Ekspedisi Bangsa Spanyol: Setelah Chrsitoper Columbus Gagal Menemukan India, Indonesia Menjadi Rebutan Spanyol dan Portugis


Ekspedisi-Bangsa-Spanyol-Setelah-Columbus-Gagal-Menemukan-India

RiauOnline.id -- Christopher Columbus, sesosok nama yang sampai saat ini masih disebut oelh orang-orang yang selalu mencari tahu tentang kebenaran sejarah. Seorang spanyol yang kemudian terus melakukan ekspedisi dan berjalan menuju daerah baru.

..Singkatnya,

Seorang Chrsitoper Columbus adalah petualang dan seorang navigator handal, Christopher Columbus dikenal sebagai pelaut Eropa yang sangat termasyur namanya yang kemudian beliau ini berhasil menemukan rute ke Benua Amerika.

Bayangkan, dia ini sudah pernah melakukan empat kali penjelajahan melintasi Atlantik sekitar tahun 1492 hingga 1504. Dalam perjalanannya  Christopher Columbus sempat singgah di Kepulauan Karibia.

...Ingat nggak,

Ketika kita masih duduk dibangku sekolah. Saat itu sang Guru sejarah kita selalu menyebutkan bahwa  Chrsitoper Columbus dikenal sebagai penemu "Dunia Baru". Sebutan ini menjadi sebuah istilah bagi pendudukan dan eksplorasi Eropa yang dilakukan di Benua Amerika.

Biografi Chrsitoper Columbus


Dilansir dari berbagai sumber, berikut merupakan biografi dari pelaut yang berasal dari Republik Genoa, Italia tersebut.

Kristoforus Kolumbus atau Chrsitoper Columbus sebenarnya memiliki Nama Genoa asli yaitu Christoffa Corombo, Ssosok petualang handal ini lahir pada tanggal 30 Oktober 1451 yang kemudian wafat 20 Mei 1506 pada umur 54 tahun. 

Awalnya Chrsitoper Columbus adalah seorang pedagang yang berasal dari Italia, tepatnya di Genoa.

Dalam sejarah mencatat bahwa Chrsitoper Columbus pernah menyeberangi Samudera Atlantik dan sampai ke benua Amerika pada tanggal 12 Oktober 1492.

Penjelajah-spanyol-christoper-columbus

...Bukan perjalanan biasa!

Tak alang sebagai seorang pedagang lalu melakukan perjalanan yang begitu panjang. Ekspedisi Columbus ternyata  dibiayai sepenuhnya oleh Ratu Isabella dari Kastilia Spanyol setelah ratu tersebut berhasil menaklukkan Andalusia.

Mengapa? Hal ini dikarenakan Ratu Isabella memiliki sebuah keyakinan dan kepercayaan yang kuat bahwa Bumi berbentuk bola kecil dan beranggap sebuah kapal dapat sampai ke Timur Jauh melalui jalur barat.

Apakah ekspedisi ini yang disebut sebagai penemu benua Amerika?

Dikutip dari berbagai sumber mengatakan bahwa Columbus adalah penemu Benua Amerika. namun, Kalimat itu sudah tak berlaku lagi dan telah diakui secara meluas bahwa Chrsitoper Columbus bukanlah orang pertama yang menginjakkan kakinya di Benua Amerika.

...Lalu siapa?

Nah, pada abad ke 11 dikatakan bahwa orang-orang Viking dari Eropa Utara telah berkunjung ke Amerika Utara dan mendirikan Koloni L'Anse aux Meadows untuk jangka waktu singkat.

Dalam penemuan Benua Amerika tidak hanya merujuk pada pelayaran Christopher Columbus kala masa dan Zaman Penjelajahan bangsa Eropa keberbagai penjuru dunia, namun juga dapat merujuk pada pelayaran lainnya.

Misalnya,

Viking Vinland: Gunnbj√∂rn Ulfsson, yang pertama kali melihat Greenland kira-kira tahun 900-an, kemudian Bjarni Herj√≥lfsson, yang melihat Amerika Utara - Labrador, Canada yang diperkirakan sekitar tahun 986 dan  Leif Erikson, dikatakan telah mendarat di Amerika Utara - Newfoundland, Canada.

Selain itu juga tersebut nama pengelana-pengelana lainnya. Hanya saja tak ada catatan dan sumber sejarah yang akurat untuk pembuktian tentang perjalanan lainnya seperti Santa Brendan, Pangeran Madoc, Henry I Sinclair, Pangeran Orkney, Cheng Ho dan Khashkhash Said b Aswad.

Masa Kecil Chrsitoper Columbus Sebagai Anak seorang Pedangan Wol?


Penjelajah-spanyol-christoper-columbus

Chrsitoper Columbus yang terlahir di Genoa, Italy memiliki seorang ayah bernama Domenico Colombo, merupakan seorang pedagang wol. Sosok ayah adalah seorang penenun wol yang lahir pada 1418.

...Selanjutnya,

Columbus tumbuh menjadi sesosok remaja dan kemudian Chrsitoper Columbus mendapat sebuah pekerjaan sebagai awak di sebuah kapal dengan misi perdagangan dan berada di laut hingga 1470

Menariknya, ketika itu datang kapal dagang yang berasal dari Perancis dan menyerang mereka. Dalam penyerangan tersebut kapal tersebut mengalami kerusakan dan akhirnya tenggelam. Namun Chrsitoper Columbus dapat berhasil selamat dan lolos dengan hanya berpegangan pada sekeping papan kayu

Chrsitoper Columbus kemudian hanya mampu mengapung hingga sampai ke Lisbon, Portugal. Di Lisbon, Columbus mempelajari matematika, astronomi, katografi, dan ilmu navigasi.

..Tahun 1473,

Kala itu Chrsitoper Columbus memulai kariernya dan kemudian magang sebagai agen bisnis di keluarga-keluarga terpandang Genoa.

Keluarga tersebut Antara lain Keluarga Centurione, Di Negro, dan Spinola.

Nah, pada kesempatan ini Chrsitoper Columbus mulai ambil bagian dan ikut bekerja dalam pengiriman kargo berharga ke Eropa Utara.

Selanjutnya Chrsitoper Columbus pergi menuju Galway, sebuah kawasan yang berlokasi Irlandia. Di sana, dia bertemu dengan salah satu saudaranya yang bernama Bartolomeo dan pada akhirnya mereka tinggal hingga 1485.

Dalam catatan biografinya, Columbus tercatat menikah dengan putri Gubernur Porto Santo, Bartolomeo Perestrello, Fillipa Moniz.

Chrsitoper Columbus dan Misi Perluasan Kerajaan Spanyol


Ratu Isabella dari Kastilia Spanyol

...Penjelajahan Chrsitoper Columbus,

Ketika Ratu Isabella dari Kastilia Spanyol mendanai seluruh kebutuhan penjelajahan Chrsitoper Columbus mengelilingi dunia tentu ada maksud yang diinginkan oleh sang Ratu. Spanyol dengan eksistensi kerajaannya selalu ingin memperluas daerah kekuasaannya dengan menjajah kawasan lainnya.

Termasuk kala Chrsitoper Columbus beranggapan sebagai orang yang pertama menemukan benua itu. Orientasi yang ada kala itu adalan menjadikan kawasan itu sebagai kawasan baru dan hasil dari apa yang telah dilakukan Ratu Spanyol melalui Chrsitoper Columbus.

...Namun,

Chrsitoper Columbus tercengang kaget ketika dia menemukan bangunan yang diperkirakan sama persis seperti yang pernah dia lihat sebelumnya. Bagunan itu pernah dilihatnya ketika mendarat di Afrika.

Masuk ke dalam benua Amerika, Chrsitoper Columbus mendapat sambutan ramah oleh suku Indian, akan tetapi niatan Chrsitoper Columbus terbongkar dan cepat diketahuai oleh suku Indian. Kolombus banyak mendapat resistensi dari penduduk setempat. Beberapa armada kapal milik rombongan Kolombus ditenggelamkan oleh suku Indian sebab mereka merasa terganggu dan terancam oleh kedatangan Kolombus.

Christopher Columbus ke Indonesia


Pelopor bangsa Spanyol yang mencari jalan langsung ke Indonesia adalah Christopher Columbus, ia berjalan kearah barat. Setelah dua bulan, ia sampai di sebuah pulau yang kemudian dinamakan San Salvador.

..Sebuah catatan menarik,

Ada sebuah pendapat yang mengatakan bahwa tibanya Chrsitoper Columbus di Benua Amerika berawal dari keinginannya untuk menyusuri menuju kawsan Asia. Ia ingin menemukan pulau yang kaya dengan rempah-rempah. Perjalanan yang dilakukan sekitar tahun 1492.

Dalam buku otobiografi Bung Karno,

Dikatakan bahwa, Bung Karno yakin betul, bahwa pulau yang dicari oleh Columbus dan juga akhirnya dicari oleh bangsa-bangsa Eropa lain adalah Indonesia sekarang. Karena pada saat itu, menurut Bung Karno, negeri ini namanya begitu kesohor di dunia internasional.

“Rempah‐rempah yang terdapat di gugusan pulau‐pulau yang sekarang kita namakan Kepulauan Maluku,”
 
“Seumpama Columbus tidak berlayar mencari jahe, buah pala, lada dan cengkeh kami dan tidak sesat pula di jalan, tentu dia tidak akan menemukan Benua Amerika.”

...Ada benarnya,

Lihat ketika jalan itu telah ditemui oleh asing. Mereka mulai ramai datang dan mengerumuni pantai kepulauan Indonesia, sama halnya ketika semut mengerumuni tempat gula yang manis.

Dari Lisboa datanglah Vasco da Gama. Dari negeri Belanda Cornelis de Houtman.

Menurut Bung Karno, negeri ini namanya bahkan telah diabadikan dalam kitab Ramayana. Di dalamnya ada keterangan mengenai “Negeri Swarna Dwipa yang mempunyai tujuh buah kerajaan besar”.

“Swarna Dwipa, yang berarti pulau-pulau emas, adalah nama negeri kami yang diabadikan dalam cerita-cerita klasik Hindu dua ribu limaratus tahun yang lalu,” katanya meyakinkan.

Walaupun belum dengan nama Indonesia, Bung Karno percaya bahwa dari abad kesembilan yang ketika itu dengan sebutan nama kerajaan Sriwijaya hingga sampai ke abad keempat belas dengan sebutan Kerajaan Majapahit, negeri ini menjadi pusat ilmu pengetahuan bagi seluruh dunia yang beradab.


Columbus Gagal Mencapai India dan Mulai Penjelajah Penerus Chrsitoper Columbus


Ferinand Magellan

Setelah Columbus gagal menemukan India, ekspedisi Spanyol selanjutnya ke daerah rempah – rempah dipelopori oleh Ferinand Magellan. Berbeda dengan armada Portugis, pada tahun 1519 Magellan berangkat melalui Samudera Atlantik.


Setelah melewati ujung Amerika Selatan, ia masuk ke Samudera Pasifik. Ia tiba di Filipina pada tahun 1521. sewaktu mencoba mengatasi perang antarsuku di Cebu, Magellan terbunuh. 

Perjalanan Magellan hanya sampai disitu dan berakhir,
Pada catatan selanjutnya, dia digantikan oleh seorang pnjelajah lainnya bernama Del Cano. Dalam perjalanan kembali ke Spanyol, mereka singgah di Tidore. Sejak saat itu, terjalin kerja sama antara Spanyol dan Tidore.

Singgahnya Magellan sejenak di Tidore langsung menjadikan babak baru dalam permusuhan antara Tidore dan Ternate.

..Begini,

Diwaktu yang sama ternyata ada portugis yang sudah memulai ekspansinya di Ternate. Sementara Spanyol memulai aktifitas mereka di Tidore.

Kerja sama itu tidak hanya dalam hal perdagangan, tetapi juga diperkuat dengan dibangunnya benteng Spanyol di Tidore. Kondisi yang demikian tersebut tentu saja menyebabkan ada perselisihan antara Portugis dan Spanyol saat itu, Portugis membuka kantor dagangnya di Ternate. Tak nyaman dengan keberadaan Spanyol, Portugis merasa terancam dengan hadirnya Spanyol di Tidore.

Sebenarnya tak ada masalah antara kedua bangsa penjelajah ini, hanya saja Tidore dan Ternate dalam kondisi yang tidak akur satu sama lainnya ikut berpengaruh terhadap keberadaan Spanyo dan Portugis di kawasan tersebut.

...Jadi,

Permusuhan antara Ternate dan Tidore memasuki babak baru dengan sokongan Spanyol dan Portugis dibelakangnya. Dengan alasan tersebut, Portugis yang didukung pasukan Tidore. Benteng Spanyol di Tidore dapat direbut Portugis. 


Namun,  Paus di Roma menjadi penengah perselisihan perebutan wilayah ekspansi, Portugis dan Spanyol akhirnya mengadakan perjanjian yang disebut Perjanjian Zaragosa. Nah, Jika melihat isi perjanjian itu, maka jelas dikatakan bahwa Maluku dikuasai Portugis sedangkan Filipina dikuasai Spanyol.
Lanjut lagi, pada tahun 1521...

Ketertarikannya terhadap Indonesia menyebabkan Spanyol mulai masuk perairan Indonesia lagi, kala itu mereka mengambil lokasi di pedalaman Minahasa, ke Amurang terus ke Pontak. Jadi, Setelah beberapa tahun mereka dapat melakukan kontak kembali dengan armada Spanyol yang telah kembali ke Pilipina.

Tahun 1522 Spanyol memulai kolonisasi di Sulawesi Utara dan tahun 1560 Spanyol mendirikan pos di Manado.

Pada tahun 1550 Spanyol telah mendirikan benteng di Wenang dengan cara menipu Kepala Walak Lolong Lasuk menggunakan kulit sapi dari Benggala India yang dibawa Portugis ke Minahasa.Tanah seluas kulit sapi yang dimaksud Spanyol adalah tanah seluas tali yang dibuat dari kulit sapi itu. 

Spanyol kemudian menggunakan orang Mongondow untul menduduki benteng Portugis di Amurang pada tahun 1550-an sehingga akhirnya Spanyol dapat menduduki Minahasa.Portugis dan Spanyol merupakan tumpuan kekuatan gereja katholik Roma memperluas wilayah yang dilakukan kesultanan Ottoman di Mediterania pada abad ke-XV.

Selain itu Portugis dan Spanyol juga tempat pengungsian pengusaha dan tenaga-tenaga terampil asal Konstantinopel ketika dikuasai kesultanan Ottoman dari Turki pada 1543.Pemukiman tersebut menyertakan ahli pengetahuan ekonomi dan maritim di Eropa selatan. Sejak itupun Portugis dan Spanyol menjadi adikuasa di Eropa.

Ahli pengetahuan diperoleh dari pendatang asal Konstantinopel yang memungkinkan bagi kedua negeri Hispanik itu melakukan perluasan wilayah-wilayah baru diluar daratan Eropa dan Mediterania.Mulanya perluasa wilayah antara kedua negeri terbagi dalam perjanjian Tordisalles itu, tahun 1492. 

Potugis kearah Timur dan Spanyol kearah Barat.Dari kesepakatan Tordisalles itu , Portugis menelusuri dari pesisir pantai Afrika dan samudera Hindia. Sedangkan Spanyol menelusuri Samudra Atlantik, benua Amerika Selatan dan melayari samudera pacific.

Untuk mencegah persaingan di perairan Laut Sulawesi dan Maluku Utara, kedua belah pihak memperbarui jalur lintas melalui perjanjian Saragosa pada tahun 1529. Perjanjian tersebut membagi wilayah dengan melakukan batas garis tujuh belas derajat lintang timur di perairan Maluku utara.
Namun dalam perjanjian tersebut Spanyol merasa dirugikan karena tidak meraih lintas niaga dengan gugusan kepulauan penghasil rempah-rempah

Pada bulan Februari tahun itu lima kapal Spanyol dengan 370 awak kapal pimpinan Ruy Lopez de Villalobos menuju gugusan Pasific barat dari Mexico.Tujuannya untuk melakukan perluasan wilayah dan sekaligus memperoleh konsesi perdagangan rempah-rempah di Maluku utara. 

Dari pelayaran ini Villalobos mendarat di gugusan kepulauan Utara disebut Filipina. Sekalipun Filipina tidak menghasilkan rempah-rempah, tetapi kedatangan Spanyol kepulauan tersebut menimbulkan protes keras dari Portugis, karena kepulauan itu berada di bagian Barat, dilingkungan wilayahnya.

Spanyol tetap menghendaki konsesi niaga rempah-rempah Maluku-Utara yang juga ingin didominasi Portugis. Tetapi Spanyol terdesak oleh Portugis hingga harus mundur ke Filipina. 

Akibatnya Spanyol kehilangan pengaruh di Sulawesi Utara yang sebelumnya menjadi kantong ekonomi dan menjalin hubungan dengan masyarakat Minahasa.Minahasa juga pernah berperang dengan Spanyol yang dimulai tahun 1617 dan orang-orang Minahasa, terutama dalam hal perdagangan beras, sebagai komoditi utama pada waktu itu.

Perang terbuka terjadi pada tahun 1644-1646. Akhir dari peperangan itu adalah kekalahan total Spanyol, sehingga berhasil diusir oleh para waranei (kesatria-kesatria Minahasa).

Kala Chrsitoper Columbus Ditolak Oleh Tiga Negara


..Bukan Ekspedisi Biasa,

Perjalanan yang dilakukan oleh Chrsitoper Columbus tentu memakan waktu dan biaya yang sangat besar. Untuk memenuhi itu semua Columbus melobi raja-raja di Eropa untuk membiayai upayanya untuk menemukan rute perjalanan laut dari barat menuju Asia.

Portugal, Inggris, dan Perancis tak ada yang bersedia mendukung perjalanannya.

Kalkulasi yang dilakukan oleh ahli kerajaan menunjukan bahwa apa yang ingin dilakukan oleh Chrsitoper Columbus rentan resiko dan akan memakan waktu dan biaya yang sangat luarbiasa. Atas dasar inilah pengajuan Chrsitoper Columbus di tolak.

Selanjutnya, Kerajaan Spanyol berani berspekulasi untuk menyediakan pembiayaan penjelajahan yang dilakukan oleh Chrsitoper Columbus.

Nama Kapal Chrsitoper Columbus Unik dan
Tak hebat matematika


Kebiasaan pada abad ke 1, dibeberapa kawasan yang ada di Eropa selalu menamai kapal mereka dengan nama yang selalu terinspirasi dari orang suci.

Namun hal ini tidak berlaku bagi Chrsitoper Columbus, beliau menamai kapalnya dengan Pinta.

Untuk kapal lain yang ada yang bernama bernama Santa Clara dijulukinya dengan Nina untuk menghormati pemilik sebelumnya, Jan Nino dan kapalnya yang ketiga adalah Santa Maria, tapi menyebutnya dengan La Gallega yang diterapkan dengan provinsi pembuatnya, Galicia.

Satu ha yang perlu kamu ketahui,

Kala itu saat Columbus melakukan penjelajahan, rute dan perjalanan yang dia miliki hanya berdasarkan dugaan dan asumsi.

Saat itu, ukuran pasti bumi memang tak diketahui secara pasti. Terdapat dua cara untuk mengukur garis lintang, dengan metode filsuf Yunani Poseidonius dan metode yang dikembangkan oleh orang-orang Arab abad pertengahan.

Namun, Columbus menggabungkan keduanya dan menganggap perhitungan itu sama.

Padahal sebenarnya, perhitungan Arab lebih panjang daripada perhitungan Yunani. Columbus meyakinkan para pendukungnya bahwa kapal-kapal kayunya yang kecil dapat membuatnya dari Spanyol ke Jepang dalam 30 hari.

Cari untung dan kemahsyuran Seorang Christoper Columbus


Di masa Kekaisaran Mongol berkuasa, orang Eropa bisa bepergian dengan aman ke Asia untuk berdagang. Namun, tantangan mulai dirasakan pedagang Eropa setelah Kekaisaran Konstantinopel jatuh ke tangan Kerajaan Ottoman Turki pada 1453.

Tantangan itu kemudian disikapi Portugis dengan melakukan penjelajahan via laut. Bartolomeus Diaz menemukan Tanjung Harapan di Afrika Selatan pada 1488. Namun, Columbus muda mempunyai ide berbeda. Dia mengusulkan agar penjelajahan dilakukan dari sisi barat lewat Samudra Atlantik, alih-alih menyusuri pesisir Afrika. Dalam argumennya, Columbus mengatakan kalau lingkar bumi tidak sebesar yang dibayangkan orang saat itu.

Jadi, perjalanan menggunakan kapal di atas kertas seharusnya adalah hal mudah. Columbus mengajukan proposal itu ke Inggris dan Portugal. Namun, baru pada 1491, rencananya diterima penguasa Spanyol, Raja Ferdinand dari Aragon dan Ratu Isabella dari Castile. Satu tahun kemudian dia memulai perjalanannya.

Baik Columbus dan Ferdinand-Isabella mempunyai tujuan yang sama, yakni kekuasaan yang besar dan nama yang mashyur. Dari setiap daerah yang baru ditemukan, Columbus akan ditetapkan sebagai gubernurnya.


Raja dan Ratu Spanyol mengangkat Columbus sebagai gubernur di permukiman Santo Domingo yang baru didirikan, sekarang berada di Dominika.

Columbus yang adalah seorang penjelajah yang baik, namun ternyata menjadi gubernur yang buruk. Dia dan saudara, Bartholomew Columbus memerintah bagau raja. Mereka mengambil sebagian besar keuntungan untuk diri mereka sendiri dan menindas para warga asli. Kondisi menjadi buruk ketika Spanyol mengirim gubernur baru. Columbus ditangkap dan dikirim kembali ke Spanyol.

Columbus adalah orang yang sangat religius yang percaya bahwa Tuhan telah memilihnya untuk perjalanan legendaris menuju Amerika. Banyak nama yang dia berikan untuk pulau dan tanah yang dia temukan dengan nama agama. Pada suatu waktu selama perjalanan ketiganya, ketika dia melihat Sungai Orinoco kosong di sebelah utara Amerika Selatan. Dia meyakini bahwa melihat Taman Eden.


0 Response to "Ekspedisi Bangsa Spanyol: Setelah Chrsitoper Columbus Gagal Menemukan India, Indonesia Menjadi Rebutan Spanyol dan Portugis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel