Mau PC Anda Tetap Awet, Lakukan Tips dan Cara Merawat PC Dengan Cara ini

Mau PC Anda Tetap Awet, Lakukan Tips dan Cara Merawat PC Dengan Cara ini

Admin
Tuesday, 18 June 2019

Tips-dan-Cara-Merawat-PC-atau-komputer

RiauOnline.id -- PC atau personal Computer merupakan alat yang sangat rentan dengan kerusakan. Hal tersebut dikarenakan ada banyak komponen-komponen kecil didalamnya yang perlu dilakukan perawatan secara rutin agar komputer tersebut dapat berjalan dengan baik saat kamu sedang bekerja.
Bayangin aja, jika kamu sedang bekerja tiba-tiba PC atau komputer yang kamu gunakan rusak, pasti bikin kesel banget.

So, ada baiknya rutin melakukan perawatan terhadap peralatan tempur kamu seperti PC agar ditengah-tengah kesibukan tidak menjadi penghambat kerjaan kamu.

Kerusakan pada komponen PC kamu bisa saja disebabkan oleh beberapa hal, misalnya karena terdapat banyak debu yang menutupi beberapa komponen sehingga tidak berfungsi dengan maksimal.

“Komponenya kan ada di dalam casing...”

Benar sekali, namun tak ada jaminan komponen-kompone PC yang ada di dalam casing terhindar dari kotoran seperti debu.

“Nggak percaya...???”

“Coba dech check sana....!!!”

Pasti ada banyak debu didalamnya apalagi selama setahun terakhir kamu tidak pernah membuka casing PC kamu, dijamin pasti ada banyak kotoran didalamnya.

Nah, jika ingin membersihkan debu-debu tersebut kamu bisa menggunakan beberapa peralatan sederhana ini, misalnya: Penyedot debu mini, Kain kering atau tisu, Cairan pembersih / cleaner, Disk cleaner, Cd Cleanet. Sedangkan untuk alat perlu disediakan saat ingin melakukan pembersihan bagian dalam PC kamu adalah Obeng, Tang, Kuas

Nah, selanjutnya baca beberapa hal berikut ini:

Pertama, Penyedot debu mini dapat kamu gunakan dalam membersikan debu-debu yang ada di PC kamu. Kegunaan alat sederhana ini memang hampir sama dengan penggunaan kuas yang digunakan untuk menghilangkan atau membersihkan debu-debu yang berkeliaran didalam PC atau komponen PC kamu. Namun dengan menggunakan penyedot debu ini akan lebih mudah dan lebih bersih ketikan kamu akan menghilagkan debu-debu yang menempel didalam komponen-komponen tersebut. Pada ujung penyedot debu mini dilengkapi dengan  sikat dengan ukuran yang beragam dimaksudkan untuk menyesuaikan luas sempitnya sudut-sudut pada komponen. Alat ini sangat tepat digunakan untuk membersihkan rangkaian di mainboard dan di sudut- sudut casing komputer.

Kedua, Penggunaan kain kering atau tisu juga sangat baik dalam rangka membersihkan komponen-komponen didalam PC kamu. Perlengkapan sederhana ini juga mudah untuk kamu dapatkan. Kain kering ataupun tisu dapat kamu gunakan untuk membersihkan  kotoran cair yang mungkin akibat softdrink yang menempel pada papan mainboard atau sekitaran komponennya, selain itu juga dapat membersihkan kotoran sejenis tinta atau air hujan yang masih segar atau belum mengering. Kotoran cair sangat berbahaya jika tidak segera dibersihkan karena jenis kotoran ini dapat menghantarkan arus sehingga dapat mengakibatkan hubungan pendek atau kerusakan fatal pada komponen PC. Sedangkan Cairan pembersih digunakan untuk membersihkan noda atau kotoran yang sudah mengering seperti percikan dari tinta printer.

Ketiga, Peralatan yang selanjutnya adalah Kuas. Peralatan ini dapat kamu gunakan untuk membersihkan debu atau sarang serangga yang ada di dalam casing PC kamu. Ketika didalam PC kamu dipenuhi oleh sarang laba-laba maka akan dapa mengganggu sirkulasi udara didalam PC kamu, hal seperti ini sangat tidak baik untuk PC yang sering kamu gunakan sebagai perangkat utama dalam pekerjaan kamu. Dengan menggunakan kuas ini juga kamu dapat membersihkan debu-debu yang menutup pada fentilasi casing. Kuas dapat juga digunkan untuk membersihkan motherboard dan sirip heatsink pada prosessor.

Keempat, Disk cleaner. Yang satu ini dapat kamu gunakan untuk membersihkan head dari diskdrive dari pengaruh debu atau kotoran yang menempel pada head floopy drive. Tentu kotoran seperti ini sangat berpengaruh kala komputer kamu sedang beroperasi. Disk cleaner terdiri dari cairan pembersih dan floopydisk yang piringannya diganti dengan kertas tisu.

Kelima, Menggunakan CD cleaner. Cara dan  prinsip kerjanya sama dengan ketika kamu sedang menggunakan disk cleaner yaitu dengan menggosok bagian-bagian PC kamu yang berdebu atau kotor. Dengan cairan pembersih dengan memanfaatkan putaran. Beda cd cleaner dengan disk cleaner hanya terletak pada bentuknya yaitu pada cd cleaner menggunakan sikat kecil atau sirip yang dipasang pada disk.

Keenam, kalau yang satu ini kamu pasti harus miliki. Bagaimana kamu bisa membuka komponen casing PC kalau kamu tak punya obeng. Ini Wajib punya, jangan sampai kamu tidak memiliki obeng kala ingin membuka PC kamu tentu akan kesulitan. Jika kamu memilih alternatif membuka baut dengan pisau atau alat lainnya ditakutkan kepala baut akan rusak.

Ketujuh, Jenis tang untuk keperluan teknisi dalam melakukan perawatan komponen PC adalah tang cucut dan tang kombinasi. Tang cucut banyak digunakan untuk memegang kepala skrup atau jumper yang kecil. Sedangkan untuk tang kombinasi digunakan untuk memotong kabel dan keperluan lainnya.

Nah, untuk kelancaran setiap pekerjaan kamu pastikan bahwa PC yang kamu gunakan terawat setiap harinya. Jangan sampai ditengah kamu bekerja PC yang menjadi modal utama kamu dalam bekerja mengalami hang, mati atu lainnya. Pasti pekerjaan kamu jadi tertunda dan selesai tida susuai dengan deadline kamu. [A/P]