Bagaimana Sejarah Awal Berdirinya Kerajaan Makassar?

Bagaimana Sejarah Awal Berdirinya Kerajaan Makassar?

Admin
Tuesday, 30 April 2019

Sejarah-Berdirinya-Kerajaan-Makassar

RiauOnline.id --  Salah satu kerajaan yang memiliki pengaruh dan kekuatan di kawasan timur Nusantara adalah Kerajaan Makasar, kerajaan Makassar ini berdiri sekitar abad ke 16 Masehi.

Kerajaan Makasar memiliki pengaruh yang kuat, kerajaan yang tadinya terdiri atas dua kerajaan yakni kerajaan Gowa dan Tallo, Kemudian didalam sejarah tercatat jika dua kerajaan yang bersatu dibawah pimpinan raja Gowa yakni Daeng Manrabba.

Dibawah kepemimpinan Daeng Manrabba, kerajaan ini menjadi sebuah kekuatan yang besar serta memberikan pengaruh yang sangat kuat bagi kawasan Timur Nusantara.

Sejarah selanjutnya mencatat bahwa setelah menganut keyakinan dan beragama islam Ia bergelar Sultan Alauddin. Sedangkan Raja Tallo sendiri yakni Karaeng Mattoaya yang bergelar Sultan Abdullah, Bersatunya kedua kerajaan ini bersamaan dengan tersebarnya agama Islam di Sulawesi Selatan.

Awalnya Upaya penyebaran agama Islam dari Jawa ke Makassar tidak meberikan hasil sebagaimana yang mereka harapkan.

Demikian pula usaha Sultan Baabullah dari Ternate yang mendorong penguasa Gowa-Tallo supaya memeluk agama Islam. Islam baru bisa berpijak dan mulai menanamkan pengaruh di Makassar berkat upaya Datok Ribandang dari Minangkabau.

Pada tahun 1650, Penguasa Gowa dan Tallo mendekap agama Islam. Dalam perjalanannya kerajaan masing- masing, dua kerajaan bersaudara ini dilanda pertempuran bertahun-tahun.

Hingga selanjutnya pada masa Kerajaan Gowa yang dipimpin Raja Gowa X, Kerajaan Tallo merasakan sebuah kekalahan. Kedua kerajaan kembar tersebut pun menjadi satu kerajaan dengan kesepakatan “Rua Karaeng se’re ata” (dua raja, seorang hamba).
Kerajaan Gowa dan Kerajaan Tallo ini pada akhirnya meleburkan Pusat pemerintahan dari Kerajaan Makassar terletak di Sombaopu.

Letak kerajaan Makassar sangat menguntungkan dan paling strategis sebab berada di jalur kemudian lintas pelayaran antara Malak dan Maluku.

Letaknya yang paling strategis tersebut menarik minat semua pedagang guna singgah di pelabuhan Sombaopu.

Dalam masa-masa singkat, Makassar berkembang menjadi di antara Bandar urgen di wilayah unsur timur Indonesia, Perkembangan pesat kerajaan Makassar tidak terlepas dari raja-raja yang pernah memerintahnya.