Kenapa Bibir Kamu Hitam? Ternyata ini Penyebab

Kenapa Bibir Kamu Hitam? Ternyata ini Penyebab

Admin
Friday, 14 June 2019

penyebab-bibir-kamu-hitam

RiauOnline.id, Kesehatan -- Hampir semua orang tak menginginkan bibirnya berwarna hitam. Sepertinya tampilan bibir hitam agak sedikit mengganggu. Hal ini terkadang membuat kamu kehilangan percaya diri ketika hendak berbicara dengan orang lain. 

Benarkah...???

Nah, sebelumnya mari kita telusuri apa sebenarnya yang menjadi penyebab bibir kamu berubah menjadi hitam. Simak ulasan berikut ini,

#1 Seorang Perokokkah kamu?

penyebab-bibir-kamu-hitam

Merokok secara perlahan akan menyebabkan bibir kamu berubah warna menjadi hitam. Coba kamu perhatikan bibir setiap orang yang merokok, pasti warnanya akan lebih gelap. Hal ini dikarenakan zat yang terkandung didalam rokok tersebut bisa menyebabkan warna bibir kamu menjadi hitam.

Penyebabnya adalah nikotine!

Yupzzz...

Kandungan nikotin pada rokok ini dapat menyebabkan bibir kamu menjadi lebih gelap dan hitam. Ternyata, kandungan zat nikotin yang terdapat didalam rokok tersebut membuat pigmen melanin pada bibir menebal dan akhirnya menjadi berwarna hitam. Itulah mengapa seorang yang tidak merokok akan kelihatan lebih sehat pada bagian bibir mereka jika dibandingkan dengan seseorang yang merokok, 

Silahkan diperhatikan...

So, jika ingin bibir kamu selalu terlihat sehat maka sebaiknya kamu menghindari rokok. Selain warna bibir yang berubah menjadi gelap, kandungan yang terdapat didalam rokok juga dapat menyerang organ lain dalam tubuh kamu.

Terus, solusinya bagaimana?

“STOP MEROKOK...”

Sepertinya mungkin agak sulit bagi kamu, namun ini baik kok buat kesehatan bibir dan organ lain kamu.

Kamu inginkan warna dan kesehatan bibir kamu seperti semula. Nah, untuk mengurangi kekusaman pada bibir kamu dapat juga memanfaatkan bahan-bahan alami dan dengan mudah bisa kamu dapatkan.

Seperti dengan memanfaatkan campuran madu dan lemon, karena menurut penelitian kusamnya bibir tersebut karena dipengaruhi oleh kekurangan vitamin C. Sehingga dengan memanfaatkan lemon dan madu dapat mengangkat  sel-sel yang mati pada bibir secara perlahan.

Lalu bagaimana menggunakan madu dan lemon tersebut?

Cukup sederhana, kamu cukup mengoleskannya secara merata campuran lemon dan madu tersebut pada bagian kamu setia sebelum akan tidur. Cukup kamu biarkan semalaman agar campuran yang kamu oleskan tersebut dapat meresap pada bibir kamu.

Sederhanakan...!!!

#2 Are you Alkoholic? 

penyebab-bibir-kamu-hitam
                                        
Para alkoholic biasanya didominasi oleh kaum pria. Mengkonsumsi terlalu banyak minuman beralkohol juga dapt menyebabkan bibir kamu menjadi hitam. Selain itu, alkohol juga tidak baik untuk kesehatan kamu. Ada baiknya kamu berhenti mengkonsumsi minuman-minuman yang mengandung alkohol agar kamu dapat merasakan hidup lebih sehat dan segar.

Apa sich buruknya Alkohol?

Baca nich baik-baik....

Selain memabukan ternyata ada dampak lain yang sangat tidak baik jika kamu sering mengkonsumsi  alkohol. Ternyata ketika kamu terlalu sering mengkonsumsi alkohol dapat mengganggu keseimbangan kehidupan bacteri baik yang ada di dalam mulut kamu.

Hasil surveri dari para ahli New York University yang melakukan survei kesehatan mulut terhadap 270 orang. Nah, orang-orang ini adalah mereka yang memiliki kecenderungan mengkonsumsi  alkohol.

Secara mengejutkan, hasil dari survei ini menunjukkan bahwa orang-orang yang cenderung mengkonsumsi alkohol ini lebih dominan terserang penyakit seperti kanker, penyakit jantung, dan penyakit hati.

Yang uniknya lagi mereka cendereung akan ompong dan terkenan penyakit pada gusi giigi. Menurut Jiyoung Ahn, seorang ahli epidemiologi, mengeluarkan pendapat bahwa bagi mereka yang suka mengkonsuumsi alkohol akan memberikan efek buruk pada mikrobioma di mulut.

Bakteri baik vs bakteri jahat?

penyebab-bibir-kamu-hitam

Lactobacillales adalah salah satu bakteri baik di mulut, bacteri ini akan bekerja secara terus menerus dalam dalam rangka memproduksi protein yang bisa menekan pertumbuhan bakteri jahat. Namun ketika seseorang sering mengkonsumsi alkohol makan daya tahan bakteri baik akan terganggu dan tergantikan dengan bakteri jahat yang dapat merusak mulut.

Ketika hal itu terjadi, akan berpengaruh juga pada bibir kalian yang selalu terlihat kering, kusam dan tanpak sangat tidak sehat sekali.

Solusinya?

So, mulai sekarang berhentilah untuk mengkonsumsi alkohol.

Bisa?

Its up to you..!!

Mau bibir dan mulut tetap sehat atau tetap nyaman dengan kecanduan akan alkohol kamu, tentukan pilihan kamu.

Namun, jika kamu mampu bertahan untuk berhenti maka kamu dapat menggunakan cara pada poin pertama tadi untuk dapat menggantikan sel-sel pada kulit bibir yang mati untuk dapat di gantikan dengan sel kulit yang baru.

Just try it...!!!

#3 Kurang Mengkonsumsi air putih

penyebab-bibir-kamu-hitam

Kurang dalam mengkonsumsi air putih juga dapat menyebabkan bibir kamu lebih cepat hitam. Fungsi air putih untuk tetap melembabkan bibir kamu agar tetap teras lembab. Kekurangan mengkonsumsi air putih membuat bibir kamu berubah menjadi kering dan hal tersebut yang membuat lebih cepat menajdi hitam.

#4 Pola makan yang tidak teratur

penyebab-bibir-kamu-hitam

Pola makan yang tidak teratur juga bisa menjadi bibir kamu terlihat gelap alias hitam. Ketika pola makan tidak teratur, konsumsi sayuran dan buah-buahan juga akan menjadi terabaikan. Kandungan yang terdapat dalam sayuran dan buah-buahan sangat membantu untuk bibir kamu agar tetap terlihat segar dan tidak hitam.

Nah, empat hal tesebut bisa menyebabkan kepercayaan diri kamu hilang ketika hendak mengobrol dengan orang lain. Alasan bibir kamu hitam membuat penampilan kamu menjadi tidak PD. Ada baiknya kamu memncoba untuk empat hal tersebut. (A/P)