sebaiknya kamu harus pahami dulu penyebab seseorang doyan makan.

Seorang ahli nutrisi dari Men's Health bernama Michael Rousell memberikan pemaparan tentang apa saja yang bisa membuat seseorang makan berlebihan.

Terlalu lelah dalam beraktifitas sehingga ingin memanjakan diri dengan makanan.


cara-diet-sehat-untuk-kamu-yang-doyan-makan

Coba sejenak kamu membayangkan diri kamu dalam keadaan lelah, lalu terlintas dalam fikiran kamu untuk memanjakan diri kamu dengan makanan. Atau dalam situasi lain, kamu sedang dilanda rasa galau dan sedih terkadang kamu menjadikan ‘makan’ sebagai ‘pelarian’ untukmeluapkan emosi tersebut.

Contoh sederhana, ketika kamu sedih biasanya kamu mencoba melahat beberpa batang coklat untuk mengembalikan mood yang jelek tersebut agar menjadi nyaman kembali. Bahkan terkadang kamu makan tanpa control skalipun, selagi ada makanan yang ada di meja habis kamu sikat semuanya.

Benar nggak?

Sekali dua kali memang menjadi hal yang biasa namun lama kelamaan ini menjadi sebuah kebiasaan kamu ketika mengalami situasi yang sama.

Itu kalau situasi sedih…

Belum lagi kamu mendapat moment bahagia ‘pelariannya’ juga ternyata sama yaitu ‘makan’. Misalnya ketika dikantor kamu mendapatkan bonus besar.

‘Make it party at home’ yang ujung-ujungnya berbelanja makanan secara berlebihan untuk party bersama.

Pola ini harus di ubah, jika tidak diubah maka kebiasaan doyan makan kamu akan semakin menggila. Kamu harus mulai untuk berfikir realistis, memerhatikan berapa kandungan kalori yang terdapat dalam makanan tersebut.

Ah, sesekali makan banyak nggak masalah!

Pola fikir seperti ini tidaklah terlalu tepat. Hari ini sekali, besok mau lagi, lusa coba lagi makin hari makin enak dan menjadi sebuah kebiasaan yang luarbiasa.

Awalnya sih mencoba untuk nyicipi, lanjut ingin sepotong lagi. Meskipun ragu-ragu namun makan terus berlanjut dengan kata-kata “ah, sekali ini saja….”

Jadwal makan diluar terlalu banyak

cara-diet-sehat-untuk-kamu-yang-doyan-makan

Menurut data dari United States Department of Agriculture (USDA), ada lebih dari 40 persen makanan dikonsumsi orang saat di luar rumah. Menurut Rousell porsi makanan di luar rumah atau di restoran sering kali lebih besar dari porsi makan Anda sebenarnya.

Kehilangan kendali untuk porsi makanan selalu menyebabkan seseorang menjadi makan berlebihan. Restoran pun selalu menggoda pengunjungnya dengan menawarkan porsi makanan yang lebih besar.

"Sayangnya, kebanyakan dari kita lebih memilih untuk menghabiskan makanan tesebut dibandingkan mendengarkan tubuh Anda sendiri," kata Rousell.

Jika Anda memesan makanan dan merasa porsinya lebih besar, Rousel menyarankan untuk memesan setengah porsi saja. Jika tidak memungkinkan Anda bisa membawa pulang setengahnya atau berbagi dengen teman.

Kebiasaan makan sambil nonton TV

cara-diet-sehat-untuk-kamu-yang-doyan-makan

Ternyata ada fakta yang mengatakan bahwa makan sambil menonton televisi atau berkegiatan lainnya, membuat Anda mengonsumsi lebih banyak makanan dan mengurangi kemampuan Anda untuk mengingat seberapa banyak Anda makan.

Coba diingat-ingat, benar nggak sich….

Perhatian kamu tetap fokus ke TV namun mulut kamu tetap mengunyah makanan hingga habis bahan terkadang kurang dan nambah lagi hingga film yang ditonton selesai.

Para pakar menyarankan agar kamu memberikan waktu khusus untuk makan. Jangan campur aktivitas makan dengan aktivitas lainnya.


So guys, ini loh cara atau tips menurunkan berat badan jika Anda punya hobi makan:

1. Selalu makan dengan menggunakan piring dengan ukuran yang kecil

Kebiasaan suka makan memang agak sedikit sulit untuk dihilangkan, tentu akan menyiksa sekali. Namun dengan menggunakan piring kecil mungkin akan sedikit mengurangi porsi kamu dari yang biasanya. Itu artinya kamu sudah mulai satu langkah menghilangkan kebiasaan kamu.

Ada sebuah penelitian yang dilakukan di University of Groningen menemukan bahwa piring yang 70% terlihat penuh, memang lebih digemari saat makan.

Jadi menggunakan piring kecil merupakan salah satu cara merubah porsi kami namun dalam sugesti fikiran kamu  tetap sama seperti biasanya namu sebenarnya porsinya telah berkurang dari yang biasanya.

2. Memillih makanan jenis karbohidrat yang mengandung banyak serat, seperti gandum utuh.

Hasrat makanyang susah untuk dihilangkan dapat kamu akali dengan mengganti jenis makanan kamu menjadi jenis makanan karbohidrat yang menggandung banyak serat.

Misalnnya:

Jenis makanan kamu sehari-hari adalah nasi atau roti tawar maka secara perlahan mulailah beradaptasi dengan memakan roti gandum dan nasi merah.

Lakukan secara berangsur-angsur, jangan sekaligus karena perut kamu juga butuh adaptasi terhadap jenis makanan baru yang masuk kedalam perut kamu.

Mengapa Gandum?

Satu hal yang perlu kamu ketahui, mengkonsumsi gandum atau biji-bijian sangatlah aman dimakan dalam jumlah yang banyak.

Selain itu juga, kandungan ang ada didalamnya dapat membuat tubuh kamu kenyang lebih lama lagi.

Nah, Disinilah letak ampunya gandum atau biji-bijian yang kamu konsumsi. Jika perut kamu kenyang maka tak banyak lagi jenis makanan lain yang akan kamu konsumsi. Ini akan membuat berat badan kamu menurun.

3. Cobalah mengganti jenis makanan yang manis- manis dengan bahan alternatif lain yang lebih sehat

Mengurangi makanan dengan kadar gula tinggi adalah salah satu cara yang seharusnya wajib kamu  lakukan untuk menurunkan berat badan kamu. Lagi-lagi merupakan hal yang agak sedikit sulit buat kamu yang punya hobi makan.

Sulit bukan berarti tidak bisa, triknya begini: cobalah kamu ganti jenis makanan manis yang kamu konsumsi dengan jenis makanan yang mengandung pemanis dari daun stevia.

Daun Stevia?

Ya, jenis tanaman ini merupakan pemanis alami bebas gula dengan kandungan kalori nol. Jadijenis tanaman ini cocok untuk penderita diabetes dan kamu yang sedang dalam program diet.

Bagi kamu penggemar makanan manis maka jenis ini cocok buat kamu, stevia juga memiliki kandungan rasa yang lebih manis dari gula namun memiliki kalori NOL.

4. Biasakan untuk minum dua gelas air sebelum makan

Kebayang nggak sih? Jika biasanya kita minum air putih setelah makan namun untuk program die ini kamu harus membalikkan pola ini.

Minumlah dua gelas air ketika kamu akan makan, dengan cara ini maka sebelum makan kamu sudah merasa kenyang dulu. Artinya, porsi makan kamu dengan sendirinya akan berkurang karena kamu sudah merasa kenyang dengan air yang kamu minum sebelumnya.

Menurut beberapa penelitian dibeberapa tempat mengatakan bahwa kebiasaan minum air dua gelas atau cukup sebelum makan ini memiliki kemungkinan yang besar untuk berhasil untuk mengurangi bobot tubuh pada orang gemuk.

5. Dominasikan memakan makanan yang mengandung protein di dalam menu sehari-hari kamu

Membangun massa otot tubuh adalah salah satu cara untuk kamu dapat menurunkan berat badan. Jadi jenis makanan yang mengandung protein seperti daging merah, ayam, susu, dan whey protein, merupakan jenis-jenis nutrisi penting dalam mempertahankan otot saat kamu sedang mencoba menurunkan lemak, sehingga tidak menyebabkan tubuh kurus dengan lemak berlebih.

Pendapat para ahli juga merekomendasikan untuk mengatur waktu makan yaitu setiap 3-4 jam. Hal ini dimaksudkan agar kamu tetap dapat menjaga tingkat gula darah Anda tetap stabil dan tubuh tetap sehat.

6. Lakukan gerakkan tubuh Anda seaktif mungkin

Menggerakkan tubuh secara aktif. Bergerak dan beraktifitas sangat berperan dalam membantu kamu menurunkan berat badan. Porsi makan berkurang namun kondisi badan kamu kurang bergerak juga merupakan sesuatu yang mustahil untuk sukses dalam program diet kamu.

Jika bobot badan kamu dirasaan susah bergerak maka mulailah secara perlahan, biarkan tubuh kamu memulainya pelan-pelan saja tidak terlalu dipaksakan namun tetap konsisten.

Sederhana saja, jika biasanya kamu pergi belanja di sekitaran tempat tinggal dengan menggunakan sepeda motor maka cobalah untuk berjalan kaki.

Atau cara lainnya, ketika sedang pergi ke Mall maka sebaiknya kamu hindari mengunakan tangga lift arahkan kaki kamu untuk naik dengan memakai tangga yang ada disebelahnya.

7.  Jangan lupa untuk tidur cukup

Tidur? Penting banget. Tubuh kamu juga membutuhkan jeda istirahat. Menurut penelitian dari Columbia University, kalau kamu kurang tidur dari 7 jam dalam sehari, hal itu bisa menyulitkan proses diet Anda, lho.

Ingat nggak ketika kamu dalam posisi begadang malam. 

Lapar nggak?

Pasti perut kamu keroncongan, lapar. Hasrat lapar dan keinginan kamu untuk makan muncul saat kamu sedagn begadang malam.

Saat posisi seperti ini jarang kamu bisa menahannya, minimal pasti kamu akan makan makanan ringan, snack atau ngemil.

Dengan tidur yang cukup maka kondisi kamu akan tetap fit, batasi kebiasaan begadang kamu jika ingin program diet kamu berjalan sukses.

Ada banyak orang yang mengingkan diet mereka berhasil tanpa meninggalkan kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan berat badan tak turun-turun. Nah, simak beberapa hal ini yang bisa menyebab diet kamu gagal:

cara-diet-sehat-orang-yang-hobi-makan

# Kamu telah Memilih Program Diet yang Salah

Pada artikel 5 Tips untuk Menurunkan Berat Badan Ketika Usia Kamu Sudah 30an sudah saya jelaskan 3 tipe jenis menurunkan berat badan, sesuaikan kamu masuk tipe yang mana.

Selain itu, pola diet yang dilakukan orang lain belum tentu akan berhasil pada saat kamu mencobanya lagi. Jadi sebelum kamu memilih program diet kamu harus memperhatikan seperti apa diet yang cocok untuk kondisi tubuh kamu.

Berapa kandungan kalori yang tubuh kamu butuhkan?

Si A tidak sama dengan si B begitu juga dengan kamu. Untuk mendapat hasil yang akurat maka kamu harus melakukan konsultasi dengan pakar gizi agar tidak salah dalam menghitung kebutuhan kalori yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kamu.

Saat ini, banyak para wanita yang menginginkan hasil yang instan. Anehnya lagi, mereka selalu mengikuti cara diet yang lagi trending pedahal cara itu belum tentu cocok buat kamu. Yang paling tepat adalah lakukan riset dan beronsultasi dengan pakarnya. Janganikuti tren yang sedang booming.

# Kamu terlalu sering melewatkan sarapan

Ada pola fikir yang mengatakan bahwa jika sedang diet maka nggak perlu sarapan, benar nggak ya?
Begini, orang yang melewatkan sarapan sebenarnya akan berpotensi lebih gampang bertambah berat badannya (Menurut pakar).

Alasannya, orang yang melewatkan sarapannya cenderung akan lebih banyak danmenambah porsi saat akan makan siang. Sarapan dan makan siang dikonversikan menjadi satu jadi wajar kalau porsi makan siang akan lebih banyak dari biasanya.

# Kamu Terlalu Mementingkan Olahraga Kardio

Olahraga kardio memang sangatlah baik untuk tubuh kamu. Olahraga dapat menjaga kesehatan jantung kamu. Olahraga kardio juga dapat meningkatkan metabolism tubuh kamu dan kamu akan berkeringat secaa sehat.

Namun jangan terlalu berlebihan melakukannya. Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Bahkan bisa menbahayakan tubuh kamu. Coba lihat beberapa resiko olahraga kardio yang kamu lakukansecara berlebihan:

Menyebabkan Overheating

Overheating merupakan suatu kondisi yang erat kaitannya dengan cuaca dan asupan cairan terhadap tubuh. Saat cuaca panas maka kamu akan mengeluarkan cairan yang luarbiasa, saat dan cairan yang keluar banyak dan kamu kurang mengkonsumsi air untuk mengganti cairan yang keluar maka kamu akan mengalami overheating.

Overheating seperti ini akan membuat kerja metabolism kamu meningkat dan produksi panas tubuh kamu meningkat.

Menyebabkan Stroke

Huh, Latihan kardioyang tinggi bisa menyebabkan stroke lho. Ini sangat berbahaya. Saat melakukan latihan kardio maka suhu tubuh akan meningkat tinggi, nah saat suhu tubuh tinggi maka kamu akan merasa kelelahan aibat paas tersebut (heat exhaustion).

Kondisi ini akan membuat kamu bisa cedera dan mengalami stroke.

Nah, ini ciri-cirinya jika kamu sedang mengalami heat Exhaustion berupa tubuh terasa lemas, lemah, kulit panas dan berkeringat, rasa haus, pusing dan sakit kepala, mual, serta kram otot. Kondisi inilah yang harus cepat ditangani, bila tidak kondisi seperti inibisa menyebabkan stroke.

Mengalami Kenaikan Berat Badan

Nah, tadi niat kamu melakukan latihan kardio  apa?

Lho, kok malah bisa berdampak kenaikan massa badan kamu?

Jadi begini, latihan kardio secara berlebihan akan memakan otot yang dikarenakan jika kelangsungan tubuh ditentukan oleh otot maka apabila kehilangan massa otot maka kemungkinan besar kalori yang dibutuhkan lbih sedikit sehingga saat kamu mengkonsumsi banyak kalori sedangkan yang dibakar oleh otot hanya sedikit. Inilah yang menyebabkan berat badan kamu naik.

Aduh, bisa gagal lho program diet kamu.

Jaid ta ada salajnya kamu melakukan latihan atau olahraga kardio. Melakukan olahraga kardio sangat baik bagi tubuh. Selain menjaga kesehatan jantung, olahraga kardio juga meningkatkan metabolisme dan mengeluarkan keringat secara sehat (pastikan untuk beristirahat minimal satu hari).

Namun, jangan telalu berlebih dalam melakukannya karena dapat menyebabkan timbulnya suatu masalah bagi tubuh.

Kamu Lupa Memantau Berat Badan

Saat diet, usahakan kamu tetap memantau berat badan kamu. Melakukan hal tersebut dapat membantu kamu untuk memastikan apakah diet yang sedang kamu lakukan berjalan dengan baik atau tidak.

Belum Dilakukan Secara Maksimal

Sepertinya kamu sudah melakukan pengurangan porsi makan, terlalu focus hanya pada makan. Kamu lupa melakukan yang lainnya secara maksimal. Ingat, diet bukan hanya tentang mengurangi porsi makan ada lagi hal lainnya.

Stres dan Kurang Istirahat

Ingat, stess bisa meninggkatkan produksi hormonkartisol. Dan hormone ini dapat meningatkan kadar gula melalui mekanisme glukogenesi, menekan kerja sistem imun dan meningkatkan metabolisme lemak, protein, dan karbohidrat.

Finally, Bagi kamu yang ingin melakukan program diet dengan sempurna jangan hanya focus pada porsi makan atau hanya porsi olahraga atau aktifitas lainya. Cobalah untuk mengimbangi secara keseluruhan, hindari hal-hal yang bisa membuat program diet kamu gagal.

Selain itu selalu berkonsultasi dengan sang pakar, jangan hanya mendengan kata orang ini, kata orang itu. Diet yang mereka lakukan belum tentun berjalan dengan baik ketika kamu yang melakukannya.
Selamat mencoba ya!