Mau Diet Sehat Alami? Ikuti Tips dan cara Ampuh Diet Secara Alami ini

Mau Diet Sehat Alami? Ikuti Tips dan cara Ampuh Diet Secara Alami ini

Admin
Sunday, 16 June 2019

Tips-dan-cara-Ampuh-Diet-Secara-Alami

RiauOnline.id – Setiap orang mendambakan tubuh selalu sehat dan hal yang lebih prinsip lagi bahwa banyak orang yang menginginkan bentuk tubuh mereka langsing atau slim. Bentuk tubuh langsing di anggap ideal oleh banyak orang sehingga mereka melakukan hal-hal yang sebenarnya dapat menimbulkan penyakit untuk melangsingkan tubuh mereka.

Untuk apa?

Jawabannya hanya satu ‘Langsing’ dan agar terlihat perfect, indah or good looking. Nah, tentunya ada banyak cara yang ditempuh untuk mendapatkan body yang ideal hingga terkadang sebagian orang memprogram khususkan untuk diet.

Guys! Pada dasarnya diet itu selalu berkaitan dengan pola makan kamu sehari-hari, apakah kamu mengkonsumsi makanan yang mengandung cukup serat atau juga mengkonsumsi makanan yang mengandung protein.

Perlu diingat bahwa sesuatu yang berlebihan tidaklah baik, begitu juga sebaliknya ketika kamu mengkonsumsi sesuatu kurang juga tidak pas, lakukan segala sesuatunya dengan kata ‘cukup’!
Dalam ajaran Islam sendiri sudah dijelaskan tata caranya:

Sabda Nabi SAW : “Tiada tempat yang lebih buruk, yang dipenuhi anak Adam dari pada perutnya, cukuplah bagi mereka beberapa suap yang dapat menyambung hidupnya, jika hal itu tidak bisa dihindari maka masing-masing sepertiga bagian untuk makanannya, minumnya dan nafasnya.” (HR: Ahmad, An-Nasaa’i, Ibnu Majah dan At-Tirmidzi )

Analoginya begini, ketika kita makan secaraberlebihan maka tubuh akan menyimpannya dalam bentuk lemak yang sewaktu nanti akan dipergunakan atau dibakar menjadi energi. Namun, ada hal yang terlupakan bahwa saya tubuh kita memiliki waktu untuk mencerna makanan sekitar 4 sampai 5 jam.

So, yang kamu harus lakukan adalah menjaga pola makan agar teratur agar dapat menyesuaikan waktu kerja dalam tubuh kita saat mencerna makanan. Dengan demikian maka tidak akan terjadi penumpukan makanan atau lemak didalam tubuh kita.

Untuk melakukan hal tersebut terapkan pola sederhana ini:

1. Bedakan antara kepuasan dengan kekenyangan

Ada orang yang terkadang tidak bisa membedakan mana sensasi puas dan mana sensasi kenyang. Aturan sebaiknya adalah kamu berhenti makan sebelum kenyang. Terkadang anda menghabiskan apa saja yang dihidang tanpa memikirkan sebenarnya ada sudah kenyang atau belum. Hindari hal yang demikian.

2. Jangan jadikan makan sebagai ambisi

Contoh yang paling sederhana, lihat bagaimana anda makan kala berbuka puasa. Serasa seharian tidak makan lalu hasrat untuk balas dendam dengan makan sebanyak-banyaknya. Perlu diingat hal tersebut tidak tepat untuk kesehatan anda.

3. Cobalah untuk mengkonsumsi Lebih banyak buah

Kandungan nutrisi yang ada di dalam buahsangat baik bagi tubuh kamu. Coba perhatikan orang yang sedang program diet, pasti mereka menyajikan lebih banyak makanan yang mengandung serat seperti buah-buahan. Buah segar akan sangat bermanfaat buat tubuh kamu.

4. Konsistensi akan pola dan kebiasaan makan yang baik

Berbagai jenis varian makanan membuat kamu ingin melahap semuanya. Cobalah menerapkan pola dan kebiasaan yang konsisten terhadap apa saja yang akan kamu makan. Racik menu terbaik kamu, jadi kamu dapat menukar atau mengganti waktu jika kamu merasa bosan dengan varian yan itu.

5. Hindari stress

Ingat, ketika kamu stress maka produksi asam lambung kamu meningkat dengan sendirinya, kringat dingin, sekresi hormon berlebih, hipertensi, dan lain sebagainya. Tekanan atau stress bisa membuat kamu tidak bisa mengontrol diri kamu dan pada akhirnya kamu akan makan semau kamu tanpa ada batasan yang semula sudah kamu atur.

6. Jangan lupa berolah raga

Mungkin ini menjadi hal yang agak sedikit berat apalagi kamu memiliki berat badan naik, hal ini akan menjadi sesuatu yang sangat berat. Sedangkan orang-orang yang memiliki tubuh langsing lebih mudah untuk bergerak dan berolahraga.

Olahraga itu sederhana, kamu bisa kombinasikan olahraga dengan kegiatan atau aktifitas kamu di rumah dengan durasi minimal 30 menit. Misalnya, naik turun tangga saat kamu menyapu atau mengepel lantai. Hal tersebut sederhana tapi akan mebakar lemak kamu.

7. Istirahatlah yang cukup

Jangan begadang, organ tubuh dan fikiran kamu juga membutuhkan istirahat loh. So, jangan biarkan tubuh kamu begadang tiap malam, itu sangat tidak baik. Sedangkan untuk disiang hari, cobalah tambah waktu istirahat siang dengan frekuensi 2 jam seminggu, itu cukup!

Dengan demikian akumulasi waktu istirahat kamu 8 jam sehari terpenuhi.

So, inilah tips diet sederhana yang dapat kamu lakukan. Tak perlu bayar mahal untuk melakukan diet, dengan tips-tips yang setiap hari bisa kamu lakukan ini maka dengan sendirinya kamu akan memiliki porsi tubuh yang ideal. [A/P]