KUMPULAN PTK (Penelitian Tindakan Kelas) - PTS (Penelitian Tindakan Sekolah) TERLENGKAP dan TERBARU

KUMPULAN PTK (Penelitian Tindakan Kelas) - PTS (Penelitian Tindakan Sekolah) TERLENGKAP dan TERBARU

Admin
Friday, 8 November 2019

KUMPULAN PTK - PTS TERLENGKAP 2019

RiauOnline.id -- Hai Sobat! Apa kabar hari ini? Sehatkah? semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan tetap sehat dalam menjalankan aktifitas.

Dunia pendidikan Indonesia terus membenah diri dengan meningkatka kualitas pengajar. Salah satunya dengan tetap mengontrok kualitas Guru dengan melakukan penelitian tindakan kelas atau yang lebih sering kita kenal dengan istilah PTK.

Oh ya.....

Terkadang, masing banyak bapak ibu guru yang dipusingkan dengan membuat Penelitian Tindakan Kelas yang menjadi salah satu poin dalam kenaikan pangkat kepegawaian.

Naik Pangkat = Naik gaji, masa nggak mau sich jika gajinya naik. hihihi....

Namun sebelumnya, udah paham kah apa yang dimaksud dengan PTK atau penelitian tindakan kelas.

Jangan-jangan mau buat PTK namun nggak ngerti apa itu PTK,

lho, sampean trus mau buat apa jika yang mau dibuat nggak paham.... 

Namun saya percaya pasti ngertilah...

Tapi tak ada salahnya sedikit saya jelaskan kembali apa itu PTK, jika di lihat dari laman Wikipedia.org didefinikan sebagai berikut:

Penelitian Tindakan Kelas atau PTK adalah penelitian praktis yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas.

Apa yang salah dengan kelas?

Jadi begini, dengan penelitian terhadap tindakan atau kegiatan di kelas maka pemahaman guru dalam mengeksekusi kelas jauh lebih mapan, dalam penelitian ini para guru menganalisa terhadap beberapa hal yang nantinya dapat diterapkan dalam pembelajaran yang sesungguhnya.

So, ada trial and error dalam proses belajar dan mengajar dapat di analisa dalm bentuk penelitian tindakan kelas atau PTK.

Penelitian ini merupakan salah satu upaya guru atau praktisi dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas.

Nah, mulailah untuk meluruskan Mindset fikiran kamu. Benar jika dikatakan PTK sebagai salah satu credit point dalam kenaikan pangkat namun pembuatan PTK bukan bukan bertujuan untuk itu.

Ada hal yang lebih urgent selain mementingkan kenaikan pangkat. Kualitas pembelajaran yang kita berikan sebagai seorang guru.

PTK atau Penelitian Tindakan Kelas itu dapat diartikan...

sebagai proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui refleksi diri dalam upaya untuk memecahkan masalah tersebut dengan cara melakukan berbagai tindakan yang terencana dalam situasi nyata serta menganalisis setiap pengaruh dari perlakuan tersebut.

Nah, kali ini kita akan berbagi beberapa hal terkait dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau PTS - Penelitian Tindakan Sekolah. Beberapa Guru kadang dipusingkan oleh PTK saat kenaikan Pangkat sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil.

PTK atau Penelitian Tindakan Kelas Menjadi salah satu nilai kredit untuk kenaikan Pangkat tersebut. Sehingga Kumpulan PTK Terlengkap ini diharapkan dapan membantu. Tapi sebelumnya simak beberapa hal berikut ini terlebih dahulu.

Nah, Kumpulan PTK yang saya shared bukan maksud untuk langsung dijiblak namun lebih kepada sebagai referensi dala penyusunan PTK yang baik dan benar.

Baca terus hingga pemahaman kamu pas, pada akhir artikel ini terdapat kumpulan - kumpulan PTK -PTS Terlengkap 2019 yang dapat kamu gunakan sebagai referensi dalam penyusunan PTK - PTS kamu, silahkan di comot...

Nah, ini salah satu contoh Penelitian Tindakan Kelas atau PTK dangan judul PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN  DENGAN DITERAPKANNYA METODE DEMONSTRASI PADA SISWA  KELAS V SDN BAGI 02  KEC. MADIUN TAHUN PELAJARAN ...../.... 

Jadi saya akan mengupas PTK ini menjadi beberapa bagian: Halaman Depan (Bagian angka romawi), Bab I yang berisikan pendahuluan, Bab II yang berisikan Kajian Pustaka, Bab III Metodologi Penelitian, Bab VI yang berisikan hasil penelitian dan pembahasan dan Bab V penutup atau kesimpulannya.

Bagian Halaman Depan PTK

Pada bagian ini terdapat 5 items yang harus kamu buat yaitu: Halaman Depan, Halaman Pengesahan PTK, Kata Pengantar, Abstrak dan Daftar Isi.

ini Contoh Cover Depan, untuk link dalam format WORD (Lengkap Halaman Cover, Halaman Pengesahan, Kata pengantar dan abstrak serta daftar isi) bisa kamu unduh dibagian bawah.

kumpulan-ptk-terlengkap
Bagian Pada BAB I PTK yang berisikan Pendahuluan 

(Untuk mendownload PTK dalam format WORD bisa langsung menekan link aktif yang ada di artikel ini sebagai bahan referensi kamu dalam pembuatan Penelitian Tindakan Kelas)

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Semua manusia di dalam hidupnya di dunia ini, selalu membutuhkan adanya suatu pegangan hidup yang disebut Agama. Mereka merasakan bahwa dalam jiwanya ada suatu perasaan yang mengakui adanya Dzat Yang Maha Kuasa, tempat mereka berlindung dan tempat mereka memohon pertolongan-Nya. Hal semacam ini terjadi pada masyarakat yang masih primitive maupun pada masayarakat yang sudah modern. Merka akan merasa tenang dan tenteram hatinya kalau mereka dapat mendekat dan mengabdikan diri kepeda Dzat Yang Maha Kuasa.
Karena itu manusia kan selalu berusaha untuk mendekatkan diri kepada Tuhan, hanya saja cara mereka mengabdi dan mendekatkn diri kepada Tuhan itu berbeda sesuai denagn agama yang dianutnya. Itulah sebabnya, bagi orang Nasrani  diperlukan adanya Pendidikan Agama Kristen, agar dapat mengarahkan pribadi  mereka tersebut kearah yang benar, sehingga mereka akan dapat mengabdi dan beribadah sesuai dengan ajaran Kristus. Tanpa adanya Pendidikan Agama dari satu generasi ke generasi berikutnya, maka orang akan semakin jauh dari Agama yang benar.
Tujuan dari Pendidikan Agama adalah untuk membimbing anak agar mereka menjadi orang Nasrani  sejati, beriman teguh, beramal sholeh dan berakhlak mulia serta berguna bagi masyarakat, Agama dan Negara, (Euharini, dkk. 1977:25).
Tujuan pendidikan Agama tersebut adalah merupakan tujuan yang hendak dicapai oleh setiap orang yang melaksanakan pendidikan Agama. Karena itu dalam mendidikan agam yang perlu ditanamkan terlebih dahuilu adalah keimanan yang teguh, sebab dengan adanya keimanan yang teguh itu maka akan menghasilakn ketaatan menjalankan kewajiban agama.
Titik sentral yang harus dicapai oleh setiap kegiatan belajar mengajar adalah tercapainya tujuan pengajaran. Apa pun yang termasuk perangkat program pengajaran dituntut secara mutlak untuk menunjang tercapainya tujuan. Guru tidak dibenarkan mengajar dengan kemalasan. Anak didik pun diwajibkan mempunyai kreativitas yang tinggi dalam belajar, bukan selalu menanti perintah guru. Kedua unsur manusiawi ini juga beraktivitas tidak lain karena ingin mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
Dengan memperhatikan gejala-gejala tersebut diatas maka timbul pertanyaan dalam benak penulis sejauh manakah keberhasilan pengajaran Pendidikan Agama Kristen selama ini? Padalah sering digembar-gemborkan sebagai bangsa Indonesia kita harus atau wajib mengamalkan Pancasila sebagai pedoman hidup dalam berbangsa dan bernegara. Tatapi kenyataannya masih banyak terdapat penyimpangan-penyimpangan dan pengkhianatan terhadap nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila. Bahwa ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya. Diantaranya faktor tesebut adalah strategi pembelajaran yang kurang mengena terhadap terhadap pelajaran Pendidikan Agama Kristen dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap pelajaran Pendidikan Agama Kristen.
Dengan menyadari gejala-gejala atau kenyataan tersebut diatas, maka dalam penelitian ini penulis mengambil judul “Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen dengan Diterapkannya Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas V SDN BAGI 02  Kec. Madiun Tahun Pelajaran 2011/2012 .”

B.     Rumusan Masalah
Bertitik tolak dari latar belakang diatas maka penulis merumuskan permasalahnnya sebagi berikut:
  1. Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Kristen dengan diterapkannya metode demonstrasi pada siswa Kelas V SDN BAGI 02  Kec. Madiun tahun pelajaran 2011/2012 ?
  2. Bagaimanakah pengaruh metode demonstrasi terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Kristen pada siswa Kelas V SDN BAGI 02  Kec. Madiun tahun pelajaran 2011/2012 ?

C.    Batasan Masalah
  1. Penelitian ini hanya dikenakan pada siswa Kelas V SDN BAGI 02  Kec. Madiun tahun pelajaran 2011/2012 .
  2. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November semester ganjil tahun palajaran 2011/2012 .
  3. Materi yang disampaikan adalah pokok bahasan Arti Pertaubatan .

D.    Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk:
  1. Mengetahui peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Kristen setelah diterapkannya metode demonstrasi pada siswa Kelas V SDN BAGI 02  Kec. Madiun tahun pelajaran 2011/2012 .
  2. Mengetahui pengaruh motivasi belajar Pendidikan Agama Kristen setelah diterapkan metode demonstrasi pada siswa Kelas V SDN BAGI 02  Kec. Madiun tahun pelajaran 2011/2012 .
  3. Menyempurnakan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dalam meningkatkan prestasi belajar pada siswa Kelas V SDN BAGI 02  Kec. Madiun tahun pelajaran 2011/2012 .

E.     Manfaat Penelitan
Adapun maksud penulis mengadakan penelitian ini diharapkan dapat berguna sebagai:
  1. Menambah pengetahuan dan wawasan penulis tentang peranan guru Pendidikan Agama Kristen dalam meningkatkan pemahaman siswa belajar Pendidikan Agama Kristen
  2. Sumbangan pemikiran bagi guru Pendidikan Agama Kristen dalam mengajar dan meningkatkan pemahaman siswa belajar Pendidikan Agama Kristen.
  3. Sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan metode pembelajaran yang dapat memberikan manfaat bagi siswa.
  4. Sebagai penentu kebijakan dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen.
  5. Menerapkan metode yang tepat sesuai dengan materi pelajaran Pendidikan Agama Kristen.

F.     Definisi Operasional Variabel
Agar tidak terjadi salah persepsi terhadap judul penelitian ini, maka perlu didefinisikan hal-hal sebagai berikut:
  1. Metode Demonstrasi adalah
Istilah dalam pengajaran yang dipakai untuk menggambarkan suatu cara mengajar yang pada umumnya penjelasan verbal dengan suatu kerja fisik atau pengoperasioan peralatan barang atau benda. Kerja fisik itu telah dilakukan atau peralatan itu telah dicoba lebih dahulu sebelum didemonstrasikan. Orang yang mengdemosntasikan (guru, peserta didik, atau orang luar) mempertunjukkan sambil menjelaskan tentang sesuatu yang didemonstrasikan (Ramayulis, 244:2004).
  1. Motivasi belajar adalah:
Suatu proses untuk menggiatkan motif-motif menjadi perbuatan atau tingkah laku untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan, atau keadaan dan kesiapan dalam diri individu yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapai tujuan tertentu.
  1. Prestasi belajar adalah:

Hasil belajar yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau dalam bentuk skor, setelah siswa mengikuti pelajaran.

Untuk BAB II, BAB III, BAB IV dan BAB VI bisa kalian lihat langsung di hasil unduhan kalian. Simak dan Pahami isi PTK yang akan kalian buat hingga benar-benar paham.

Ingat, jangan hanya melakukan Copy dan Paste karena hal tersebut tak akan memberikan manfaat apa-apa terhadap Penelitian Tindakan Kelas yang sedang kalian lakukan.

Nah, berikut ini beberapa kumpulan judul PTK lainnya yang dapat kalian gunakan untuk dijadikan sebagai rujukan atau referensi dalam kesempurnaan PTK atau PTS yang sedang kamu lakukan.

KUMPULAN PTK - PTS TERLENGKAP - PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN  DENGAN DITERAPKANNYA METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V SDN BAGI 02  KEC. MADIUN TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Halaman Depan  -- Isi PTK

Kumpulan PTK atau Penelitian Tindakan Kelas denganjudul Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen dengan dterapkan Metode Demonstrasi Pada siswa Kelas V SDN Bagi 02 Kecamatan Mediun. Jika kumpulan PTK dengan judul tersebut cocok dengan yang akan kamu lakukan maka kamu dapat mengunduh link yang berwarna biru tersebut.

KUMPULAN PTK - PTS TERLENGKAP - PENERAPAN METODE TANYA JAWAB DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU BELAJAR PENDIDIKAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN PADA SISWA SD VI
Isi PTK

KUMPULAN PTK - PTS TERLENGKAP - MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PRESENTASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI KELAS VI

KUMPULAN PTK - PTS TERLENGKAP - MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN  MELALUI METODE MIND MAP TEMA PRIBADI DAN LINGKUNGAN KELAS V SDN BAGI 02 KECAMATAN MADIUN

KUMPULAN PTK - PTS TERLENGKAP - MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DENGAN MENERAPKAN MODEL PENGAJARAN TUNTAS PADA SISWA KELAS IV SDN BAGI 02  KEC. MADIUN


Berikut ini Kumpulan PTK Pendidikan Jasmani Olah raga dan Kesehatan

MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN BULUTANGKIS “MINTON MINI” DALAM PENJASORKES SISWA KELAS VI SDN BALEREJO 01 DESA BALEREJO KEC. BALEREJO  
Halaman Depan   ---   Isi PTK    ---   Lampiran I   ---    Lampiran II  ]

PENGARUH SARANA DAN PRASARANA PENUNJANG AKTIFITAS PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN  TERHADAP PRESTASI OLAH RAGA SEKOLAH DASAR NEGERI KELAS VI SDN BALEREJO 01 DESA BALEREJO KEC. BALEREJO
Halaman Depan   ---   Isi PTK    ---   Lampiran ]

UPAYA PENINGKATAN KELINCAHAN DAN KECEPATAN DALAM BERMAIN SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI BAGI 03
Halaman Depan  --  Isi PTK

PENERAPAN METODE INKUIRI PADA MATA PELAJARAN PENJASKES UNTUK MENINGKATKAN TEKNIK BERMAIN BOLA TANGAN PADA SISWA SDN BAGI 03 KECAMATAN MADIUN
Halaman Depan  --  Isi PTK

MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS V SDN BALEREJO 01 KEC. BALEREJO  KAB. MADIUN  TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Halaman Depan   ---   Isi PTK    ---   Lampiran ]

PENGGUNAAN BOLA KARET (PENTUL) SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DALAM BERMAIN BOLA BASKET PADA ANAK KELAS VI SD NEGERI 01  BALEREJO  KECAMATAN BALEREJO  KABUPATEN MADIUN TAHUN PELAJARAN 2014/2015Halaman Depan   ---   Isi PTK    ---   Lampiran ]

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BOLA VOLI MELALUI MODIFIKASI BOLA VOLI MINI PADA SISWA KELAS VI  SEKOLAH  DASAR  NEGERI BALEREJO 01 KECAMATAN BALEREJO KABUPATEN MADIUN TAHUN 2013/2014
Halaman Depan   ---   Isi PTK    ---   Lampiran ]