Menikmati Indahnya Danau Raja di Rengat, Provinsi Riau

Menikmati Indahnya Danau Raja di Rengat, Provinsi Riau

Admin
Wednesday, 19 June 2019

Indahnya-danau-raja-di-Rengat-provinsi-riau

RiauOnline.id, Wisata – Provinsi Riau memang dikenal sebagai daerah dengan kekayaan alamnya yang melimpah, ada gas bumi, minyak, kelapa sawit, perkebunan karet dan lain sebagainya. Tak hanya kekayaan-kekayaan yang disebutklan tadi, hal lainya yang ada di Provinsi Riau juga menyimpan potensi wisata yang tak kalah dengan daerah lainya.

Misalnya, salah satu spot yang wajib kamu kunjungi yang satu ini, Danau Raja. Danau ini merupakan tempat rekreasi yang pantas menjadi salah satu tujuan travelling kamu.

Sesekali menjelajahi wilayah Sumatera atau Provinsi Riau mungkin akan menjadi sensasi tersendiri bagi kamu yang mengaku traveller sejati. Salah satunya adalah Danau Raja.

“Danau Raja, dimana lokasinya?...”

Danau Raja merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Rengat, Provinsi Riau. Rengat merupakan ibukota dari Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau. Kawasan ini didominasi oleh masyarakat Melayu yang menjadi penduduk asli Rengat.

Namun, selain Masyarakat Melayu, di Rengat didiami oleh masyarakat dari berbagai suku, misalnya suku Jawa, Minagang, Batang, Tionghoa dan sunda serta suku minoritas lainnya yang hidup rukun di kawasan tersebut.

Oh ya, sebagai informasi, di Rengat juga masih terdapat suku pedalaman yang oleh masyarakat setempat menyebutnya dengan suku Talang Mamak yang kini masih bermukim dikawasan hutan yang lebat.

"Bagaimana, kawasan yang menarik bukan???"

Back to Danau Raja, Danau Raja ini memiliki area yang cukup luas dengan air yang bersih dengan memiliki luas sekitar 200 meter. Disekitarnya ditumbuhi pepohonan-pepohonan rindang nan indah, cukup untuk memanjakan mata kamu.

Danau ini memiliki luas sekitar 200 meter dengan pemandangan dan tumbuhan pepohonan yang indah disekitarnya.

Selain menikmati indahnya Danau Raja, kamu juga dapat belajar sejarah disini. Karena dikawasan komplek Danau Raja terdapat Replika Istana Kerajaan Indragiri yang merupakan warisan budaya dan sejarah kerajaan melayu di Provinsi Riau.

Belajar Sejarah....

Indahnya-danau-raja-di-Rengat-provinsi-riau
Replika Istana Kerajaan Inragiri | Kabupaten Indragiri Hulu
Sebutan ‘Raja’ merupakan istilah yang diperuntukkan kepada seseorang yang sedang menjadi penguasa disebuah kerajaan. Misalnya, Raja Siak, berarti orang yang memimpin atau yang berkuasa di kerajaan Siak

Lalu mengapa danau ini disebut 'Danau Raja'?

Menurut beberapa penuturan, dahulu danau ini merupakan tempat yang digunakan oleh para Raja-Raja yang pernah berkuasa di Kerajaan Indragiri sebagai tempat mandi. Itulah makanya hingga sekarang danau ini diberinama dengan sebutan 'Danau Raja'

Bagaimana sih cara mudah sampai ke Danau Raja ini?

So, bagi kalian sahabat traveller yang ingin mencoba untuk menjelajah Danau Raja ini tak perlu kwatir dengan akses menuju ke Danau Raja ini. Letaknya ditengah perkotaan Rengat, lebih tepatnya lagi berlokasi di jalan Sultan yang berhadapan dengan SMA Negeri 1 Rengat dan SMK Negeri 1 Rengat. 

Nah, bagi kamu yang datang dari luar daerah Provinsi Riau kamu bisa transit di Bandara Sultan Syarif Kasim II di kota Pekanbaru. Dari sini kamu bisa mencari transportasi darat atau travel yang menuju ke Rengat.

Untuk jarak tempuh dari Kota Pekanbaru ke Rengan akan memakan waktu kurang lebih sekitar 4 Jam dengan menggunakan jalur darat. Sepanjang perjalanan kamu akan menikmati barisan rapi tanaman kelapa sawit yang ada di Provinsi Riau ini.

Sesampainya di Rengat, kamu tidak perlu risau karena ditempat ini juga tersedia penginapan disekitar area Danau Raja. 

Indahnya-danau-raja-di-Rengat-provinsi-riau
Hotel Danau Raja | Kabupaten Indragiri Hulu
Ini yang menarik lainnya, terdapat sebuah tugu di Rengat. Tugu tersebut dibagun untuk mengenang kepahlawanan seorang bupati yang bernama Tulus. Beliau ini merupakan ayah kandung seorang sastrawan terkenal Chairil Anwar pada masa Agresi Militer II Belanda ke Indonesia.

So, at the end of my story, Jika kamu memang berniat memasukkan Danau Raja didalam list travelling kamu ada baiknya kamu perhatikan beberapa hal berikut ini:

Pertama, Siapkan budget kamu jika akan pergi ke Danau Raja. Terkhususnya bagi kamu yang datang dari luar Provinsi Riau. Tetap check harga ticket sebelum berangkat jauh hari via mobile kamu. Misalnya di Traveloka.com atau di Tiket.com. Agar kamu bisa dapat membeli ticket dengan harga yang murah dan membooking jauh hari sebelum keberangkatan.

Kedua, Buat list khusus kawasan mana aja yang akan kamu kunjungi. Browsing di internet kawasan wisata dan sejarah lainnya yang ada di Rengat agar sekali jalan ada banyak tempat yang bisa kamu kunjungi. 

Ketiga, Persiapkan semua perlengkapan yang akan kamu bawa. Jangan sampai travelling kamu jadi terhambat hanya karena kamu lupa membawa salah satu perlengkapan kamu.

Keempat, Perbanyak pengetahuan kamu tehadap daerah yang akan kamu kunjungi melalui sumber-sumber yang terpercaya di Internet. Hal tersebut diharapkan agar kamu lebih mudah saat sudah ada dilokasi tempat yang sedang kamu kunjungi.

Kelima, Selalu persiapkan peralatan P3K sederhana kamu, seperti antimo, minyak angin dan obat-obatan ringan lainnya.

Keenam, Selalu catat dan simpan nomor-nomor penting yang dapat kamu hubungi didaerah tersebut. Kamu dapat mengakses nomor tersebut di website resminya. Hal ini untuk kamu sekedar jaga-jaga dari kemungkinan yang tidak kamu inginkan.

So, have nice trip. Jangan lupa tetap mendokumentasikan perjalanan indah kamu agar kelak kamu dapat mengingat bahwa Indonesia itu Indah. [A/P]