Menurunkan Berat Badan dengan Jalan Kaki, Sederhanakan?

Menurunkan Berat Badan dengan Jalan Kaki, Sederhanakan?

Admin
Sunday, 16 June 2019

Menurunkan-Berat-Badan-dengan-Jalan-Kaki

RiauOnline.id – kali ini kita akan membicarakan tentang hal yang paling sederhana dalam rangka menurunkan berat badan kamu. Jalan kaki, yah! Sesuatu yang tak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun untuk mau menurunkan berat badan kamu.

Nah, guys! Mungkin ini solusi yang pas buat kamu yang memiliki sedikit waktu untuk berolahraga ngegym, memang dengan cara ini agak lambat dan pelan namun dengan cara ini juga akan membantu berat badan kamu turun. So, yang paling penting adalah aktivitas jalan kaki dapat kamu lakukan kapanpun dan dimanapun, 

sepelekah?

Berapa waktu ideal berjalan kaki yang baik?

Zaman kekinian, kita sangat dimudahkan dengan berbagai jenis moda transportasi yang membuat kita agak sedikit malas melakukan olahraga paling sederhana ini alias jalan kaki. 

Namun, jika kamu berniat untuk melakukannya itu lebih baik untuk membantu kamu mengurangi berat badan kamu.

Untuk durasi, tak banyak diketahui oleh khalayak tentang berapasi durasi dan frekuensi jalan kaki yang ideal buat tubuh dan otot-otot kita.

Di laman Times of India menyebutkan bahwa orang dewasa yang mencoba mengurangi berat badan harus berjalan setidaknya dengan durasi kurang lebih 300 menit per minggu. Nah, jika dibagi 300 menit dengan 1 jam/ 60 menit maka dalam satu minggu membutuhkan durasi sekitar 5 jam. Lalu, kita hari kerja kamu adalah 5 hari maka dalam satu hari kamu harus melakukan aktifitas jalan kaki selama 1 jam (nah, bisa dibagi lagi dalam tiap jamnya bisa berapa menit).

Ini hanyalah batas minimal jika kamu ingin menurunkan berat badan, lebih banyak frekuensi kamu berjalan maka akan lebih baik dan bermanfaat untuk menurunkan berat badan kamu. Benar nggak sih! 

Just do it.

So, selain itu ada hal terpenting yang perlu kamu ingat! Jika kamu sedang serius untuk menurunkan berat badan dengan cara ini maka cobalah untuk konsisten melakukannya, karena konsisten adalah kunci untuk keberhasilan kamu dalam menurunkan berat badan kamu.

Oh iya, ketika sedang berjalan usahakan kamu tetap memperhatikan postur tubuh saat berjalan, jangan bersandar atau berjalan dengan kecepatan tinggi (semi berlari)

Fakta menurut sebuah studi yang pernah dilakukan terhadap audiance yang berasal dari non-atlet, berjalan dengan jarak tempuh satu mil atau sekitar 1,6 kilometer akan dapat membakar rata-rata sekitar 90 kalori. Namun, hal tersebut juha tergantung pada jenis kelamin dan berat badan.

Penelitian lainnya, data dari Health Line menyebutkan bahwa jika ada seorang gemuk yang kemudian melakukan aktifitas berjalan selama kurang lebih 50-70 menit dalam waktu tiga kali seminggu dan hal tersebut dilakukan selama 12 minggu dalam hitungan rata-rata maka hal tersebut akan mampu mengurangi ukuran lingkar pinggang wanita tersebut sebesar kurang lebih 1,1 inci  atau 2,8 sentimeter. Hal tersebut juga mempu menghilangkan 1,5 persen lemak tubuh mereka.

So, bagaimana? 

Mau mencoba?

Dalam studi kasus lain menemukan fakta bahwa orang yang berjalan kaki dengan frekuensi selama satu jam  dan dilakukan selama lima kali dalam satu minggu, kemudian wanita tersebut melakukannya sambil menjalani diet kalori maka dalam waktu selama kurang lebih 12 minggu maka mereka akan kehilangan ekstra 1,5 inci atau 3,7 sentimeter dari pinggang dan 1,3 persen lebih banyak lemak tubuh, dibandingkan dengan mereka yang mengikuti diet saja.

So amazing!

Ingat, aktifitas jalan kaki tak harus kamu lakukan di area taman atau kawasan hutan kota ataupun jogging track. Misalnya, saat pergi kepasar ataupun akan pergi ke minimarket kamu dapat memulai kebiasaan sederhana ini, jalan kaki. Semakin lama hal ini akan menjadi kebiasaan kamu dan ini sangat baik buat tubuh kamu.

Jadi tak perlu bersusah payah mengatur jadwal untuk melakukan hal ini, sengat sepele sekali! Mulailah dengan hal-hal yang sederhana dalam aktifitas sehari-hari kamu. Lama kelamaan hal ini akanmenjadi sebuah kebiasaan kamu.


So, don’t wait! Just try this way.