[ full Skripsi ] - Pengaruh Komitmen Afektif, Komitmen Berkelanjutan, Komitmen Normatif Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Variabel Organization Citizenship Behavior (Ocb) Sebagai Variabel Intervening Pada Pt. Temprina Media Grafika Semarang

[ full Skripsi ] - Pengaruh Komitmen Afektif, Komitmen Berkelanjutan, Komitmen Normatif Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Variabel Organization Citizenship Behavior (Ocb) Sebagai Variabel Intervening Pada Pt. Temprina Media Grafika Semarang

Admin
Saturday, 2 February 2019

full Skripsi

ABSTRAK

Kegiatan ekonomi yang dinamis membuat perusahaan harus aktif mengikuti perubahan dan menciptakan strategi baru agar perusahaan dapat bertahan. SDM memiliki peranan dominan dalam kegiatan perusahaan, PT. Temprina Media Grafika merupakan suatu perusahaan percetakan yang berdasarkan observasi terdapat adanya kinerja yang fluktuatif, serta perubahan peraturan dan manajemen perusahaan yang sering terjadi. 

Hal tersebut  dapat berdampak baik ataupun buruk ke karyawan, dan keberhasilan suatu perusahaan dengan dapat dilihat dari kinerja karyawan yang menentukan tercapainya tujuan perusahaan, untuk itu karyawan tidak hanya memiliki kompetensi yang memadai tetapi juga perilaku - perilaku yang menunjukan kontribusi besar dan Organizational Citizenship Behavior (OCB). 

Organizational Citizenship Behavior (OCB) merupakan sikap yang timbul di antaranya karena komitmen organisasi yang tinggi. Oleh karena itu, dengan meningkatkan komitmen organisasional akan mempengaruhi Organizational Citizenship Behavior (OCB) di antara karyawan. 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai pengaruh komitmen afektif, komitmen berkelanjutan .dan komitmen normatif terhadap kinerja karyawan melalui OCB. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dan sederhana dengan bantuan program SPSS 16.0. Sampel dalam penelitian ini adalah karyawan tetap yang berjumlah 44 karyawan tetap dengan metode sensus. 

Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui kuesioner yang dianalisis kepada 44 karyawan tetap PT. Temprina Media Grafika Semarang. 

Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara masing – masing variabel komitmen organisasi ( afektif, berkelanjutan, dan normatif) terhadap OCB serta kinerja karyawan, dan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel OCB terhadap kinerja karyawan, dan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel komitmen berkelanjutan dan afektif terhadap kinerja melalui OCB serta terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan antara variabel komitmen normatif terhadap kinerja melalui OCB. 

Saran dari penelitian perusahaan harus dapat mempertahankan komitmen karyawan serta OCB karyawan melalui strategi seperti pembentukan lingkungan , budaya, manajemen yang menarik serta perusahaan harus konsisten memperbaiki manajemen data karyawan.Kata Kunci: Akuisisi, harga saham, return saham dan volume perdagangan saham.

Kata kunci : komitmen afektif, komitmen berkelanjutan, komitmen normatif, kinerja karyawan, organization citizenship behavior (OCB)

Dapatkan edisi full berikut ini:
[Full Skripsi] Pengaruh Komitmen Afektif, Komitmen Berkelanjutan, Komitmen Normatif Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Variabel Organization Citizenship Behavior (Ocb) Sebagai Variabel Intervening Pada Pt. Temprina Media Grafika Semarang